Sebuah Catatan Sederhana Bentuk Perhatian dari Seorang Insan untuk Pegawai Negeri

Home » Diklat » Polres Kapuas Siapkan 350 Personil Amankan Natal Dan Tahun Baru
Advertisement

Kepolisian Resort Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar Apel Pasukan Pengamanan bertajuk Operasi Lilin Telabang 2016, di halaman Mapolres Kapuas, Kamis (22/12) pagi.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang, diikuti dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya. Dalam pengamanan perayaan Natal dan tahun baru di daerah setempat, Polres Kapuas kerahkan dua pertiga kekuatan atau kurang lebih 350 orang personil.

Menurut Jukiman setidaknya ada delapan pointer yang disampaikan oleh Kapolri terkait operasi lilin telabang 2016, dimana yang menjadi aspek utamanya adalah bagaimana perayaan Natal, baik yang dilaksanakan ditempat-tempat ibadah maupun ditempat lainnya yang dijadikan sarana, harus benar-benar aman.

Kemudian, lanjut dia, perayaan pergantian tahun juga mendapatkan atensi dari pihak kepolisian, terkait dengan beberapa penomena aksi teror. “Di mana kita ketahui bahwa bom dipersiapkan dengan waktu dan moment yang tepat, baik momen Natal maupun momen perayaan tahun baru,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata dia, Polres Kapuas sudah jauh-jauh hari melaksanakan tindakan antisipatif, yaitu para Kapolsek aktif melakukan tindakan-tindakan preventif dan preemtif untuk memastikan bahwa situasi di wilayahnya benar-benar aman.  

“Kedepan kita juga akan berkordinasi secara intens dengan Pemda dilingkungan kecamatan, untuk melakukan operasi yusdisia guna mendeteksi lebih dalam terkait dengan warga yang tinggal atau orang yang tinggal di Kapuas secara keseluruhan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan lakukan pemeriksaan tanda pengenalnya, kepentingannya untuk apa dan apa pekerjaannya. Sehingga modus-modus untuk menjadikan rumah kontrakan atau kos-kosan sebagai tempat untuk merangkai dan merencakan kejahatan yang berkadar tinggi dapat kita antisipasi.  

Mantan Kasubdit Tipikor Polda Kalteng ini menerangkan, untuk pengamanan di gereja sebenarnya sudah berlangsung sejak 1 Desember 2016 dengan melakukan rangkaian tindakan awal, berkoordinasi dengan semua lingkungan gereja.

“Ini sudah kita lakukan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim dengan melakukan pemetaan kerawanan dan pemasangan CCTV,” katanya.

Kemudian yang paling penting, lanjut Jukiman, adalah melibatkan internal gereja untuk lebih aktif berpartisipasi, mengenal profile seseorang.

“Ini juga kita latih dan Kasat Sabhara sudah aktif turun kelapangan untuk memberikan pelatihan-pelatihan singkat seperti itu,” jelasnya.

Sehingga tambah dia, pada waktu pengamanan malam natal dan hari natal kekuatan pihaknya dapat benar-benar maksimal.

“Karena kita ada perkuatan-perkuatan yang profesional dari lingkungan gereja yang sudah kita latih,” pungkasnya.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas

Komentar

Advertisement
File added : Tuesday, December 27th 2016.
Category : Diklat
tags: , , , , , , ,

Related Post Polres Kapuas Siapkan 350 Personil Amankan Natal Dan Tahun Baru

December 27th
2016

Surat Tugas Post Test Guru Pembelajar Mapel PPKN dan IPS Jenjang SMP

Kepada Yth. 1. Kepala SMP Negeri/Swasta 2. Peserta Guru Pembelajar Moda Daring Murni Mapel PPKN dan IPS Jenjang SMP (daftar terlampir) se – Kota
December 19th
2016

Ujian KP-PI (Kenaikan Pangkat-Penyesuaian Ijazah) Tahun 2016

Surat dan Lampiran download di bawah ini : – surat_pi – lampiran-penyesuaian-ijazah disdikkepeglmg Read more Komentar Related posts: HASIL VERIFIKASI DATA USULAN KENAIKAN PANGKAT
October 1st
2016

Pegawai Negeri sebagai Guru

Baik kita akan ulas sedikit profil tentang profesi peawai negeri dengan jabatan sebagai guru. Profesi ini cukup bergengsi karena mempunyai berbagai tunjangan yang tentunya
December 27th
2016

Seri Edukasi Perbankan

Ayo Menabung di Bank Sebagian orang memaknai konsep menabung berdasarkan sisa uang dari penghasilannya, itu konsep lama, di era sekarang kita harus bijak dalam
December 27th
2016

Pratugas Pelatih Pendampingan Desa

Perkembangan keprofesian bidang Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia kian mendapat pengakuan dan dukungan pemerintah Republik Indonesia. Sebagai bukti nyata peran pemerintah melibatkan seluruh elemen