Perkembangan batik di AUSTRALIA Part II

MOTIF BATIK bangkok naptol 03 seriSetelah sebagian besar terbatas ke Papunya pada 1970-an  gerakan lukisan berkembang pesat pada 1980-an  menyebar ke Yuendumu  Lajamanu  Utopia dan Haasts Bluff di Northern Territory  dan Balgo  Western Australia” . By 1990-an kegiatan kesenian telah menyebar ke banyak komunitas seluruh Australia utara termasuk yang didirikan sebagai bagian dari gerakan Outstation  seperti Kintore  Northern Territory dan Kiwirrkurra Komunitas  Australia Barat “ .  Sebagai gerakan berevolusi  tidak semua seniman merasa puas dengan lintasan “ .  Apa yang dimulai sebagai ekspresi kontemporer pengetahuan dan identitas ritual itu semakin menjadi barang dagangan  sebagai keberhasilan ekonomi lukisan menciptakan tekanan tersendiri dalam masyarakat “ .  Beberapa seniman yang kritis terhadap pekerja pusat seni  dan menjauh dari lukisan  kembali perhatian mereka untuk ritual “ .  Seniman lain yang memproduksi karya-karya yang kurang terhubung dengan jejaring sosial yang telah secara tradisional bertanggung jawab untuk desain “ .  Sementara gerakan itu berkembang  namun pertumbuhannya tidak memperlambat : setidaknya 10 komunitas seni lukis dikembangkan di Australia tengah antara 1990-an dan 2006 “ .

MOTIF BATIK bangkok naptol 03 merahKoperasi seni adat telah menjadi pusat munculnya seni adat kontemporer “ .  Padahal banyak seniman barat mengejar pelatihan formal dan bekerja sebagai individu  kebanyakan seni adat kontemporer dibuat dalam kelompok-kelompok masyarakat dan pusat seni “ .  Pada tahun 2010  badan tertinggi yang mewakili pusat seni sentral Australia adat  Desart  memiliki 44 pusat anggota  sedangkan Asosiasi Utara  Kimberley dan Arnhem Aborigin Artists ( ANKAAA )  badan tertinggi bagi masyarakat Australia utara  memiliki 43 pusat anggota centres” . The mewakili sejumlah besar seniman – ANKAAA memperkirakan bahwa pada tahun 2010 organisasi anggotanya termasuk sampai 5000 artists” . The sejumlah besar orang yang terlibat  dan ukuran kecil tempat di mana mereka bekerja  berarti bahwa kadang-kadang seperempat hingga setengah dari anggota masyarakat adalah seniman  dengan kritikus Sasha Grishin menyimpulkan bahwa masyarakat termasuk ” tertinggi konsentrasi per kapita seniman manapun di dunia” .