Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Songket adalah kain yang dimiliki oleh keluarga brokat tekstil dari Indonesia Malaysia dan Brunei

May
27
2014
by : .... Posted in : Blog

MOTIF BATIK m162 biruSongket adalah kain yang dimiliki oleh keluarga brokat tekstil dari Indonesia  Malaysia dan Brunei “ . “ Ini adalah tenunan tangan sutra atau katun  dan rumit berpola dengan benang emas atau perak “ . “ Benang logam mencolok dengan kain latar belakang untuk menciptakan efek berkilauan “ . “ Dalam proses tenun benang logam yang disisipkan di antara sutra atau katun pakan ( lintang ) benang “ . “ Songket adalah kain yang dimiliki oleh keluarga brokat tekstil dari Indonesia  Malaysia dan Brunei “ . “ Ini adalah tenunan tangan sutra atau katun  dan rumit berpola dengan emas atau perak threads” . “The benang metalik mencolok dengan kain latar belakang untuk menciptakan efek berkilauan “ . “ Dalam proses tenun benang logam yang disisipkan di antara sutra atau katun pakan ( lintang ) benang “ .

MOTIF BATIK M162 atar hitamCatatan sejarah penggunaan benang emas di Indonesia dan Malaysia agak samar “ . “    Songket tenun secara historis terkait dengan wilayah pemukiman Melayu  dan teknik produksi bisa saja diperkenalkan oleh pedagang India atau Arab “ . “    Hal ini tidak tertentu ke tempat songket asal  namun menurut Kelantan tradisi teknik tenun ini datang dari utara suatu tempat di wilayah Kamboja – Siam dan diperluas ke selatan menuju Pattani  dan akhirnya mencapai pengadilan Melayu Kelantan dan Terengganu sedini tahun 1500-an “ . “   The tenun songket terus sebagai industri rumahan kecil di pinggiran Kota Bharu dan Terengganu “ . “ Namun  Terengganu penenun percaya bahwa teknik songket tenun diperkenalkan ke Malaysia dari India melalui Palembang dan Jambi di Sumatera dimana mungkin berasal pada zaman Sriwijaya ( 7 ke abad ke-11 ) “ .

MOTIF BATIK M162Dalam tradisi Indonesia  songket dikaitkan dengan Sriwijaya   sebuah 7th kaya untuk abad ke-13 maritim kerajaan perdagangan yang berbasis di Sumatera  karena fakta bahwa Palembang merupakan produsen songket yang terkenal di Indonesia “ . “ Songket adalah tekstil mewah yang dibutuhkan beberapa jumlah daun emas asli untuk dibuat benang emas dan tangan – ditenun menjadi kain yang indah  hictorically tambang emas yang berlokasi di Sumatera pedalaman  Jambi dan Minangkabau dataran tinggi “ . “ Meskipun benang emas ditemukan terkubur di reruntuhan Sriwijaya di Sumatera  bersama dengan batu rubi kasar dan potongan piring emas  tidak ada bukti yang menguatkan bahwa penenun lokal yang digunakan benang emas sedini 600s ke 700-an awal CE “ . “    Songket mungkin dikembangkan dalam periode kemudian di suatu tempat di Sumatera “ .

MOTIF BATIK m161Banyak dokumentasi samar tentang asal-usul songket tetapi kemungkinan besar bahwa songket tenun dibawa ke Semenanjung Malaysia melalui intermarriages antara keluarga kerajaan “ . “ Ini adalah kejadian umum di abad ke-15 untuk menyegel aliansi strategis “ . “ Produksi terletak di kerajaan politik signifikan karena tingginya biaya bahan  benang emas yang digunakan pada awalnya luka dengan daun emas asli “ . “ Ada dua kategori peralatan tenun songket  peralatan tenun utama yang terbuat dari kerangka kayu atau bambu dan peralatan pendukung yang meliputi benang peregangan alat  motif pembuatan alat  benang sisipan dan alat memetik” . “ Bahan-bahan untuk membuat songket terdiri dari benang katun atau serat lain sebagai kain dasar dan benang hiasan terbuat dari emas  perak atau benang sutra “ . “ Hal ini diyakini bahwa di zaman kuno  benang emas asli yang digunakan untuk membuat songket  benang kapas yang berlari sepanjang emas cair dipanaskan  lapisan kapas dan menciptakan benang emas “ . “ Namun saat ini karena kelangkaan dan kemahalan tersebut dari benang emas asli  emas imitasi atau benang perak yang biasa digunakan sebagai gantinya” .

