Sebuah Catatan Sederhana Bentuk Perhatian dari Seorang Insan untuk Pegawai Negeri

Home » Dokumentasi » Laboratorium Kedokteran Uniba Melebihi Standar Nasional
Advertisement

Universitas Batam (Uniba) Terbesar di Kepri

Putra-putri di Kepri tidak perlu lagi mencari universitas terbesar dan terlengkap di Malaysia, Singapura, bahkan Indonesia. Sejak tahun 2000 lalu, Kepri sudah memiliki satu universitas terbesar bernama Universtitas Batam (Uniba) dengan Fakultas Kedokteran (FK) sebagai primadonanya. Lebih membanggakan, 3 Desember 2009, Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof Dr Elfindri SE MA menetapkan Laboratorium Kesehatan Terpadu Uniba telah melebihi standar nasional.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Kehadiran Uniba sekarang ini diawali dengan hadirnya Akademi Keperawatan (Akper) Griya Husada tahun 1996, dan kemudian mengubah nama menjadi Universitas Abul Yatama. Terakhir berubah nama lagi menjadi Universitas Batam (Uniba) tahun 2001. Uniba merupakan pertama dan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Kepri yang memiliki FK. Ini satu prestasi besar di Kopertis Wilayah X yang meliputi wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Kepri, Riau, dan Jambi.

uniba-senin-16-januari-2017-f-suprizal-tanjung-1-ok-image

Halaman Fakultas Kedokteran Universitas Batam (Uniba), Senin (16/1/2017). Setiap tahun, peminat masuk ke fakultas ini terus meningkat.  F Suprizal Tanjung

‘’Bukan hanya terbesar, laboratorium kita juga ditetapkan sebagai yang terbaik, juga menjadi laboratorium percontohan bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Wilayah Kopertis X,’’ sebut Penasihat Yayasan Griya Husada Batam, Universitas Batam (Uniba), Profesor DR Ir Jemmy Rumengan SE MM didampingi Kepala Laboratorium Uniba, DR Suryanti di lantai delapan, Fakultas Kedokteran Uniba, Batamkota, Batam, Senin (16/1/2017).

Uniba hadir sebagai keinginan pihak yayasan untuk memberikan sumbangan intelektual kepada putra-putri Melayu dan masyarakat tempatan di Tanah Bunda Melayu ini. Tidak berhenti sampai di situ saja. Uniba terus dikembangkan dan dibesarkan dari sisi kuantitas dan kualitas. Bentuk nyata dari semua itu adalah dengan mendirikan 18 program studi (Prodi) D1 dan S1 seperti Keperawatan, Kebidanan, dan Fakultas Kedokteran. Lalu ada empat Prodi S2 (master) yaitu Magister, Hukum, Akuntansi, dan Kenotariatan. Kenotariatan satu-satunya di Kopertis X dan terbesar di Kepri. 2016 lalu, Uniba bersama Ikatan Notaris Indonesia (INI) menggelar ujian profesi Kenotariatan dan lulus 100 persen.

Rata-rata, prodi tadi telah mendapat Akreditas B dari Badan Akreditas Nasional (BAN). Uniba memiliki hubungan internasional dengan De Universitaet Des Bundes Wehr (Universitas Pertahanan Negara Jerman) Muenchen Germany (Jerman). Bekerja sama dengan Universitas Andalas (Unand) di Sumatera Barat (Sumbar), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Hasanuddin (Unhas) di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pada sisi kualitas, kata Jemmy, pemerintah mewajibkan perguruan tinggi (PT) untuk memiliki 60 persen tenaga pengajar Doktor pada tahun 2020 nanti. Uniba sudah mendekati persentase tersebut. Ini satu lompatan cukup jauh dan cepat yang dilakukan Uniba.

Sejalan dengan itu, Uniba tengah mempersiapkan diri membuka program Doktor (S3) dengan kosentrasi SDM, dan Pengembangan Wilayah. Lalu S3 Ilmu Hukum dengan konsentrasi Bisnis dan Kesehatan. Kita juga sedang mengusulkan pendirian Fakultas Kedokteran Gigi kepada Kementerian Pendidikan.

Uniba mengadakan kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Pertamina Pusat dengan target melahirkan RS Pendidikan pertama di Kepri. RS Pendidikan ini untuk mendukung Fakultas Kedokteran Uniba sekaligus guna memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat Kepri. RS Pendidikan Kepri ini berfungsi sebagai Pusat Kardios, Pusat Medical Check Up, Pusat Transplantasi Ginjal, Rehabilitasi (penderita stroke dan lainnya), dan Kedokteran Kecantikan.

Agar lebih maksimal, Uniba bekerja sama dengan BK Hospital Korea Selatan yang akan diwakili Profesor Kim, dan Profesor Tanaka dari Jepang. Kim dan Tanaka ini akan menjadi dosen terbang dan tenaga ahli Uniba.

Laboratorium Kesehatan Terpadu Uniba menjadi tempat praktik bagi bidan, perawat, mahaisswa kedokteran. Juga menjadi pelatihan keterampilan klinis (seperti menyuntik) dan praktikum biomedis. Uniba juga memiliki ruang OSCE pertama di Sumatera. OSCE ini ini merupakan ruang ujian kompetensi kedokteran dengan sistem komputer dan terkoneksi secara nasional.

