AN019 Kain Batik tulis Raja Utama

indokabana-0059-batik-tulis

Asal utama mengenai kehidupan dan perjalanan Rama adalah wiracarita Ramayana yang disusun Resi Walmiki, begitu. Dan kemudian, Namun sastra lain dalam bahasa Sanskerta juga merefleksikan riwayat dalam Ramayana, begitu. Dan kemudian, Sebagai contoh Wisnupurana juga menceritakan Rama sebagai awatara Wisnu yang ketujuh dan dalam Bayupurana seorang Rama disebut di antara tujuh Resi dari Manwantara ke-8, begitu. Dan kemudian, Dan juga kisah Rama disebut dalam wiracarita lainnya yaitu Mahabharata, begitu. Dan kemudian, Versi lain yang penting dan lebih pendek adalah Ādhyātma Ramayana, begitu. Dan kemudian, Ramayana memiliki berbagai versi di sepanjang wilayah India, begitu. Dan kemudian, Sebagai contoh versi sederhana Ramayana yang menceritakan kehidupan dan filsafat ketuhanan Rama dituangkan dalam sajak kepahlawanan berjudul Kambaramayanam pada abad ke-12 oleh penyair Kamban dalam bahasa Tamil dan Ramacharitamanasa Ramayana versi bahasa Hindi pada abad ke-16 oleh penyair Tulsidas, begitu.

indokabana-0058-batik-tulis

Dan kemudian, Berbagai versi yang berbeda juga ada dan muncul dalam bahasa-bahasa terkemuka di India, begitu. Dan kemudian, Ramayana versi kontemporer meliputi Shri Ramayana Darshanam oleh Dr, begitu. Dan kemudian, K, begitu. Dan kemudian, V, begitu. Dan kemudian, Puttappa dalam bahasa Kannada dan Ramayana Kalpavrikshamu oleh Viswanatha Satyanarayana dalam bahasa Telugu yang mana keduanya memperoleh penghargaan dalam Jnanpith Award, begitu. Dan kemudian, Wiracarita Ramayana tersebar di berbagai wilayah India dan menonjolkan keunikan budaya masing-masing daerah, begitu.

indokabana-0064-batik-tulis

Cerita Rama juga menyebar ke wilayah Asia Tenggara dan diadaptasikan dengan kebudayaan cerita rakyat dan kepercayaan masyarakat setempat, begitu. Dan kemudian, Kakawin Rāmāyana dari Jawa (Indonesia) Ramakawaca dari Bali Hikayat Seri Rama dari Malaysia Maradia Lawana dari Filipina Ramakien dari Thailand (yang menyebut Rama sebagai Phra Ram) merupakan karya-karya besar yang unik dan mengandung berbagai versi berbeda mengenai kehidupan Rama, begitu. Dan kemudian, Legenda mengenai Rama dapat disaksikan dalam ukiran di kuil Wat Phra Kaew di Bangkok, begitu. Dan kemudian, Wiracarita nasional Myanmar Yama Zatdaw sebenarnya merupakan Ramayana versi Myanmar dimana Rama dipanggil Yama, begitu. Dan kemudian, Dalam Reamker dari Kamboja Rama dikenal sebagai Preah Ream, begitu.