Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

MOTIF BATIK CIAMIS

Jun
10
2014
by : .... Posted in : Blog

Batik Ciamis awalnya hanya memiliki dua warna saja yaitu warna coklat soga dan hitam dengan dasar putih. Hal tersebut karena awalnya Batik Ciamis banyak terpengaruh dengan Batik Pedalaman. Bahan-bahan yang dipakai untuk kainnya hasil tenunan sendiri dan bahan pewarnanya pewarnanya dibuat dari pohon seperti mengkudu pohon tom dan sebagainya. Namun seiring perkembangan Batik Ciamis tampil dengan aneka warna karena pengaruh Batik Pesisiran. Batik Ciamis berbeda dengan batik dari daerah lain. Corak batik Ciamis tidak telalu ramai dan rumit. Motif batik Ciamis yang sering disebut Ciamisan memiliki karakter sederhana. Ragam hias batik Ciamisan bernuansa naturalistik banyak menggambarkan flora dan fauna serta lingkungan alam sekitar. Motif alam sekitar yang banyak dijumpai dalam batik ciamisan adalah rereng atau lereng. Motif yang menggambarkan tebing miring ini dipengaruhi motif parang pada batik Jawa Tengah. Motif lain adalah kumali berupa empat bentuk yang mengelilingi pusat dan cupat manggu motif geometris bergambar buah manggis.

Awal abad ke-20 pembatikan di Ciamis berkembang sedikit demi sedikit dari kebutuhan sendiri menjadi produksi pasaran. Masa keemasan batik Ciamis berlangsung pada era tahun 1960-an hingga awal 1980-an. Batik Ciamis mampu bersaing diantara dominasi tradisi batik Solo Yogyakarta maupun Pekalongan. Namun sejak tahun 80-an keberadaan batik Ciamis mengalami kemunduran karena berbagai dampak perubahan ekonomi yang tidak menguntungkan para pengrajin batik di Ciamis. Terlebih setelah terjadi letusan Gunung Galunggung pada tahun 1982 yang menyebabkan matahari nyaris tak terlihat selama setahun lantaran debu vulkanik yang tak hentinya menyembur. Para perajin tak bisa menjemur hasil batik produksinya karena tidak adanya cahaya matahari. Puncaknya terjadi saat krisis moneter pada tahun 1997 yang menghentikan hampir seluruh kegiatan membatik di Ciamis.

Corak Batik Ciamisan tidak memiliki makna filosofi perlambang nilai sakral atau menunjukkan status sosial tertentu. Penciptaan motif atau ragam hias batiknya lebih ditekankan pada ungkapan kesederhanaan untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Kesederhanaan itu tertuang dalam bentuk-bentuk yang terinspirasi dari alam sekitar dan kejadian sehari-hari. Motif batik di daerah Ciamis antara lain rereng lasem parang sontak rereng seno rereng sintung ageung kopi pecah lepaan rereng parang rusak rereng adu manis kumeli rereng parang alit rereng useup rereng jenggot rereng peuteuy papangkah.

Kesederhanaan corak batik Ciamis tidak lepas dari sejarah keberadaannya yang banyak dipengaruhi daerah lain seperti ragam hias pesisiran dari Tasikmalaya Garut Indramayu dan Cirebon. Selain itu pengaruh batik pedalaman seperti dari Solo dan Yogyakarta juga turut andil dalam membentuk karakter warna dan komposisi motif batik Ciamisan. Pengaruh dari wilayah pesisir dan pedalaman yang berpadu dengan nilai-nilai budaya Sunda dan kehidupan sosial sehari-hari masyarakat Ciamis melahirkan ragam motif Batik Ciamisan yang sesuai dengan gaya dan selera masyarakat setempat bersahaja tetapi elegant. Motif yang tidak terlalu ramai namun tetap terlihat elegan sehingga Batik Ciamisan sering disebut sebagai Batik Sarian. Motif Ciamis tampil sebagai kain yang kalem sesuai dengan jiwa masyarakat Ciamis yang tenang dan tidak bergejolak.

motif batik m233 kunyyit

motif batik m233 kunnyiit

motif batik m233

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya MOTIF BATIK CIAMIS

Sunday 1 October 2017 | Blog

BERPACARAN dengannya sejak warsa dua ribu tiga tahun masehi, ketemu pertama di sebuah toko Ericsson di…

Saturday 9 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Pecatur asal Kabupaten Kapuas, MN Zaitul Ichlas Zainal memperoleh rating 2082 dalam 8th IGB International Seniors…

Sunday 24 September 2017 | Blog

Kepada Yth. 1 Kepala SD Negeri se-Kota Surabaya 2 Kepala¬†SMP Negeri se-Kota Surabaya di. SURABAYA Dalam…

Tuesday 11 July 2017 | Blog, Diklat

Download¬†Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81/PMK.03/2017 tanggal 20 Juni 2017, tentang Pengurangan Denda Administrasi Pajak Bumi dan…