Home » Blog » Konsisten Lahirkan Atlet BFC yang Berprestasi
Advertisement
loading...

Yakop Sutjipto, Pembina Batam Fighter Club (BFC)

Batam Fighter Club (BFC) atau klub petarung Batam merupakan klub Mixed Martial Art (MMA, olahraga beladiri campuran, red). Jenis olahraga beladiri ini identik dengan keberanian, kecepatan, dan bahkan bisa dikatakan sedikit nekat. Lantas, apa yang melatarbelakangi Yakop Sutjipto untuk mendirikan, dan konsisten membesarkan BFC ini? Redaktur Batam Pos, Suprizal Tanjung mewawancarai Yakop Sutjipto tentang tujuan, cita-cita, dan cintanya kepada olahraga di Camp BFC, Komplek Bumi Riau Makmur Blok B No. 07 Sei Panas, Batam, pada Rabu (7/12/2016).

bfc-f-jakop-sutjipto-untuk-batam-pos-3-image

Yakop Sutjipto

Aliran beladiri dalam BFC seperti produk asing?
MMA sendiri adalah aliran beladiri campuran dimana berbagai aliran beladiri ada di dalamnya. Jika disebut produk asing sebenarnya tidak juga, karena di MMA pun terdapat aliran beladiri silat yang asli dari Indonesia. Hanya saja MMA ini bermula dan berkembang pesat di dunia olahraga beladiri internasional. Sekarang ini saya konsisten mengadopsi dan mengembangkan aliran olahraga beladiri campuran ini di Kota Batam dan membentuk sebuah wadah bernama BFC.

Kapan BFC didirikan?
BFC yang berada di bawah naungan Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) itu dideklarasikan di Kepri Mall, Kota Batam, Kamis (6/3/2014). Adapun maksud dan tujuannya adalah agar BFC dapat menjadi salah satu sarana untuk membina dan mengarahkan masyarakat, khususnya generasi muda penerus bangsa dalam suatu kegiatan positif yang terarah dengan moto never surrender (pantang menyerah, red).

Bentuk hasil yang diperoleh BFC sejak berdiri?
Jika dilihat dari usia, BFC masih tergolong baru yaitu sekitar 2 tahun. Namun dengan kurun waktu tersebut, BFC sudah pernah menciptakan even bertaraf internasional dengan mengundang petarung Malaysia dan Filipina untuk bertanding dengan petarung BFC dalam even The Rising Of Scorpion Warrior, September 2015. Salah seorang atlet BFC juga sudah berlaga di taraf nasional yaitu di One Pride #2 yang diselenggarakan stasiun televisi swasta, TV One. Masih ada sederet even lainnya yang telah diselenggarakan BFC, di antaranya Orientasi Binaan BFC, New Years Party BFC Fight Night, dan Kick Boxing Fight Night dalam rangka Second Anniversarry BFC pada Maret 2016. BFC juga berhasil merekrut para petarung jalanan untuk dididik dan dilatih menjadi real fighter (petarung sejati, red) dan bukan menjadi petarung jalanan yang meresahkan masyarakat.

Kok disebut berhasil dalam merekrut petarung jalanan dan dilatih menjadi petarung sejati?
Anak-anak, remaja yang memang memiliki hobi bertarung kita arahkan ke sarana yang tepat dan lebih terarah, yaitu BFC. Di BFC mereka bebas menyalurkan bakat bertarungnya. BFC memfasilitasi bakat bertarung mereka dengan menyediakan tempat, tempat fitnes, peralatan MMA, arena bertarung, dan lainnya. Di BFC, mereka dihadapkan dengan lawan yang seimbang dan menjadi petarung sejati. Alasannya,  mengganggu orang lain yang tidak seimbang dengan kita adalah sifat seorang pengecut, dan itu bukanlah jiwa seorang atlet BFC.

Jadi di BFC lebih jantan?
Tepat. Di BFC kita memfasilitasi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih berani. Arti kata berani adalah bertarung dengan lawan yang juga memiliki kemampuan bertarung, dan bukan sebaliknya.  Hal itu kita lakukan di tempat yang tepat, yaitu di arena pertarungan yang disediakan BFC.

Hanya itu?
Pada tahapan selanjutnya, kita mengarahkan dan memfasilitasi mereka untuk meraih prestasi dengan bakat bertarung yang mereka miliki. Kita latih mereka lebih baik lagi.

Di arena pertandingan?
Benar. Itulah salah satu tujuan lahirnya BFC di Kota Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya. Kita mengarahkan mereka untuk dapat berprestasi dalam bidang olahraga beladiri MMA. Berbekal kemampuan maksimal, mereka dapat meraih sederet prestasi yang membanggakan, baik untuk pribadi mereka maupun Kota Batam.

Bentuk arahan yang diberikan?
Kita mendidik mereka dalam berbagai cabang olahraga beladiri bertaraf internasional yaitu MMA, dimana di dalamnya terdapat cabang olahraga wushu, tinju, jujitsu, dan muaythai.

Hasil lain yang didapat?
Atlet kita memang memiliki badan kekar, atletis, dan ada juga yang terlihat menyeramkan. Namun jangan salah, anggota BFC juga memiliki jiwa yang sportif, etika yang baik, tegas, dan saling menghargai. Di BFC, kita tidak hanya menuntut mereka berlatih saja, tetapi sesama anggota juga saling mensupport (mendukung, red) dan sharing (berbagi, red) dalam hal positif dan membangun. Jika mereka masih memakai karakter petarung jalanan yang dulu mereka miliki, maka mereka tidak akan bisa bertahan di BFC.

