Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Modul Pelatihan Penyegaran Pendampingan Desa

Dec
19
2016
by : .... Posted in : Diklat

Cover Modul Pendampingan Desa 1 Lembar InformasiTim Penyusun: Sutoro  Eko, Wahjudin Sumpeno, I Made Budi Astawa, I Nyoman Oka, Ludiro Prajoko, John Odhius, Wahyudin Kessa, Nurahman Joko Wiranu, Suhirman, Sadwanto Purnomo, Sultonulhuda, M. Arwani, Sukoyo, Silah, Moch. Achlis Udin, Ade Siti Barokah, Yasir Sani, M. Zaini Mustakim, Anom Surya Putra.

Reviewer : Eko Sri Haryanto, Bito Wikantosa, Bambang Soetono

Cover dan Layout : Wahjudin Sumpeno

Diterbitkan Oleh: Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendesa

Tebal: xxiv; Buku 1: 152 Halaman; Buku 2: 336 Halaman

Cetakan: 2015

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) telah mengembangkan modul pelatihan penyegaran pendamping desa yang disusun berdasarkan kajian kebutuhan pelatihan dengan melibatkan pemangku kepentingan baik kalangan praktisi, aktivis, akademisi dan peneliti. Dalam modul pelatihan ini, pengguna akan dipandu memahami apa, mengapa dan bagaimana kebijakan pengakhiran PNPM Mandiri Perdesaan sekaligus memberikan pengalaman dan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam memfasilitasi implementasi Undang-Undang Desa. Oleh karena, kebutuhan pengembangan kurikulum dan modul pelatihan sebagai panduan (tools) bagi pendamping desa dan penyelenggara pelatihan sangat penting, terutama untuk mensosialisasikan materi (substansi) kebijakan dan meningkatkan kapasitas pendamping sesuai dengan visi dan semangat Undang-Undang Desa

Modul pelatihan ini dikembangkan untuk memberikan panduan dalam penyelengaraan pelatihan penyegaran bagi pendamping desa dalam rangka Pengakhiran PNPM Mandiri Perdesaan dan Implementasi Undang-Undang Desa. Secara khusus modul pelatihan ini bertujuan; (a) Menyamakan persepsi dan konsep peningkatan kapasitas pendamping dalam Pengakhiran PNPM Mandiri Perdesaan dan persiapan pendampingan Undang-Undang Desa; (b) Mengkoordinasikan materi, modul dan metode pelaksanaan pelatihan penyegaran pendamping desa; (c) Melakukan pembagian tugas dan pelaksanaan pelatihan penyegaran pendamping desa di masing-masing wilayah; (d) Menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) pelaksanaan pelatihan penyegaran pendamping desa.

Modul pelatihan ini tidak menguraikan materi pelatihan secara spesifik untuk kasus tertentu tetapi lebih mengarah pada refleksi pengalaman yang dilengkapi penjelasan teoritis dan praktis yang lebih menonjolkan kebermanfaatan dan keterpaduan dengan situasi yang dihadapi oleh para pelaku khususnya pendamping desa yang terlibat dalam pemberdayaan masyarakat. Modul pelatihan ini disusun tidak dimaksudkan sebagai kitab yang berisi teori dan eksplanasi metodologis yang biasa dikaji dalam buku-buku atau panduan akademis lainnya.

Harapan lain melalui modul pelatihan ini dapat memberikan kontribusi bagi para penggerak pembangunan agar mampu memfasilitasi dan menyelenggarakan pelatihan sederhana sesuai keterampilan yang dimilikinya. Bahkan beberapa komunitas dan organisasi lain mendapatkan manfaat dari modul pelatihan ini terutama untuk melatih para pendamping desa. Diharapkan Modul pelatihan ini dapat dibaca pula oleh kalangan yang lebih luas baik pemerintah, kelompok masyarakat, lembaga pendidikan, pusat pelatihan, LSM, serta lembaga lain yang memberikan perhatian dalam implementasi Undang-Undang Desa.

Download: Modul 1 Panduan Pelatih Pendampingan Desa Kemendesa PDTT

Download: Modul 2 Bahan Bacaan Pelatihan Pendampingan Desa Kemendesa PDTT


PUSTAKA RAKYAT

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Modul Pelatihan Penyegaran Pendampingan Desa

Wednesday 9 November 2016 | Blog, Diklat

Kami waktu itu pendidikan dasar untuk instruktur yang mendapat kesempatan untuk study lapangan di coklat monggo…

Thursday 6 July 2017 | Blog, Diklat

Duduk di samping dua orang ibu paruh baya. Mereka berbincang saling membanggakan anak-anaknya. Ada yang baru…

Tuesday 27 December 2016 | Diklat

Pada awal kemunculannya, kesenian wayang kayu lahir dan berkembang di wilayah pesisir utara pulau Jawa pada…

Tuesday 27 December 2016 | Diklat

Ayo Menabung di Bank Sebagian orang memaknai konsep menabung berdasarkan sisa uang dari penghasilannya, itu konsep…