Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Kehumasan Pada Instansi Pemerintahan

Oct
09
2016
by : .... Posted in : Diklat

prSebelum kita memahami apa itu kehumasan ada baiknya langsung kita mengetahui apa tugas daripada kehumasan itu sendiri. Menyampaikan berbagai informasi atau ide yang berhubungan dengan organisasi/perusahaan mengenai tujuan, peranan dan kebijakanorganisai/perusahaan atau segala kegiatan yang akan/telah dilakukan oleh organisasi/perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya. Memberikan saran dan pendapat kepada pimpinan mengenai kebijakan dan rencana kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat serta membantu pimpinan dalam kegiatan tersebut. Memperlancar komunikasi dengan hal-hal berikut. Mengumpulkan berbagai fakta yang berhubungan dengan perusahaan, kemudian memprosesnya menjadi sumber informasi bagi perusahaan. Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan perusahaan/organisasi ke public melalui berbagai media yang sesuai, kemudian menangani respons terhadap penyebarluasan informasi tersebut.

Grooming

Grooming adalah perawayan dan pemeliharaan yang harus dilakukan agar seseorang mempunyai penampilan yang prima atau terbaik, sehingga citra diri seseorang terlihat sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Kepribadian merupakan: Kepribadian dipandang sebagai penentu atau pengarah tingkah laku. Kepribadian dipandang sebagai sesuatu yang unik atau khas pada diri setiap orang. Kepribadian seseorang dapat ditentukan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor bawaan (faktor genetik/biologis) dan lingkungan (pengalaman-pengalaman sosial dan perubahan lingkungan).  Etika adalah sekumpulan peraturan-peraturan kesopanan yang tidak tertulis, namun sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang yang ingin mencapai sukses dalam perjuangan hidup yang penuh dengan persaingan. Table manner adalah sopan santun di meja makan, mulai dari cara duduk, menggunakan alat-alat makan dan minum, makan, minum serta cara memasuki dan meninggalkan meja makan. Bahasa Tubuh adalah gerakan reflek/nonreflek dari suatu bagian atau seluruh bagian tubuh yang digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan isi hatinya kepada orang lain, tanpa menggunakan kata-kata. Urutan tata rias wajah/make up: Pembersih, agar kotoran yang ada pada wajah dapat terangkat. Penyegar, agar pori-pori wajah tidak membesar, sehingga kulit terlihat lebih halus. Pelembab, mencegah banyaknya keringat yang keluar sehingga kosmetik lebih tahan lama. Alas bedak (foundation), agar kosmetik tahan lama dan dapat menutupi kekurangan wajah. Bedak tabur (loose powder). Tata rias mata pemulas mata (mascara), untuk mempertegas garis mata. Pemulas pipi, untuk menonjolkan tulang pipi. 8. Pemulas bibir, untuk memertegas garis bibir dan mempercerah wajah. Bedak padat sebagai sentuhan akhir. 10. Pelembab kulit tangan dan kaki (hand and body lotion). 5 hal cara merawat rambut: 1. Rambut dicuci atau dikeramas secara teratur setiap 2 hari sekali. 2. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut 3. Tata rambut sesuai dengan jenis wajah 4. Agar rambut tumbuh lebat, dapat dilakukan creambath2 minggu sekali atau sebulan sekali. 5. Lakukan masker rambut sebulan sekali.

Yang di maksud SERASI adalah dalam berpakaian dan berpenampilan Anda harus sepadan/sesuai, rapi, dan sesuai sikap: Sepadan/Sesuai dengan:

Bentuk tubuh
Agar dapat tampil baik dalam berbusana, seseorang harus mengetahui bentuk tubuhnya, apakah pendek, tinggi, gemuk, atau kurus. Memiliki bentuk tubuh yang proporsional adalah idaman setiap orang. Dengan bentuk tubuh yang  poporsional, seseorang menjadi lebih mudah dalam berbusana, karena pakaian apapun biasanya sesuai untuk dipakai. Namun demikian, jika tidak memiliki tubuh yang ideal, misalnya gemuk atau kurus, janganlah rendah diri. Anda masih dapat tampil menarik jika Anda dapat memilih busana yang sesuai. Misalnya, mengenakan pakaian yang pas dengan badan, tidak terlalu banyak aksesori. Pakaian dengan garis vertikal dapat menutupi bentuk tubuh yang gemuk sehingga terlihat lebih kurus. Pakaian yang sedikit longgar, garis horizontal dapat menutupi tubuh yang kurus sehingga terlihat lebih gemuk.

