MOTIF BATIK SULAWESI

tak hanya dimiliki oleh orang Jawa orang Sulawesi juga memiliki motif batik yang beraneka ragam motifnya. contoh batik Sulawesi Selatan memiliki motif-motif seperti Toraja Bugis dan Makassar sulawesi. Sulawesi Selatan Batik umumnya menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan batik Jawa namun tetap memiliki kekhasan sendiri baginya.

Batik Sulawesi / Sumber: http://www.indonesiaberprestasi.web.id

batik seperti yang sekarang dikenal ada yaitu teknik menghias dengan menahan warna atau celup rintang memakai lilin malam di Indonesia sudah dikenal batik dengan teknik lebih sederhana daripadanya. cikal bakal batik dapat ditelusuri dari Kain Sarita dari Tanah Toraja di Sulawesi Selatan yang memakai bubur ketan dan lilin lebah sebagai perintang warna khas. Sarita dari Toraja Sulawesi Selatan memakai teknik menahan warna selain memakai bubur ketan juga menggunakan bahan dari lilin lebah yang khas. pertama kali dikerjakan di daerah pegunungan yang terisolasi sehingga ada dugaan Indonesia memiliki cikal bakal batik dari dalam wilayahnya. TT Soerjanto kurator pada Museum Batik Kuno Danar Hadi (Solo) dan juga mantan Kepala Balai Pengembangan Batik di Yogyakarta bahwa produk kain yang mengalami proses celup rintang ini dikenal sejak abad V di Tanah Toraja makassar. bentuk yang lebih primitif justru sudah dimiliki oleh orang Toraja.

Batik Toraja/Sumber: https://www.facebook.com/pages/Batik-Banget-Indonesia-KBBI

wajar bila perjalanan dalam rentang waktu yang cukup panjang 15 abad telah menjadikan batik sebagai satu wahana ungkapan dunia pikir atau kosmologi yang pernah hidup. Tidak sekadar wahana ungkapan estetik belaka nyata. batik masyarakat mengungkapkan dunia pikir yang hidup pada zamannya yaitu meliputi kepercayaan mitos konsepsi penciptaan kehidupan jagat raya harmoni hidup etika adat istiadat. Sulawesi Tengah rata-rata mendatangkan bahan baku tekstil batik dari Jawa namun pembuatan motifnya dilakukan oleh masyarakat pengrajin batik di Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu dan motifnya sesuai dengan ciri khas motif lokal Palu sana. batik-batik di Sulawesi Tengah kebanyakan menggambarkan motif burung maleo motif bunga merayap motif resplang motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili ataupun motif bunga dan buah cengkeh yang merupakan hasil alam.

Batik Sulawesi/Sumber: http://www.indonesiaberprestasi.web.id

merupakan identitas budaya bangsa yang penting untuk terus dilestarikan adanya. juga merupakan potensi ekonomi yang potensial untuk diberdayakan adanya. pula batik di Sulawesi Utara yang masih potensial untuk dikembangkan potensinya. masyarakatnya yang sangat dinamis terbuka dan bahkan sangat menghargai nilai estetika di bidang sandang pangan papan. sudah ada pioneer batik seperti batik Bentenan dan batik Pinabetengan semua kita hargai untuk memperkaya khasanah perbatikan di Sulawesi Utara indonesia. masyarakat Diharapkan Sulawesi Utara untuk mengembangkan potensi batik karena batik tidak sekadar untuk mengangkat nilai dan tradisi kebudayaan bangsa tapi juga batik bisa memberikan nilai ekonomis sehingga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakatnya makassar.

motif batik m246

motif batik m245.,

motif batik m245 ungu