MOTIF BATIK LAMPUNG

Sebuah cerita tak banyak yang tau ternyata Lampung juga memiliki batik dengan corak tersendiri yang khas dan unik disana. Kita mengenal Batik Lampung tercipta melalui proses panjang sekali. Karena Batik Lampung mulai berkembang pada tahun 1970-an dan dipelopori oleh Andrean Sangaji (seorang budayawan Lampung) tempo dulu. Karena Motif Lampung memiliki keunikan tersendiri yang sangat berbeda dengan motif wilayah lain yang ada di Indonesia raya merdeka. Kini Motif batik Lampung sangat dipengaruhi kebudayaan India motif Budha sangat kental di dalamnya sebgai keraifan local disana. Karena Motif yang paling terkenal adalah motif perahu dan pohon hayat atau pohon kehidupan Indonesia raya merdeka. Ada Dua motif ini menjadi sangat khas bagi kebudayaan Lampung dan merupakan trade mark Lampung di mata dunia internasional dunia. Hal tersebut Ini terbukti dengan adanya koleksi kain tradisional Lampung yang terdapat di beberapa museum di Australia Hawai dan Amerika USA. Karena Biasanya motif-motif tersebut dikenal pada kain Tampan Palepai dan Tatibin yang biasa dikerjakan oleh pengrajin di sekitar pesisir kota. Dapat dipastikan Motif-motif Batik Lampung yang berkembang saat ini merupakan sebagian diambil dari motif-motif pada kain tradisional Lampung yang telah berkembang sebelumnya dikota lampung tentunya. Karena banyak motif batik Lampung modifikasi yang bermunculan dari sana. Dan Seperti motif gamolan siger kupu-kupu dan gajah hewan yang begitu besar.

Merupakan simbol perkembangan budaya yang diaplikasikan ke dalam motif batik yang diangkat dari akar budaya daerah masing-masing disana. Dan Seiring dengan bergesernya budaya dari budaya lama menuju budaya modern segi teknik desain maupun proses pembuatan sudah jauh lebih maju dari ratusan tahun. Lampung tetap mengangkat ciri kebudayaan Lampung meski dengan gaya kontemporer dengan tidak mengurangi makna dan esensi. rasa kebanggaan terhadap budaya Lampung bisa dirasakan bagi pemakainya dan menjadikan ciri khas atau identitas.

Karena Motif asli yang tetap eksis yakni batik motif sembagi disana. Hal ini Batik sembagi merupakan batik asli Lampung yang telah diadopsi menjadi kain adat dan sudah disakralkan sebagai kain penutup mayat orang mati. Mulai sekarang Batik sembagi khusus untuk penutup mayat memiliki corak warna khusus yakni gelap gulita. Warna-warna terang lebih banyak dipakai untuk dijadikan sebagai pakaian sehari – hari. Kita mengenal Batik sembagi memiliki banyak motif hasil kreasi yaitu sembagi belando dan sembagi sekebar di penjuru dunia. Kita mengenal Ciri khas batik Lampung yakni terdapat gambar bunga kaca piring sepedundung.

motif batik m231 ijoo

motif batik m231 biruu

motif batik m231