Menu

MOTIF BATIK BLITAR

Jun
22
2014
by : .... Posted in : Blog

Sekilas info mengenai BATIK BLITAR. Tau nggak? di Kabupaten Blitar sejak tahun 1902 sebenarnya sudah berkembang seni batik sekalipun materi dan sarana pendukung kreatifitas sangatlah terbatas. Sejrah membuktikan Seni membatik mendapat peluang yang cukup bagus pada masa itu lhoo. Konon Orang-orang Belanda memperhatikan kalangan kelas bangsawan Jawa dengan memberi keleluasaan berkreasi dibantu dengan keberadaan para pedagang dari Cina yang menyediakan bahan membatik berupa naptol hingga pewarna (wenter) di toko-toko kelontong pecinan China.

Sebuah Informasi mengenai keberadaan batik dari Blitar ada di Museum Leiden-Belanda dengan nama Batik Afkomstig Uit Blitar Tahun 1902 lama yaa. Kata Afkomstig Uit artinya batik kerajinan tangan rakyat dengan motif binatang dan tumbuhan sebagai symbol saat itu. Sebuah Simbol-simbol yang menggambarkan sindiran bagi para peguasa dan bangsawan bentukan penjajah Belanda pada saat itu juga. Akan tetapi namun batik kerajinan tangan rakyat di Blitar yang berkembang pada saat itu masih sebatas seperti cerita dalam Wayang Beber yang peruntukannya sebagai penghias dinding ruangan tersebut.

motif batik m226 gradasi hitam - abu2-soft abu

motif batik m226 gradasi 3 warna

motif batik m226 4warna

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya MOTIF BATIK BLITAR

Friday 2 March 2018 | Blog

Pembangunan infrastruktur jalan oleh Pemkab Kapuas, Kalteng terus mengalami peningkatan. Tak hanya membuka keterisolasian dan membuat…

Wednesday 22 November 2017 | Blog

Sebanyak 1.161 Atlet yang tersebar di 17 kecamatan se wilayah Kabupaten Kapuas siap bertanding dalam Pekan…

Friday 4 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kepada Yth. : Kepala UPTD BPS se Kota Surabaya Kepala SD dan SMP se Kota Surabaya…

Wednesday 30 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Setelah menikmati Pulau Samosir, maka saatnya melihat Danau Toba dari ketinggian dengan pemandangan jauh lebih indah…