Pegawai Negeri sebagai Guru

guru egawai negeriBaik kita akan ulas sedikit profil tentang profesi peawai negeri dengan jabatan sebagai guru. Profesi ini cukup bergengsi karena mempunyai berbagai tunjangan yang tentunya penghasilannya diatas rata-rata. Kita tinjau pengertian dari situs wikipedia Guru berasal dari (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu yang menggunakan suatu metode tertentu dalam mengajarnya. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Sedangkan dalam artian umum guru juga dapat berarti adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal yaitu sekolah, dengan jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dan atas. Dalam kenyataanya Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Sedangkan menurut definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru ini adalah kesepakatan masyarakat luas.

Guru Pegawai Negeri Indonesia

Secara resmi di Indonesia guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia ini adalah menurut Indonesia.

Jenis Jenis Guru

Guru tetap, Dalam praktiknya karena begitu banyaknya orang yang ingin menjadi guru maka Guru yang telah memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan telah ditugaskan di sekolah tertentu sebagai instansi induknya. Selaku guru di sekolah swasta guru tersebut dinyatakan guru tetap jika telah memiliki kewewenangan khusus yang tetap untuk mengajar di suatu yayasan tertentu yang telah diakreditasi oleh pihak yang berwenang di kepemerintahan Indonesia atau mungkin juga berlaku dinegara lainnya.

Guru Honorer, Adalah golongan yang cukup banyak adalah Guru tidak tetap yang belum berstatus minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dengan digaji per jam pelajaran jadi gajinya berdasar jumlah jam. Bahkan seringkali mereka digaji secara sukarela dan bahkan di bawah gaji minimum yang telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering nampak tidak jauh berbeda dengan guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil layaknya seorang guru tetap namun gajinya honorer. Sebetulnya hal tersebut sebenarnya sangat menyalahi aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Secara fakta, mereka berstatus pengangguran terselubung. Pada umumnya, mereka menjadi tenaga sukarela demi diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil melalui jalur honorer ataupun sebagai penunggu peluang untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil formasi umum. Sedangkan di Indonesia sering terjadi honorer siluman yang berujung ingin menjadi pegawai negeri. Mereka dianggap siluman karena diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan prosedur yang menyalahi ketentuan hukum yang berlaku ini tidak sesuai dengan peraturan negara. Kenapa hal ini terjadi disebabkan adanya rekayasa masa kerja selaku honorer, dan bidang pekerjaan mereka selaku honorer yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki. Tidak hanya itu ada yang mengandalkan surat keputusan dari orang yang tidak memiliki kewenangan yang benar dan tepat berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Tokoh-tokoh Guru Indonesia

Indonesia memiliki tokoh tokoh guru baik negeri maupun swasta yang mempunyai dedikasi yang kuat dalam dunia pendidikan diantaranya Abdurrahman Wahid Ki Hadjar Dewantara Ki Sarmidi Mangunsarkoro Nurcholish Madjid Zainuddin MZ Dewi Sartika Haji Abdul Malik Karim Amrullah Sartono.

Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Rumpun Jabatan Seorang Guru

Jabatan fungsional guru adalah jabatan tingkat keahlian termasuk dalam rumpun pendidikan tingkat taman kanak-kanak, dasar, lanjutan, dan sekolah khusus. Jenis guru berdasarkan sifat, tugas, dan kegiatannya meliputi: guru kelas; guru mata pelajaran; dan guru bimbingan dan konseling/konselor.Guru berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu pada jenjang pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah . Beban kerja guru untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan/atau melatih paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Beban kerja guru bimbingan dan konseling/konselor adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik dalam 1 (satu) tahun

Kewajiban Yang Harus dilaksanakan seorang Guru

Merencanakan pembelajaran/bimbingan, melaksanakan pembelajaran/bimbingan yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/bimbingan, serta melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan. . Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; teknologi, dan seni. Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai agama dan etika. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Tanggung Jawab Seorang Guru

Guru bertanggungjawab menyelesaikan tugas utama dan kewajiban sebagai pendidik sesuai dengan yang dibebankan kepadanya tangungjawab guru bersifat moral dan nonmoral. Guru berwenang memilih dan menentukan materi, strategi, metode, media pembelajaran/bimbingan dan alat penilaian/evaluasi dalam melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan untuk mencapai hasil pendidikan yang bermutu sesuai dengan kode etik profesi guru.

