Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Pengertian Batik

Sep
10
2014
by : .... Posted in : Blog

Batik adalah seni melukis di atas kain, dengan mengguna- kan alat canting yang diisi lilin (malam) sebagai tinta lukisnya. Si’cara ilmu etimologi kata batik berasal dari kata tik yang berarti titik/kecil. Jadi, membatik adalah suatu pekerjaan yang harus memiliki kesabaran, dari sebuah titik-titik kecil yang dihubungkan menjadi karya lukisan yang indah.

Jenis Batik

  1. Batik tulis, jika motif batik dibentuk dengan tangan.
  2. Batik cap, jika motif batik dibentuk dengan cap (terbuat dari tembaga).

Kata batik berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis.
I oknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. idak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa, setelah ilibawa oleh para pedagang India. Saat ini, batik bisa ditemukan di banyak negara, seperti Indonesia, Malaysia,
miland, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga
sangat populer di beberapa negara di BenUa Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun-temurun, sehingga kadang kala suatu motif batik dapat dikenali berasal dari keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.
Teknik membatik adalah proses pekerjaan dari tahap persiapan kain sampai menjadi kain batik. Teknologi pem- buatan batik di Indonesia pada prinsipnya, berdasarkan Resist Dyes Techniqui (teknik celup rintang) di mana pembuatannya dimulai dengan cara ikat-celup kain sesuai motif, kemudian menggunakan zat perintang wama (lilin/ malam).
U n tuk membuat motif batik, umumnya dilakukan dengan earn tulis tangan dengan canting tulis (batik tulis atau batik printing), menggunakan cap dari tembaga disebut (batik cap), dengan jalan dibuat motif pada mesin printing (batik printing), dengan cara dibordir disebut batik bordir, serta dibuat dengan kombinasi-kombinasi cara-cara yang telah disebutkan.
Di pasaran, kain batik dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Kain yang corak dan bermotif batik dibuat dengan melukis langsung dengan menggunakan cara pelekatan lilin (malam).
  2. Kain yang bercorak dan bermotif batik tetapi tidak mele- katkan lilin, biasanya dengan mesin printing bordir tanpa melalui pelekatan lilin.
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Pengertian Batik

Saturday 4 November 2017 | Blog

Satu lagi, seorang pengedar zenith di Kota Kapuas tertangkap. Pelaku berinisial YU alias BUM (31) yang…

Tuesday 13 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas H Subroto mengingatkan seluruh kepala kepala desa untuk lebih bijak dalam menggunakan…

Wednesday 27 September 2017 | Blog

Download Surat Edraran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-75/PB/2017 tanggal 26 September 2017, tentang Batas Maksimum Pencairan…

Tuesday 10 October 2017 | Blog

Download Update Aplikasi Persediaan Versi 17.0 Update Aplikasi Persediaan versi 17.0 meliputi: Pengiriman data ke Aplikasi…