MOTIF BATIK m160Songket tenun dilakukan dalam dua tahap  menenun kain dasar dengan bahkan atau polos tenun dan tenun dekorasi dimasukkan ke dalam kain dasar  metode ini disebut ” inlay sistem tenun ” “ . “  The bersinar emas  perak atau benang sutera yang dimasukkan dan berkelok-kelok ke katun polos kain dasar dalam motif-motif tertentu  menciptakan efek berkilauan dari pola emas terhadap latar belakang polos gelap “ . “ The songket tenun secara tradisional dilakukan sebagai pekerjaan paruh waktu dengan gadis-gadis muda dan wanita yang lebih tua di antara tugas-tugas rumah tangga sehari-hari” . “ Proses rumit pembuatan songket diyakini untuk menumbuhkan kebajikan  karena mencerminkan ketekunan  ketelitian dan nilai-nilai kesabaran “ .

MOTIF BATIK M159Ada ratusan pola songket “ . “ Dalam tradisi Palembang  songket tidak dapat dipisahkan dari kehidupan rakyatnya yang memakainya selama peristiwa-peristiwa penting seperti kelahiran  pernikahan  dan kematian “ . “    Contoh pola songket Palembang adalah  naga besaung  pucuk rebung  biji pare  bintang berante  Bintang kayu Apuy  bungo mawar  melati bungo  bungo cino  bungo jepang  bungo intan  bungo pacik  cantik manis  lepus berakam  pulir  Nampan perak  Limar tabur dan tigo Negeri “ .

MOTIF BATIK M158Di Indonesia  songket diproduksi di Sumatera  Kalimantan  Bali  Sulawesi  Lombok dan Sumbawa “ . “ Di Sumatera sentra produksi songket terkenal adalah di daerah Minangkabau Pandai Sikek  Sumatera Barat     dan Palembang  Sumatera Selatan “ . “ Di Bali  desa produksi songket dapat ditemukan di kabupaten Klungkung  khususnya di Sidemen dan Gelgel desa “ . “  Sementara di pulau tetangga Lombok  Desa Sukarara di distrik Jonggat  Kabupaten Lombok Tengah  terkenal dengan pembuatan songket “ . “    di luar Indonesia  daerah produksi lebih lanjut termasuk pantai timur Semenanjung Malaya    khususnya di Terengganu dan Kelantan  dan Brunei “ . “

MOTIF BATIK M157Di Malaysia  songket diproduksi terutama di Terengganu dan Kelantan “ . “ Di Terengganu  desa produksi songket dapat ditemukan di Kompleks Tuanku Nur Zahirah  Kuala Terengganu “ . “  Rujukan?  Di sisi lain  organisasi lain  TIDE  yang merupakan singkatan dari Terengganu International Design Excellence  adalah di-charge dari aspek perancangan ‘ songket ‘ dengan ide-ide segar disuntikkan ke dalam desain tradisional dan motif.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Songket adalah kain yang dimiliki oleh keluarga brokat tekstil dari Indonesia Malaysia dan Brunei

Tuesday 22 April 2014 | Blog

Para wanita biasanya memilih gaun pesta yang menyerupai gaun yang dipakai oleh artis terkenal atau gaun…

Monday 7 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kisah Inspiratif Warga Batam: Amat Tantoso ANWAR SALEH, Batam Datok Amat Tantoso saat ini dikenal sebagai…

Saturday 30 September 2017 | Blog

Puluhan motor dinas yang digunakan jajaran anggota Kodim 1011/KLK, diperiksa jajaran Subdenpom Kapuas XII/2-4 KPS, dan…

Tuesday 29 April 2014 | Blog

Jika Anda bekerja dengan Komunikasi 3D Software Google SketchUp, Anda bisa menemukan diri Anda ingin menambahkan…