Melalui Jalur Diversi, Polsek Kapuas Hilir Selesaikan Kasus Pencurian Dibawah Umur

Polsek Kapuas Hilir, jajaran Polres Kapuas, Polda Kalteng, dipimpin Kapolsek Kapuas Hilir Iptu Rio Angga Prasetyo, S.IK. melaksanakan sidang diversi terhadap pelaku perkara pencurian di bawah umur berinisial MH yang baru berusia 12 tahun, Kamis (12/01/2017) sekitar pukul 11.00 WIB di Mapolsek Kapuas Hilir.

Penyelesaian perkara diluar sidang pengadilan negeri ini sesuai dengan Pasal 1 angka 7 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, yang mana arti Diversi sendiri adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Sidang dihadiri oleh petugas dari Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Palangka Raya, orang tua pelaku, korban pencurian Ajim (48), guru bimbingan konseling serta wali kelas sekolah pelaku dan Ketua RT 06 Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas tempat pelaku tinggal.

Kepada tim tribratanewsKapuas, Iptu Rio mengatakan dari hasil sidang tersebut masing-masing pihak bersepakat memusyawarahkan secara kekeluargaan dan akan saling memaafkan atas kejadian tersebut.

“Dan dari pihak keluarga pelaku bersedia mengembalikan semua barang yang telah diambil berupa satu buah kamera digital, satu buah Hp Blackberry, satu buah buku tabungan Bank Mandiri an. Ajim dan satu buah buku tabungan BRI Britama an. Aan Nurjanah,” ucap Iptu Rio.

Sumber: http://tribratanewskalteng.com


Info Kabupaten Kapuas