Unsur – unsur kegiatan Guru

Unsur dan sub unsur kegiatan Guru yang dinilai angka kreditnya adalah: 1. Pendidikan , meliputi: (1) pendidikan formal dan memperoleh gelar/ijazah; dan (2) pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan dan memperoleh surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP) prajabatan atau sertifikat termasuk program induksi. 2. Pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu, meliputi: (1) melaksanakan proses pembelajaran, bagi guru kelas dan guru mata pelajaran; (2) melaksanakan proses bimbingan, bagi guru bimbingan dan konseling; dan (3) melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. 3. Pengembangan keprofesian berkelanjutan , meliputi: (1) pengembangan diri: (a) diklat fungsional; dan (b) kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru; (2) publikasi dan (b) kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru; (2) publikasi Ilmiah: (a) publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; dan (b) publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru; (3) karya Inovatif: (a) menemukan teknologi tepat guna; (b) menemukan/menciptakan karya seni; (c) membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum; dan (d) mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya; 4. Penunjang tugas guru , meliputi: (1) memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya; (2) memperoleh penghargaan/tanda jasa; dan (3) melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru, antara lain : (a) membimbing siswa dalam praktik kerja nyata/praktik industri/ekstrakurikuler dan sejenisnya; (b) menjadi organisasi profesi/kepramukaan; (c) menjadi tim penilai angka kredit; dan/atau (d) menjadi tutor/pelatih/instruktur.

Jabatan dan Jengjang Guru

Jenjang jabatan fungsional guru dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi, yaitu: (a) guru pertama; (b) guru muda; (c) guru madya; dan (d) guru utama. 2. Jenjang pangkat guru untuk setiap jenjang jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), yaitu: (a) guru pertama ; penata muda, golongan ruang III/a; dan penata muda tingkat I, golongan ruang golongan ruang III/a; dan penata muda tingkat I, golongan ruang III/b: (b) guru muda ; penata, golongan ruang III/c; dan penata tingkat I, golongan ruang III/d: (c) guru madya ; pembina, golongan ruang IV/a; pembina tingkat I, golongan ruang IV/b; dan pembina utama muda, golongan ruang IV/c: (d) guru utama ; pembina utama madya, golongan ruang IV/d; dan pembina utama, golongan ruang IV/e.

Unsur dan Sub Unsur Kegiatan

Pendidikan , meliputi:(1) pendidikan formal dan memperoleh gelar/ijazah; dan (2) pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan dan memperoleh surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP) prajabatan atau sertifikat termasuk program induksi. 2. Pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu , meliputi: 2. Pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu , meliputi: (1) melaksanakan proses pembelajaran, bagi Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran; (2.) melaksanakan proses bimbingan, bagi Guru Bimbingan dan Konseling; dan (3) melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Pengembangan Profesi Guru

Pengembangan keprofesian berkelanjutan , meliputi: (1) pengembangan diri: (a) diklat fungsional; dan (b) kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru; (2) publikasi Ilmiah: (a) publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; dan (b) publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru; (3) karya Inovatif; (a) menemukan teknologi tepat guna; (b) menemukan/menciptakan karya seni; (c) membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum; dan (d) membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum; dan (d) mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya;

Penunjang Tugas Guru

Penunjang tugas guru , meliputi: (1) memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya; (2) memperoleh penghargaan/tanda jasa; dan (3) melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru, antara lain : (a) membimbing siswa dalam praktik kerja nyata/praktik industri/ekstrakurikuler dan sejenisnya; (b) menjadi organisasi profesi/kepramukaan; (c) menjadi tim penilai angka kredit; dan/atau (d) menjadi tutor/pelatih/instruktur

Jenjang Jabatan dan Pangkat Seorang Guru

Jenjang Jabatan Fungsional Guru dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi, yaitu: Guru Pertama; Guru Muda; Guru Madya; dan Guru Utama. Jenjang pangkat Guru untuk setiap jenjang jabatan, yaitu: a. Guru Pertama : Penata Muda, golongan ruang III/a; dan Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b; b. Guru Muda : Penata, golongan ruang III/c; dan Penata Tingkat I, golongan ruang III/d. c. Guru Madya : Pembina, golongan ruang IV/a; Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b; dan Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c. IV/b; dan Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c. d. Guru Utama : Pembina Utama Madya, golongan ruang IV/d; dan Pembina Utama, golongan ruang IV/e. Jenjang pangkat untuk masing-masing Jabatan Fungsional Guru adalah jenjang pangkat dan jabatan berdasarkan jumlah angka kredit yang dimiliki untuk masing- masing jenjang jabatan. Penetapan jenjang Jabatan Fungsional Guru untuk pengangkatan dalam jabatan ditetapkan berdasarkan jumlah angka kredit yang dimiliki setelah 10 ditetapkan oleh pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit sehingga dimungkinkan pangkat dan jabatan tidak sesuai dengan pangkat dan jabatan