Siapa saja yang boleh masuk menjadi anggota BFC?
BFC adalah milik semua masyarakat. Tidak ada batasan khusus untuk tergabung menjadi anggota. Anak-anak, minimal  usia delapan tahun, pelajar, remaja, wanita, dan ibu-ibu pun bisa menjadi anggota. BFC mengajarkan self defense (pertahanan diri, red) yang bermanfaat untuk melindungi diri sendiri. BFC juga melatih satuan pengamanan (satpam), dan karyawan. Bahkan polisi dan aparat keamanan juga ada yang menjadi bagian dari BFC.

Semua boleh masuk. Tidak diseleksi?
Tidak ada batasan untuk bergabung di BFC, karena tujuan BFC didirikan adalah untuk merangkul anggota sebanyak-banyaknya. Terutama mereka yang memiliki kemauan dan mau menyalurkan bakatnya. Mereka dilatih, diarahkan, disediakan fasilitas, dan diberikan tujuan yang lebih baik serta terarah, sehingga mampu mendapatkan berbagai  prestasi membanggakan.

Penyaluran bakat seperti apa yang dilakukan BFC?
Kita mengarahkan mereka ke dalam berbagai even pertandingan yang memperebutkan berbagai medali. Kita telah melaksanakan dan memasukkan mereka di beberapa even seperti Orientasi BFC, Minggu (8/2/2015), Duel: The Rising Of Scorpion Warrior di Camp BFC, Minggu (6/9/ 2015) dimana acara ini diikuti petarung dari Malaysia dan Filipina, New Years Party, Kamis (31/12/2015), Tarung Bebas Indonesia (Tabasi), Kick Boxing Fight Night, Minggu (6/3/2016), Pertandingan Tinju Memperebutkan Sabuk Emas Kapolres di Tanjungpinang, Sabtu (14/11/2016), One Pride#2 yang diadakan TV One, dan beberapa pertandingan lainnya.

Hasilnya?
Nama BFC semakin dikenal dan menjadi perbincangan dalam MMA. Salah satu atlet BFC yaitu Jeka Asparido Saragih berhasil masuk final dalam Turnamen One Pride#2 mewakili Kota Batam yang ditayangkan TV One.

Mengapa anda begitu bersemangat mendirikan dan mempertahankan BFC?
Tentu. Karena ini sudah menjadi keinginan dan cita-cita saya sejak masih muda dan hal itu berawal ketika di Tanjung Priok, Jakarta. Saya dulu nakal, suka membuat keributan dan keonaran. Tapi seiring bertambahnya usia, saya menyadari bahwa hal tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali. Dan saya sadar, keributan yang saya perbuat hanya akan merugikan diri saya sendiri, keluarga, dan orang lain. Saya sadar, saya memiliki kemauan dan ketertarikan yang kuat dalam bidang beladiri. Akhirnya saya memutuskan menggali potensi yang ada, dan menyalurkannya ke dalam wadah yang positif, yaitu melalui BFC. Generasi muda yang tergabung dalam BFC akan semakin baik pola pikirnya, dan mempunyai tujuan hidup yang jelas. Mereka akan lebih menghargai keluarga dan kehidupannya.

Bentuknya?
Mereka yang tergabung menjadi anggota BFC memiliki perubahan hidup yang jauh lebih baik dan terarah. Mereka  memiliki potensi beladiri untuk menjadi atlet profesional dan menghasilkan sederet prestasi yang membanggakan. Sedangkan untuk anggota yang tidak berpartisipasi dalam pertandingan akan diberikan pekerjaan. Salah satunya menjadi security and guard (keamanan dan penjaga, red) PT Mitra Jalin Usaha. Kita menginginkan semua anggota BFC harus bermanfaat dalam artian yang luas. Saya ingin melahirkan banyak atlet BFC yang berprestasi di Batam dan Kepri ini.

~~~~~~~~~~ ooo000ooo ~~~~~~~~~~

Biodata

Nama             : Yakop Sutjipto
Panggilan        : Yakop
Tempat Lahir        : Tanjungpinang
Tanggal lahir        : 16 Juni 1970
Anak ke        : 4 dari 6 bersaudara
Jumlah anak        : 3 orang

Pendidikan     

SD di SDN 013 Jakarta
SMP di Yos Sudarso Batam
SMAN 52 Jakarta

Organisasi

~ Pembina Batam Fighter Club (BFC)
~ Ketua Gerakan Narkotika Nasional (GANNAS)
~ Sekertaris Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM)

Pekerjaan

~ Pimpinan PT Mitra Jalin Usaha


Suprizal Tanjung’s Surau

File added : Monday, December 19th 2016.
Category : Blog
tags: , , , ,

Related Post Konsisten Lahirkan Atlet BFC yang Berprestasi

May 31st
2017

URGENSI PENELITIAN DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN KEPEGAWAIAN

Kepekaan dan tuntutan masyarakat terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai “mesin birokrasi” semakin meningkat seiring dinamika pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa
August 16th
2014

E002 Parang Klitik

 Kain Batik Primitif  KODE : E002 Harga : Rp.300.000.-/2,5 meter Bahan Katun Primis  : Rp. 450.000,- Melayani juga Pemesanan Motif  Sesuai Selera BATIK TULIS
April 26th
2014

Garibaldi Jaket Batik

Alkisah Giuseppe Garibaldi (1807 – 1882) adalah seorang pahlawan rakyat Italia seorang nasionalis mendukung kemerdekaan Italia dari dominasi Austria Negara. Kini Total ketulusan Garibaldi
June 22nd
2017

Jabatan Fungsional Pranta Komputer

Pranata Komputer, Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang utuk melakukan kegiatan sistem informasi
December 19th
2016

Pemberitahuan Usul Pengangkatan Calon PNS menjadi PNS

disdikkepeglmg