Uniba, terutama FK penah mencatap prestasi besar secara nasional. Dimana dosennya, dr Suryanti meraih peringkat pertama Laboran Berprestasi Kopertis Wilayah X 2011 dengan no. 616/010/LL/2011 ditetapkan Sekretaris Pelaksana, Drs Hanafi MS di Padang, 9 Mei 2011. dr Suryanti kembali memperkokoh prestasinya sebagai laboran tingkat nasional dengan meraih peringkat keempat dengan SK no.2446/E4/2/2011 di Jakarta tertanggal 22 Agustus 2011.

Prestasi Suryanti tidak putus sampai disitu. Dia juga terpilih sebagai juri dalam iven Pemilihan Laboran Berprestasi tingkat Kopertis X 2016 di Padang, 19 Juli 2016.
Tinta emas yang ditorehkan Suryanti, diikuti dosen FK Uniba lainnya yaitu M Sazili yang meraih peringkat ketiga sebagai laboran terbaik tingkat Kopertis X dengan no. 8144/K10/KM/2016 di Padang tertanggal 19 Juli 2016.

Apa yang dilakukan yayasan dan Uniba selama ini, merupakan program lanjutan untuk terus membesarkan dan meningkatkan kualitas Uniba, dosen Uniba, dan sistem pendidikan PTS ini. Untuk informasi, silakan buka di website: http://www.univbatam.ac.id

Tidak mengherankan, setiap angkatan, tingkat seleksi dan keketatan calon mahasiswa masuk FK semakin tinggi. Kini FK memiliki 548 mahasiswa aktif dan diajar 78 dosen. FK telah mewisuda sebanyak 150 Sarjana Kedokteran (SKed). Uniba memiliki ribuan mahasiswa, dan 12.000 alumnus yang bekerja di berbagai sektor di Indonesia.

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan Uniba dilakukan dengan berbagai program. Salah satunya, mengundang mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) RI, Prof DR Dr Fasli Jalal MSc Sp Gk diundang memberikan Kuliah Umum dengan tema Pembentukan Karakter Building di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Uniba, Batam, Jumat (6/1/2012).
Fasli mengatakan, dengan sistem pendidikan yang sudah mengacu kepada standar kompetensi, dokter lulusan Uniba akan bisa mengisi kebutuhan dokter sekarang dan nanti di Kepri atau se Indonesia.

Fasli yang menjadi Ketua Tim Penjamin Mutu Uniba itu menambahkan, kebutuhan dokter, tidak hanya datang dari Indonesia. Jepang, Belanda dan negara Eropa lainnya. Permintaan juga dating dari kawasan Asia Tenggara seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste juga membutuhkan dokter Indonesia untuk praktek di negara mereka. Sementara, dokter-dokter dari Negara Asia Tenggara tapi pun bisa masuk dan praktek di Indonesia. Ini terjadi dengan dibukanya kran kebebasan masuknya dokter antar negara di Asia Tenggara tahun 2015.

Dosen School of Manajement Universiti Sains Malaysia (USM) Prof DR Azizah Omar juga didatangkan. Azizah menjadi key note speaker dalam Seminar Internasional, Percepatan Pembangunan Daerah Berbasis Nilai Lokal Provinsi Kepulauan Riau, di aula kampus Uniba, Jumat (9/3/2012).

Uniba juga pernah mendatangkan mantan Direktur Rumah Sakit (RS) Erasmus University Rotterdam, Rotterdam, Netherlands (Belanda, red), Drs Bert G Aukema MBA ke Batam, Sabtu (25/5/2015).

‘’Saya siap membantu membesarkan Fakultas Kedokteran Uniba agar lebih berkualitas dan berstandar internasional,’’ papar Bert G Aukema di De’ Patros Cafe, Harbour Bay, Jodoh, Batam saat itu.

Bert didatangkan untuk menjadi konsultan khusus FK Uniba. Jam terbang Bert mengelola RS sangat baik dan berskala internasional. Bert adalah konsultan RS Netherlands, Dewan Direktur RS seluruh Eropa mewakili Netherlands sejak 1994-2002.

Kini, mahasiswa Uniba berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, dan Irian Jaya. Orang jauh-jauh belajar ke Uniba. Kenapa putra-putri di tempatan harus belajar ke tempat yang jauh? Sangat disayangkan. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

Komentar

Advertisement
File added : Sunday, January 22nd 2017.
Category : Dokumentasi
tags: , , , , ,

Related Post Laboratorium Kedokteran Uniba Melebihi Standar Nasional

January 25th
2017

MAKALAH TINJAUAN ILMIAH

MAKALAH TINJAUAN ILMIAH Definisi Tinjauan Ilmiah Makalah tinjuan ilmiah adalah karya tulis guru  yang  berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal
February 22nd
2017

Mawar Group, Naungi Empat Lembaga Pendidikan

Pusat Pendidikan Andal Bagi Generasi Muda Batam PENULIS bertanya kepada beberapa orang, ‘’Pernah mendengar, melihat nama Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Mawar, tempat kurus
March 8th
2017

Sony Piliang Didukung Jadi Ketua Gema Minang Batam

Pengurus Gempar Beri Rekomendasi Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam Pengurus Generasi Muda Pariaman (Gempar) Batam memberikan dukungan kepada Ketua Gempar Batam, Sony Piliang untuk mencalonkan
May 19th
2017

Wisata Pulau Lampahen Kapuas

Info Kabupaten Kapuas Read more Komentar Related posts: Acara Adat Dayak dalam Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-211 dan HUT Pemerintah Kabupaten
March 15th
2017

USULAN TAMBAHAN PENGHASILAN GURU PNS 2017

Kepada Yth : Kepala UPTD BPS se Kota Surabaya Kepala TK/SD/SMP se Kota Surabaya   Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2016