MOTIF BATIK PADANG

Memang Padang lebih terkenal dengan masakan Padangnya yang gurih. kita tak perlu ke Padang untuk menikmati aneka masakannya saja. dimana-mana terdapat warung makan Padang dan harganya pun sangat terjangkau harganya. Padang Batik atau dalam bahasa Minangkabau disebut batik tanah liek (tanah liat) adalah jenis kain batik yang berasal dari Minangkabau padang. batik tanah liat karena batik ini menggunakan tanah liat dalam proses pewarnaannya yang unik. batik Padang antara lain motif kaluak paku motif pucuk rebung motif rangkiang. batik tanah liek dahulu hanya digunakan untuk acara-acara adat dan dipakai oleh para pemuka adat saja sedangkan sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

batik tanah liek dahulu hanya digunakan untuk acara-acara adat budaya. pemuka adat seperti Datuak (penghulu atau kepala adat) Bundo Kanduang (pemimpin wanita di Minang) raja-raja kecil di Sungai Pagu Solok Jambu. Lunto sawah dan Sijujung memakai batik. batik ini dipakai sebagai perlengkapan adat bisa berupa selendang atau saluak. Datuak memakai selendang dengan melingkarkannya di leher sedangkan untuk kaum wanita melampirkan selendang itu di bahu dengan ujung kain pertama dililit dua kali di bahu kiri dan ujungnya disampirkan di tangan kanan melalui bagian belakang.

Padang batik agak sulit ditemukan tapi sekarang sudah mulai digiatkan kembali agar batik ini mudah ditemukan dan dinikmati. satu yang berusaha menaikkan kembali batik Tanah Liek adalah Ranah Minang Inaaya yang mempunyai showroom batik Padang di Marapalam. Padang Batik memiliki ciri khas unik dalam pemilihan corak. pewarna dasar kain berupa tanah liat dengan cara merendam dasar kain yang belum dibubuhi motif batik. ini bisa memakan waktu lebih dari satu hari untuk mendapatkan ketahanan warna ttanah yang menyatu dengan kain seratnya. kain dicuci bersih lalu proses pembatikan alami. Batik Padang kebanyakan hitam kuning merah ungu tua. warna karena batik ini enggunakantanah liat sebagai pewarna alami. Batik Padang menggunakan pewarna alam dan juga pewarna sintetis adanya. Batik Padang diantaranya yaitu motif kaluak paku motif pucuk rebung motif rangkiang motif itik pulang patang motif parang rusak motif tumbuhan merambat atau akar berdaun keluk daun pakis. motifnya yang menyerupai atau sama dengan Batik Banyumas Indramayu Solo dan Jogja jawa tengah.

motif batik m244 latar ijo barong kunyit

motif batik m244 latar hijauuu

motif batik m243 seri