Rincian Tugas Guru Kelas

Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan; 2. Menyusun silabus pembelajaran; 3. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran; 4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran; 5. Menyusun alat ukur/soal sesuai mata pelajaran; 6. Menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran di kelasnya; 7. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran; 8. M elaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil 8. M elaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi; 9. Melaksanakan bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya; 10. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional; 11. Membimbing guru pemula dalam program induksi; 12. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran; 13. Melaksanakan pengembangan diri; 14. Melaksanakan publikasi ilmiah; dan 15. Membuat karya inovatif

Rincian Tugas Guru BK

Menyusun kurikulum bimbingan dan konseling; 2. Menyusun silabus bimbingan dan konseling; 3. Menyusun satuan layanan bimbingan dan konseling; 4. Melaksanakan bimbingan dan konseling per semester; 5. Menyusun alat ukur/lembar kerja program bimbingan dan konseling; 6. Mengevaluasi proses dan hasil bimbingan dan konseling; 7. Menganalisis hasil bimbingan dan konseling; 8. Melaksanakan pembelajaran/perbaikan tindak lanjut bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan hasil evaluasi; 9. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional; 10. Membimbing guru pemula dalam program induksi; 11. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran; 12. Melaksanakan pengembangan diri; 13. Melaksanakan publikasi ilmiah; dan 14. Membuat karya inovatif

Tugas Tambahan

Kepala sekolah/madrasah; Wakil kepala sekolah/madrasah; Ketua program keahlian atau yang sejenisnya; Kepala perpustakaan sekolah/madrasah; Kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau Kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya pada sekolah/madrasah; dan Pembimbing khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusi

Unsur – unsur Kegiatan sebagai Angka Kredit

Unsur kegiatan yang dinilai dalam memberikan angka kredit terdiri atas: unsur utama; dan unsur penunjang. 2. Unsur utama, terdiri atas: pendidikan; pembelajaran/pembimbingan dan tugas pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah; dan pengembangan keprofesian berkelanjutan. 3. Unsur penunjang adalah kegiatan yang mendukung pelaksanaan tugas guru

Demikian sedikit gambaran sebagai seorang guru, semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat untuk anda yang ingin berkarir pada profesi guru terutama sebgaai guru pegawai negeri. Salam

