MOTIF BATIK PEMALANG

Halo bray kita akan belajar mengenal Batik khas Pemalang yang dikenal dengan nama Batik Pemalangan adanya. Baiklah, Motif Batik Pemalangan tidak berwarna-warni seperti pada umumnya motif batik di daerah Pesisir namun batik ini lebih banyak menggunakan pewarna alam alami. Dapat di ketahui bahwa Batik Pemalang memiliki kualitas bagus dengan warna alam namun daya jual produk tersebut masih kalah dengan daerah lain tidak kalah juga dengan produk luar negeri kannn. Kita akan belajar Ada beberapa penyebab yaitu motif batik relatif monoton atau tidak berkembang serta harganya lebih mahal begitu. Dan walaupun Sementara batik dari daerah tetangga seperti Batik Pekalongan mempunyai corak beragam memenuhi selera pasar dan harganya relatif lebih murah adanya.

Lalu dengan cerita itu Kemunculan produk batik warna alam mampu memberi warna tersendiri bagi industri batik di Pemalang kota. Kita mengetahui Batik warna alam dibuat dengan pewarnaan ramah lingkungan dengan menggunakan bahan antara lain kayu dan akar tumbuhan hihihi unik yahhh. Tau ga luu? Batik warna alami memiliki sejumlah keunggulan dari pewarnaan sintetis howooo. Karena dan Untuk membuat batik alami memang cukup sulit terutama dalam pewarnaan dibutuhkan beberapa kali proses celup dan jemur berkali kaleee. Kemudian Dari sini diperoleh warna yang sangat berbeda dari pada warna sintetis.

Tahu ga yaa … Batik Pemalang selama ini kurang menonjol karena masih sedikit perajin setempat yang berani lepas dari pakem lhoo. Dan Sehingga produk yang dihasilkan pun monoton pada motif-motif tertentu seperti motif parang curiga kepedak gemek setekem atau sawat rante yang sudah diyakini menjadi ciri khas Batik Pemalang gitu dehh. Tau ga, Padahal jika melihat situasi pasar saat ini sejumlah motif itu semakin ditinggalkan keberadaannya. Jikalau kalau ada yang masih memakainya mereka dari kalangan tertentu yang diwajibkan oleh organisasi atau atasannya. Adapun saat ini pasar lebih suka dengan motif batik yang bebas dan penuh kreativitas manusia. Dan Guna memecah kebekuan industri batik di Pemalang maka perlu keberanian dalam membuat inovasi baru dalam motif dan pewarnaannya yang sintetis.

motif batik m231.,

motif batik m231 serii

motif batik m231 kunyitt