Usia
Usia seseorang dapat juga dijadikan cermin dalam berbusana. Seseorang yang berusia 20-an tentu berbeda dengan usia 40-an. Seseorang yang usianya mencapai sekitar 40-an, mengenakan busana remaja memberikan kesan tidak dewasa, terkesan seperti anak-anak yang sedang mencari jati diri. Sebaliknya seseorang yang masih 20-an, mengenakan busana 40 atau 50-an, akan terkesan lebih tua dari usia sebenarnya.
Waktu (pagi, siang, sore, atau malam)
Untuk pakaian kerja, pada umumnya berlaku untuk semua waktu. Artinya, dapat
dikenakan waktu pagi, siang, sore, dan malam. Namun, ada kalanya Anda harus melakukan pertemuan dengan kolega pada saat-saat yang tidak resmi, seperti acara makan malam. Pemilihan warna dapat menjadi pertimbangan dalam memilih busana. Pakaian yang terlalu menantang, seperti warna ungu terong atau merah menyala, kurang cocok dikenakan pada siang hari. Warna yang demikian dapat menyilaukan mata orang yang memandang. Pilihlah warna-warna yang lembut yang dapat menyejukkan mata. Warna-warna cerah menantang dapat dikenakan pada malam hari, sehingga tampak lebih segar dan bersemangat. Warna hitam dan putih biasanya menjadi pilihan warna yang cocok dikenakan untuk semua jenis waktu. Pilihan warna hitam untuk celana panjang atau rok harus dilakukan. Warna hitam cocok dipadu dengan semua jenis warna yang lain sehingga satu celana panjang atau rok warna hitam dapat dipasangkan dengan atasan atau blus warna yang lain.

Tempat Saat memilih busana yang akan dikenakan, sebaiknya perhatikan juga tempat di mana Anda akan beraktivitas, apakah ke kantor, menghadiri pertemuan dengan kolega di acara makan, berolahraga, rekreasi, atau saat ke pesta pernikahan atau ulang tahun. Tidak lazim tentunya jika akan berolahraga, mengenakan busana safari, jas, atau blazer. Dalam beberapa kesempatan terkadang jenis pakaian sudah ditentukan, seperti dalam acara jamuan makan kenegaraan atau acara kedinasan.

Anggaran Anggaran menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam berpenampilan. Sebaiknya sesuaikan jenis pakaian yang akan dibeli dengan keuangan yang dimiliki. Untuk mempunyai koleksi pakaian yang cukup tentu membutuhkan biaya/anggaran. Pakaian tidak harus mahal, bermerek atau yang berasal dari negara lain/impor. Yang terpenting adalah pantas dan layak untuk dikenakan. Membeli pakaian di tempat-tempat tertentu yang memang sudah terkenal dengan harga yang lebih murah dapat menjadi alternatif untuk menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Membeli pada pedagang kaki lima tidak selalu bermutu jelek. Jika Anda dapat memilih dengan baik, barang kualitas bagus masih bisa diperoleh.

Hal-hal Yang Perlu di Perhatikan

Rapi, maksudnya: a. Bersih dari noda-noda kotoran, make-up, makanan, keringat, dan parfum. Tidak terlihat lusuh, lecek, atau kusam. Tidak robek/berlubang atau ada beberapa jahitan yang lepas. Tidak terdapat benang-benang yang lepas. Tidak ada kancing yang lepas atau hilang. Tidak terlalu longgar, ketat, pendek, panjang, atau lebar. Tidak berbau apek. h. Tidak dijumpai garis-garis atau bayangan pakaian dalam. Sikap, yaitu: Pribadi si pemakai. Gaya penampilan pribadi. Hal yang dianjurkan dan tidak dianjurkan dalam berpakaian kerja bagi wanita: Cara membangkitkan kekuatan pribadi adalah dengan mengevaluasi kekuatan pribadi. Setiap orang pada dasarnya mempunyai potensi untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Namun, semua itu memerlukan proses dan waktu yang panjang. Evaluasi berarti melakukan suatu penilaian. Mengevaluassi kekuatan pribadi berarti melakukan penilaian terhadap potensi yang dimilikinya, menilai apa yang telah dilakukan selama ini, untuk kemudian membuat antisipasi dan sikap mawas diri terhadap hal-hal yang mungkin terjadi. contoh komunikasi nonverbal yang berupa kinesik (gerakan tubuh): Menggeleng, maka lawan bicaranya akan tahu bahwa itu sebagai tanda ketidaksetujuan. Anak kecil yang menjawab mau diajak ke Dufan akan mengiyakan sambil melompat-lompat senang.Mengangguk, ketika seorang mengiyakan sebagai tanda persetujuan. Memukul lemari tanda kesal. Mengacungkan jempol sebagai tanda setuju atau merupakan pujian kesuksesan seseorang.

 

Tata cara makan untuk menu main course dalam acara jamuan makan resmi!

Hidangan utama (main course) biasanya berupa hidangan dari daging, unggas, seafood maupun telur, baik dilengkapi saus maupun tidak. Ada kalanya main course disajikan bersama olahan sayuran dan kentang sebagai pendamping menu utama (garnish). Cara makan: Ala Amerika Makanan dipotong-potong dulu kemudian letakkan pisau di sisi kanan piring, kemudian garpu dipindahkan ke tangan kanan untuk menyuap makanan. Ala Eropa Pisau selalu di tangan kanan untuk memotong dan menikmati hidangan dengan garpu menggunakan tangan kiri. Peganglah pisau dan garpu seluwes mungkin, usahakan posisi jari telunjuk tepat di atas punggung garpu atau pisau, ini memudahkan Anda saat memotong makanan dan agar kelihatan tidak kaku. Anda boleh menggunakan satu di antaranya yang lebih mudah. Jenis-jenis peralatan makan dalam acara table manner, berupa piring, sendok, garpu dan gelas: Piring, Sendok, Garpu,Gelas. Pengertian dari:  Bekerja adalah melakukan suatu pekerjaan (perbuatan), berbuat sesuatu. Tim : tim dapat dikatakan sebagai kelompok. Tapi perlu diingat bahwa kelompok belum tentu sebuah tim. Dalam pengertian yang lebih luas lagi, pengertian tim adalah sebagai berikut. Suatu kekuatan dinamis dari sekelompok orang untuk bertemu dan bekerja, membicarakan  sasaran, mengumpulkan ide-ide serta membuat keputusan untuk mencapai tujuan bersama. Kelompok kerja lengkap atau suatu satuan kerja, yang para anggotanya paling sedikit memiliki satu tujuan bersama dan pencapaian tujuan itu memerlukan perilaku kerja sama dari semua anggotanya. (Burke, 1982).

 

Bekerja dalam satu tim adalah melakukan suatu pekerjaan dalam satu kelompok besar atau kecil untuk mencapai tujuan bersama.

Tim yang termasuk dalam tipe tim formal: Tim fungsional, yaitu tim permanen yang dibentuk oleh organisasi untuk meraih sejumlah tujuan organisasi dengan jangka waktu yang tidak terbatas. Tim ini dipimpin oleh seorang kepala eksekutif yang anggotanya dipilih berdasarkan bidang keahliannya. Tugas dan tanggung jawabnya antara lain: mengelola kegiatan organisasi sehari-hari, melakukan pertemuan secara berkala untuk membahas rencana kerja,  menerima laporan dari bawahan dalam rangka mengontrol, menyusun, merencanakan, dan melaksanakan tugas pekerjaan tim.Tim pendukung formal, yaitu tim yang memberi dukungan dan layanan seperti keuangan, sistem informasi, administrasi, dan personalia. Tugas dan tanggung jawabnya antara lain: bertugas dan bertanggung jawab penuh terhadap beban kerja rutin, meningkatkan produktivitas. Prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim: Saling Menghargai Sikap saling menghargai antarsesama anggota tim, membuat tiap anggota tim dapat memahami setiap perbedaan yang ada. Sikap iri hati dan prasangka buruk dapat dihindari, sehingga memungkinkan seluruh anggota tim mengeluarkan semua kemampuannya. Ini karena anggota tim yakin setiap anggota pasti akan memberikan respon yang baik, kalau pun tidak setuju pastinya tidak akan menjatuhkan satu dengan yang lain. Namun demikian, jika prinsip ini tidak diterapkan atau bahkan sudah berkurang, bersiaplah untuk suatu kemunduran baik perlahan-lahan maupun sekaligus. Pemimpin yang pandai untuk menggerakkan anggota tim diperlukan agar sikap menghargai selalu timbul. Mempunyai Komitmen dan Kepentingan yang Sama Sebelum suatu tim bergerak tentunya sudah harus ada komitmen yang sungguh-sungguh dari seluruh anggota. Komitmen ini haruslah berdasarkan kepentingan yang sama, sehingga jelas bagi seluruh anggota bahwa pekerjaan dilakukan sesuai komitmen yang telah disepakati. Mengembangkan Peraturan yang Jelas dan Transparan Peraturan yang jelas harus ada dalam suatu tim. Peraturan yang kurang jelas akan menyulitkan anggota tim. Konflik akan mudah muncul dan tindakan-tindakan yang kurang terpuji akan makin sering dilakukan oleh anggota tim apabila tidak ada peraturan yang jelas dan transparan. Mampu Mengendalikan Diri dan Menjaga Keseimbangan Antara Emosi dan Pikiran Setiap anggota tim pastinya berbeda dalam mengendalikan emosi dan pikiran. Mungkin ada yang emosinya hanya datar-datar saja, tetapi ada juga yang emosinya meledak-ledak. Setiap anggota tim harus mampu mengendalikan emosi dan pikirannya. 1Harus Saling Mendukung Saling mendukung antaranggota tim merupakan salah satu modal penting dalam mengembangkan suatu tim. Karena hal ini akan membuat anggota tim menjadi lebih bersemangat dalam bekerja. Keberhasilan satu anggota tim merupakan keberhasilan bersama, sebaliknya kekurangan satu anggota tim juga merupakan kekurangan bersama. 1Bersikap Terbuka dan Saling Percaya Bersikap terbuka memungkinkan seluruh anggota tim mengetahui apa yang dilakukan oleh anggota lain. Sehingga sesama anggota dapat memberikan masukan yang positif dan membantu memecahkan masalah-masalah dalam tim. Tanpa adanya keterbukaan dan saling percaya, akan sulit bekerja dalam satu tim. Rasa saling percaya antarsesama anggota tim merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim agar tim mampu bekerja secara efektif. Produktivitas Tim seyogyanya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, keterampilan, pengetahuan, dan kepemimpinan, maka bekerja dalam tim akan lebih efektif daripada perorangan. Selalu Berkonsultasi Sebelum Memutuskan Hal ini harus dilakukan agar keputusan yang diambil memang berdasarkan kesepakatan bersama, bukan semata-mata keputusan pribadi. Juga agar keputusan yang diambil sudah berdasarkan pertimbangan dari anggota tim yang lebih tahu atau ahli dalam hal-hal tertentu. Pengambilan keputusan tentu saja berdasarkan tugas dan tanggung jawab tiap anggota. Namun penting untuk selalu berkonsultasi dengan sesama anggota tim. Evaluasi Tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia. Kekurangan dan kelebihan pasti selalu melekat pada setiap individu maupun tim. Penilaian atau evaluasi sangat perlu dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana pencapaian yang sudah dilakukan. Sehingga dengan adanya evaluasi akan dapat diambil langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan pengkajian dalam evaluasi tersebut. Tujuan bekerja dalam satu tim: Memanfaatkan Potensi Setiap orang mempunyai potensi diri yang beraneka macam. Sebuah tim sepak bola, untuk mencapai suatu tujuan, menggunakan dan menyatukan potensi yang dimiliki oleh seluruh pemainnya. Ada yang bertugas sebagai penjaga gawang yang menghalau bola agar tidak masuk gawang, ada yang tugasnya di daerah pertahanan, gelandang, maupun sebagai penyerang. Semuanya bersinergi, bersatu, bekerja sama, menyamakan komitmen untuk mencetak gol ke gawang lawan. Jika berhasil merupakan keberhasilan bersama, begitu pula sebaliknya. 1Bekerja Bersama-Sama Setiap orang pada dasarnya dapat melakukan sendiri suatu kegiatan atau aktivitas. Namun ketika pekerjaan sangat banyak baik dari segi jumlah maupun jenisnya, seseorang akan mengalami hambatan. Pekerjaan tersebut pasti akan selesai dalam jangka waktu yang lama dan kualitasnya pasti berkurang. Bekerja sama dengan orang lain memungkinkan suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat dengan kualitas yang lebih baik. Ibaratnya bekerja dengan  pemikiran tentu akan jauh lebih baik daripada dilakukan dengan satu pemikiran. Ada Pembagian Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang yang Jelas dan Adil Adanya tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang jelas serta adil akan memberikan dampak yang positif terhadap pekerjaan yang dilakukan dalam suatu tim, sehingga diharapkan produktivitas meningkat. Setiap anggota tim mengetahui apa, untuk apa, kapan, dengan siapa, dan bagaimana tugas harus dilakukan. Untuk Memperlancar Aktivitas Bekerja dalam tim dapat memperlancar aktivitas karena suatu aktivitas dilakukan oleh beberapa orang, sehingga hasilnya jauh lebih cepat dibandingkan jika suatu kegiatan dilaksanakan seorang diri. Efisiensi Efisiensi dalam hal ini adalah penghematan dari berbagai segi. Dengan melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama, saling membantu, dan saling melengkapi, maka penghematan dari segi waktu dan biaya akan terjadi. Dengan adanya penghematan ini, biaya produksi akan dapat ditekan dan pekerjaan yang dihasilkan pun jauh lebih bannyak .

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kehumasan Pada Instansi Pemerintahan

Sunday 6 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Agar Pengawas dapat mengajukan Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK) dan dinyatakan layak tunjangan, pastikan prosedur-prosedur berikut…

Friday 23 June 2017 | Blog, Diklat

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang

Saturday 8 July 2017 | Blog, Diklat

Download Update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat UAPPB-W versi 16.0 UAPPB-E1 versi 17.0.0, dan UAPB versi 17.0.0 Serba-Serbi…

Wednesday 6 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

LUAS wilayah Kabupaten Kapuas adalah 14.999 km atau 9,77 persen dari luas Kalteng yang terbagi atas…