Daftar Pustaka
Uny | Wikipedia





    3/31/15, 09:07 – ‪+62 856-4725-3278‬ created group “Prajab PNS Angk 5 Gol III” 3/31/15, 09:07 – You were added 6/14/16, 06:02 – Desi Kristina: To admin Tolong invite 081325697791 (nomor pribadi) ya .. Nmr ini khusus buat jualan 🙂 ceritanya mau ganti ke nmr tsb. Thanks 6/14/16, 06:06 – Desi Kristina: 6/14/16, 06:06 – Desi Kristina: Pin bbm pribadi 6/21/16, 14:10 – ‪+62 813-9362-2888‬: Ass…MengingatkanTepat jam 24.00 Wib malam nanti, akan datangnya Malam Nuzululquran . Rasullullah Bersabda “Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita Nuzululquran kepada Yang Lain, maka Haram Api Neraka Baginya”. Dan tolong baca sebentar saja kita berdzikir mengingat اَللّهُ … bismillah “Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, Laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Bila disebarkan, Anda akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ Maaf… Jangan putus di Anda. Gak sampai 1 menit kok.. اَللّهُ Maha Besar… 7/5/16, 18:41 – ‪+62 856-4751-9827‬: Ass Wr Wb. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. _*Taqobbalallahu minna waminkum taqabal ya karim.*_Kami mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan. (Rony Harimurti dan keluarga) 7/6/16, 05:35 – ‪+62 856-4706-2002‬: waalaikum salam,,kami sekeluarga juga memohonkan maaf atas segala kesalahan,, 7/6/16, 05:55 – ‪+62 856-4727-8859‬: ِ *السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته* atas nama pribadi dan keluarga menghaturkan : *Selamat Hari Raya Idul Fithri 1437 H. Taqobbalallaahu minnaa wa minkum* *Mohon Мα’αƒ lahir batin, atas segala khilaf, baik yang sengaja maupun tidak,* _Semoga amal ibadah kita khususnya selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT. *Dan semoga kita mendapat predikat Taqwa*_ Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. *والسلام عليكم ورحمة االه وبركا ته* *(Chandra & keluarga ? )* . 7/6/16, 11:42 – ‪+62 856-4751-9827‬: 7/24/16, 19:34 – ‪+62 856-4751-9827‬: 7/24/16, 19:37 – ‪+62 856-4751-9827‬: 7/24/16, 19:39 – Desi Kristina: Miss that moment!! ? 7/24/16, 19:43 – ‪+62 856-4751-9827‬: 7/24/16, 20:53 – ‪+62 856-4706-2002‬: masa2 obat anti ngantuk dibutuhkan 7/24/16, 20:53 – ‪+62 856-4706-2002‬: ? 8/9/16, 09:48 – Messages you send to this group are now secured with end-to-end encryption. Tap for more info. 9/12/16, 19:49 – ‪+62 856-4751-9827‬: Sepi… 9/12/16, 22:35 – ‪+62 856-4706-2002‬: poll 9/20/16, 13:13 – ‪+62 856-4084-0089‬: Holaaa…selamat pagi 9/20/16, 13:13 – ‪+62 856-4084-0089‬: Semangat golek duit… 9/20/16, 13:26 – ‪+62 856-4706-2002‬: cayooo 9/20/16, 13:42 – ‪+62 857-2800-9814‬: madang mul 9/20/16, 13:47 – ‪+62 856-4751-9827‬: Sarapan yo….. 9/20/16, 15:27 – ‪+62 856-4706-2002‬: wis wayahe makan malam.. 9/20/16, 15:28 – ‪+62 856-4751-9827‬: Klemun…klemun… 9/20/16, 15:28 – ‪+62 856-4706-2002‬: iyo pak 9/20/16, 15:30 – ‪+62 856-4751-9827‬: Yen wis kesel ngetung duit yo leren disik…. He…he…he…. 9/20/16, 17:38 – ‪+62 856-4084-0089‬ added ‪+62 812-2809-3936‬ 9/21/16, 08:04 – ‪+62 856-4751-9827‬: Sugeng enjang…. Sampun sarapan??? 9/21/16, 08:06 – ‪+62 856-4751-9827‬ added ‪+62 856-4209-4000‬ 9/21/16, 08:08 – ‪+62 856-4209-4000‬: ?? 9/21/16, 20:09 – ‪+62 856-4751-9827‬: Sugeng dalu…. Sampun sarapan ??? 9/21/16, 21:04 – ‪+62 812-2809-3936‬: Rony nglindur cahhhh 9/21/16, 21:31 – ‪+62 856-4209-4000‬: Sehat, Pak Roni? 9/22/16, 04:45 – ‪+62 856-4751-9827‬: Seno ndang tangi… sinau disik….? 9/22/16, 05:42 – ‪+62 812-2809-3936‬: Wis mau ronnn 9/22/16, 06:01 – ‪+62 856-4209-4000‬: Wilujeng Enjang 9/22/16, 07:15 – ‪+62 856-4706-2002‬: sing disinauni opo kui 9/22/16, 07:27 – ‪+62 856-4751-9827‬: Seno arep ujian kepala sekolah bos… 9/22/16, 07:30 – ‪+62 812-2809-3936‬: Rony stressss kui.. Jo di gagas 9/22/16, 07:38 – ‪+62 856-4209-4000‬: Pak Rony kie arep dadi PENGAWAS SMK yo, Pak Seno. Lagi Galau kui. 9/22/16, 07:38 – ‪+62 856-4209-4000‬: ???? 9/22/16, 09:26 – ‪+62 856-4751-9827‬: ????? 9/23/16, 19:21 – ‪+62 856-4209-4000‬: Maaf teman – teman. Ada yg punya CP nya temen kita Ibu Lina Kusti Wahyuni? Jika ada yang punya mohon saya diberi CPnya beliau. Penting sekali. Nuwun 9/25/16, 18:53 – ‪+62 856-4209-4000‬: