AN016 Kain Batik tulis Jamu gendong ayu

indokabana-0023-batik-tulis

Umumnya orang yang tidak tahu asli mana jamu tradisional itu berasal ? Walaupun sekarang ini banyak kita temui pedagang (bakul) Jamu dimana-mana baik itu diluar Kota/Kabupaten, begitu. Dan, kadangkala banyak orang jawabannya hanya tidak tahu, begitu. Dan, Jamu tradisional adalah jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami, begitu. Dan, Seperti dari tumbuh-tumbuhan yang diracik menjadi serbuk jamu dan minuman jamu, begitu. Dan, Tujuannya sebagai khasiat kesehatan dan kehangatan tubuh, begitu. Dan, Jamu tersebut merupakan asli Kabupaten Sukoharjo, begitu. Dan, Tepatnya di desa Nguter, begitu. Dan, “Patung Jamu dan Petani” yang didirikan di Desa Bulakrejo sebagai icon identitas diri Kabupaten Sukoharjo, begitu. Dan, Disanalah tempat zaman dahulu jamu itu berasal dan berjualan yang terkenal dengan sebutan “Jamu Gendong”, begitu. Dan, Penjualan jenis dan jumlah jamu gendong sangat bervariasi untuk setiap penjaja, begitu. Dan, Hal tersebut tergantung pada kebiasaan yang mereka pelajari dari pengalaman tentang jamu apa yang diminati serta pesanan yang diminta oleh pelanggan, begitu. Dan, Setiap hari jumlah dan jenis jamu yang dijajakan tidak selalu sama tergantung kebiasaan dan kebutuhan konsumen, begitu. Dan, Setelah dilakukan pendataan[rujukan? diperoleh informasi bahwa jenis jamu yang dijual ada delapan yaitu beras kencur cabe puyang kudu laos kunci suruh uyup-uyup/gepyokan kunir asam pahitan dan sinom, begitu. Dan, selain menyediakan jamu gendong juga menyediakan jamu bubuk atau pil dan kapsul hasil produksi industri jamu, begitu.

indokabana-0021-batik-tulis

Gula asli gula jawa gula pasir dan gula batu ( bentuk kristal besar menyerupai bongkahan batu ) gula asli ini merupakan keharusan bagi penjual jamu karena berhubungan degan kesehatan ada juga penjual jamu yang nakal menggunakan pemanis buatan hal ini sebenarnya tidak boleh dan menyalahi aturan kesehatan dan menyimpang dari moto jamu yaitu untuk menyehatkan badan dan untuk menjaga kesehatan badan, begitu. Dan, Jamu bubuk kemasan atau bubuk jamu yang dibuat gumpalan adonan tersebut diminum dengan cara diseduh air panas dan oleh penjual jamu gendong di seduh dengan jamu beras kencur kudu laos atau cabe puyang menurut khasiat jamu misalnya jamu batuk tepat bila dicampur dengan jamu beras kencur jamu pegal linu lebih tepat dicampur dengan kudu laos bisa juga dicampur madu kuning telor dan yang minuman penutup yaitu minum jamu sinom atau kunir asam dicampur dengan jeruk nipis sebagai penyegar rasa dan penghilang bau amis jika menggunakan telor, begitu.

indokabana-0024-batik-tulis

Penjualan jamu gendong jika akan minum jamu kadang bertanya dulu oleh karena jika minum jamu dilarang memakai kombinasi dengan obat-obatan yang dari resep dokter atau obat yang dijual bebas juga dilarang meminum minuman yang mengandung soda atau juga dilarang minum minuman yang mengandung unsur doping, begitu. Dan, Jika hal ini dilanggar bisa menimbulkan keracunan bahkan bisa menimbulkan kematian bagi pelaku, begitu. Dan, Sebaiknya jika minum obat tidak minum jamu demikian juga sebaliknya jika minum jamu jangan minum obat, begitu.