Menu

PERKEMBANGAN BATIK DI TULUNGAGUNG

May
08
2014
by : .... Posted in : Blog

Batik sebuah kata yang kedengarannya sangat sederhana tetapi kalau kita hayati patut dihargai dan menjadi kebanggaan, sebab Batik sudah menjadi kata baku Internasional yang merupakan pengakuan dunia pada hasil karya seni diatas merupakan karya ciptaan asli nenek moyang leluhur bangsa Indonesia yang bernilai sangat tinggi.

Kerajinan Batik merupakan seni dan keahlian yang turun temurun yang menjadikan salah satu sumber penghidupan yang memberikan lapangan kerja bagi warga masyarakat juga sebagai penyaluran kreasi yang mempunyai arti tersendiri dan kadang dihubungkan dengan tradisi atau kepercayaan dan sumber kehidupan yang berkembang didalam masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa.

kain Batik semula hanya diperuntukkan bagi Kerabat Keraton di pulau Jawa, tapi sesuai perkembangan zaman akhirnya masyarakat luas bisa memakai dan membuat kerajinan batik ini. kain Batik hanya bisa dipakai sebagai piranti pada segi Magis Religius yang sampai sekarang masih digunakan pada upacara :

  • Upacara Pinangan memakai batik motif PAMILUTO
  • Upacara Pernikahan , sepasang pengantin memakai kain batik motif SIDOMUKTI, sedang orang tua memakai batik motif TRUNTUM .
  • Upacara Boyongan, pemilik rumah yang akan menempati rumah baru biasanya memakai batik motif TAMBAL .

Selanjutnya batik dapat menyesuaikan diri dengan kenyataan-kenyataan yang tumbuh berkembang dimasyarakat. Kain Batik yang semula hanya untuk dipakai dalam upacara Magis Religius ternyata sekarang Batik tidak hanya dipakai sebagai Nyamping dan Dodot oleh Kerabat Keraton saja. mengikuti arus zaman, kain Batik dapat dipakai oleh masyarakat umum sebagai kebutuhan sandang/busana maupun untuk keperluan rumah tangga dan lainnya, misal untuk taplak meja, sarung-bantal kursi, sprei, korden dan bahkan sekarang sebagai tutup galon Aqua, tutup lemari es, dll .

Batik Tulungagung

Saat ini di tulungagung ada 3 type menurut daerah pusat pembatikan, yaitu : Bangoan dan sekitarnya, Kalangbret dan sekitarnya, Majan dan sekitarnya, .

1. Batik Bagoan.

Batik Bangoan dibuat secara tulis kasar. Motif ini umumnya bermotif sekar jagad, semen, lereng dan sidomukti.  Warnanya coklat tua (soga) dan biru tua (wedelan). Pembuatanya dikerjakan secara kerokan (susukan).

2. Batik Majanan.

Batik ini dibuat secara tulis dengan tingkat sedang sampai halus. Motif ini bentuk buketan (bunga) ditengah-tengahnya dan bermotif gringsing sebagai motif dasar. Warnanya coklat (soga) warna dasar pada gringsing. Sedang pada buketan berwarna biru muda, kuning, biru tua, dan kadang-kadang warna violet dan merah yang dikerjakan dengan cara toletan. Sedang proses pengerjaannya secara lorodan.

3. Batik Kalangbret dan sekitaranya (Kambretan).

Dibuat secara tulis maupun cap. Tipe batik ini yaitu tulisnya dibuat secara sedang sampai halus dan pada buketannya tidak diberi warna warni hanya warna biru tua (wedelan) dan warna coklat (soga). Kalau batik cap-capan di daerah ini sangat banyak motif-motifnya. Hasil penggabungan dari motif-motif dari daerah lain, seperti: Solo, Banyumas, Yogyakarta, dan daerah lainnya, yang akhirnya menjadi motif khas batikdaerah Tulungagung. Sejalan dengan kemajuan jaman, di dunia batikpun mengalami hal yang serupa yaitu dibidang desain, prosesnya, maupun bahan dasar. Kemajuan perkembangan tersebut sesuai dengan permintaan pasar.

Awalnya batik hanya dikerjakan secara manual tulis, tapi selanjutan mengalami perkembangan yaitu secara cap, selanjutnya secara printing. Kemungkinan hari batikpun bisa mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan tekhnologi, mungkin juga bisa melalui foto copy.

Tekhnik Membuat Batik

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya PERKEMBANGAN BATIK DI TULUNGAGUNG

Tuesday 20 June 2017 | Blog, Diklat

Raditya Dika Novel Kambing Jantan. Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Sesuai tagline-nya, sebenarnya ini hanyalah kehidupan anak…

Monday 14 April 2014 | Blog

The English proper noun Sun dikembangkan dari Old English Sunne ( di sekitar 725  dibuktikan dalam…

Friday 4 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

UNDUH FORMULIR FK-OPMA Se-Kecamatan Jogoroto Kab Jombang

Sunday 29 June 2014 | Blog

Berikut ini adalah kisah alkisah tentang perkembangan MOTIF BATIK KUNINGAN yang tentunya ada di kuingan kami…