MUSEUM BUDAYA INDONESIA (TERMASUK BATIK) PADA TAMAN MINI INDONESIA INDAH

MOTIF BATIK m154 latar merah cabeMuseum ini dirancang sebagai bagian integral dari seluruh Taman Mini Indonesia Indah kompleks “ . “ Hal itu dimaksudkan sebagai pusat belajar budaya Indonesia   one stop untuk belajar tentang Indonesia  “ . “ Museum dan seluruh kompleks TMII dibangun dan diresmikan pada tahun 1975 di bawah perlindungan Ibu Tien Suharto “ . “ Museum ini rumit dihiasi dengan patung-patung dan ornamen Bali “ . “ Dibangun dengan gaya arsitektur Bali yang indah “ . “ Beberapa gerbang besar Paduraksa dan Candi Bentar portal split gaya Bali  serta beberapa menara sudut menghiasi kompleks “ . “ Taman museum mengambil tema Ramayana Hindu epik  seperti jembatan ke bangunan utama mengambil bentuk Naga ular dengan Wanara tentara kera yang membangun jembatan untuk Lanka “ . “ Bangunan utama terdiri dari tiga lantai sesuai dengan filosofi Bali Tri Hita Karana  konsep yang menekankan tiga aspek kebahagiaan lengkap manusia  untuk memelihara harmoni dengan Tuhan  dengan sesama manusia  dan dengan alam “ .

MOTIF BATIK m154 latar hitamPameran permanen dan koleksi museum Indonesia diatur dalam tiga bagian yang terletak di setiap tiga lantai “ . “ Tema pameran lantai pertama adalah Bhinneka Tunggal Ika  Unity in Diversity  “ . “ Ini fitur gaun pengantin dan kostum formal yang tradisional 27 provinsi di Indonesia  provinsi di Indonesia 1975-2000  “ . “ Pameran ini juga menampilkan artforms Indonesia  seperti berbagai jenis tarian  wayang dan gamelan  juga kaca peta dicat Indonesia “ . “ Pameran ini menampilkan keragaman masyarakat dan budaya Indonesia dan juga merayakan pluralisme Indonesia  terbentuk dari berbagai bahasa  tradisi  agama  budaya  dan adat istiadat masyarakat Indonesia “ .

MOTIF BATIK m154 hijauManusia Dan Lingkungan  Manusia dan Lingkungan  adalah tema dari lantai pameran” . “ Ini dimaksudkan untuk menampilkan interaksi masyarakat Indonesia dengan alam dan lingkungannya “ . “ Pameran ini menampilkan rumah-rumah yang berbeda tradisional bangunan keagamaan  lumbung padi  dan tata letak rumah dan ruang hidup “ . “ Seperti rumah-rumah yang dibangun di atas platform tinggi  dibangun di atas pohon atau di sungai  dan berbagai gaya bangunan vernakular tradisional “ . “ Diorama bagian rumah tradisional Indonesia juga di layar  seperti Palembang wedding room  Jawa ruang tengah  dan dapur Batak “ . “ Benda-benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari  seperti untuk berburu  mengumpulkan  pertanian  dan pertanian juga objek di layar “ . “ Upacara tentang siklus hidup manusia juga ditampilkan  seperti mitoni  sevent bulan kehamilan  upacara  Turun Tanah upacara  upacara untuk bayi   Khitanan  sunat  upacara  Mapedes upacara  Bali kedatangan upacara usia memasukkan gigi cutting   Datuk  tokoh masyarakat tradisional upacara pelantikan  dan Minangkabau Pelaminan  singgasana pernikahan “ .

MOTIF BATIK m154 atar kuningSeni Kriya Dan  Seni dan Kerajinan  adalah tema dari lantai tiga “ . “ Ruangan menampilkan seni dan kerajinan masyarakat Indonesia tradisional dan kontemporer “ . “ Kerajinan tekstil tradisional seperti Songket  Tenun weaving   dan Batik di layar serta logam dan kayu kerajinan “ . “ The rumit tradisi ukiran kayu tradisional  seperti yang milik Jepara  Jawa Tengah   Bali  Toraja  dan budaya Asmat juga di layar di lantai ini “ . “ Inti dari bagian ini adalah ukiran kayu besar pohon Kalpataru  pohon kehidupan “ . “ Ini delapan meter dan tinggi empat meter lebar pohon melambangkan alam dan semesta dan berisi lima elemen dasar  udara air  angin  bumi  dan api “ . “ Inti The menyimpulkan menampilkan seluruh museum “ . “ Kadang-kadang museum ini juga menampilkan pameran non – permanen atau sementara dengan tema tertentu  seperti topeng  topeng tradisional   tekstil tradisional  senjata  lukisan  juga seni dan kerajinan demonstrasi  seperti batik atau wayang kulit pembuatan “ . “ Bangunan lain dalam kompleks museum adalah taman Bali  Bale Panjang  Bale Bundar  dan bangunan Soko Tujuh yang tersedia untuk sewa untuk menjadi tuan rumah acara-acara publik atau swasta “ . “ The Indonesia museum adalah tujuan populer bagi pengunjung lokal dan internasional  mahasiswa  dan kadang-kadang VIP  tamu resmi negara  sebagian besar untuk menangkap sekilas keragaman budaya yang kaya Indonesia dalam satu kunjungan  one stop untuk belajar tentang Indonesia  “ .