Seni lukis motif Indonesia sebelum abad ke-19 sebagian besar terbatas pada seni dekoratif

MOTIF BATIK m45 latar ungu-daun pinkApa seni lukis Indonesia sebelum abad ke-19 sebagian besar terbatas pada seni dekoratif  dianggap sebagai kegiatan keagamaan dan spiritual  sebanding dengan seni Eropa pra -1400 “ . “ Nama seniman anonim  karena pencipta manusia individu dilihat sebagai jauh lebih penting daripada penciptaan mereka untuk menghormati para dewa atau roh “ . “ Beberapa contoh adalah seni dekoratif Kenyah  berdasarkan motif alami endemik seperti pakis dan burung enggang  menemukan dekorasi dinding dari Kenyah rumah panjang “ . “ Kesenian tradisional terkenal lainnya adalah ukiran kayu Toraja geometris “ . “ Seni lukis Bali pada awalnya gambar naratif untuk menggambarkan adegan legenda Bali dan skrip agama “ . “ Lukisan-lukisan klasik Bali yang sering menghiasi naskah lontar dan juga langit-langit kuil paviliun “ .

 

MOTIF BATIK m45 latar ungu-daun biruDi bawah pengaruh kekuasaan kolonial Belanda  kecenderungan gaya Barat lukisan muncul pada abad ke-19 “ . “ Di Belanda  istilah ” Seni Lukis Indonesia ” yang diterapkan pada lukisan yang dihasilkan oleh Belanda atau lainnya seniman asing yang tinggal dan bekerja di bekas Hindia Belanda “ . “ Pelukis Indonesia abad ke-19 masyarakat adat yang paling terkenal adalah Raden Saleh ( 1807-1877 )  seniman pribumi pertama yang belajar di Eropa “ . “ Seninya sangat dipengaruhi oleh Romantisisme “ . “ Pada tahun 1920 Walter Spies mulai menetap di Bali  ia sering dikreditkan dengan menarik perhatian tokoh-tokoh budaya Barat dengan budaya dan seni Bali “ . “ Karya-karyanya telah entah bagaimana mempengaruhi seniman dan pelukis Bali “ . “ Hari ini Bali memiliki salah satu yang paling jelas dan terkaya tradisi seni lukis di Indonesia “ .

 

MOTIF BATIK m45 latar hijau-daun kuningTahun 1920 ke tahun 1940-an adalah masa pertumbuhan nasionalisme di Indonesia “ . “ Periode sebelumnya gerakan romantisme tidak dipandang sebagai sebuah gerakan murni bahasa Indonesia dan tidak dikembangkan “ . “ Pelukis mulai melihat dunia alam untuk inspirasi “ . “ Beberapa contoh pelukis Indonesia selama periode ini adalah Bali Ida Bagus Made dan realis Basuki Abdullah “ . “ Asosiasi Pelukis Indonesia ( Persatuan Ahli -Ahli Gambar Indonesia atau PERSAGI  1938-1942 ) dibentuk selama periode ini “ . “ PERSAGI mendirikan filosofi seni kontemporer yang melihat karya seni sebagai refleksi dari individu atau pribadi pandangan artis serta ekspresi pikiran budaya nasional “ .

 

MOTIF BATIK m45 latar coklat-daun orangeDari tahun 1940-an pada  seniman mulai mencampur teknik Barat dengan citra Asia Tenggara dan konten “ . “ Pelukis yang berakar pada gerakan revolusioner Perang Dunia dan periode pasca-Perang Dunia mulai muncul selama periode ini  seperti Sudjojono  Affandi  dan Hendra “ . “ Selama tahun 1960  unsur-unsur baru yang ditambahkan saat ekspresionisme abstrak dan seni Islam mulai diserap oleh komunitas seni “ . “ Juga selama periode ini  sekelompok pelukis yang lebih peduli tentang realitas masyarakat Indonesia mulai muncul  mengambil inspirasi dari masalah sosial seperti pembagian antara si kaya dan si miskin  polusi  dan deforestasi “ . “ Identitas nasional Indonesia ditekankan oleh pelukis tersebut melalui penggunaan realistis  gaya dokumenter “ . “ Selama periode Sukarno seni ini secara sosial – terlibat secara resmi dipromosikan  tetapi setelah tahun 1965 itu kehilangan popularitas karena kecenderungan komunis yang diduga “ . Tiga akademi seni menawarkan pelatihan formal ekstensif dalam seni rupa : Institut Teknologi Bandung didirikan pada tahun 1947  Akademi Seni Rupa the Indonesia ( Akademi Seni Rupa Indonesia ) atau ASRI  sekarang dikenal sebagai ISI  di Yogyakarta diresmikan pada tahun 1950  dan Institut Kesenian Jakarta ( Institut Kesenian Jakarta ) atau IKJ  dibuka pada tahun 1970 “ .