MOTIF BATIK DEMAK

2006 Batik Demak mulai dirintis kembali di wilayah pesisiran dengan motif yang sangat khas yaitu perpaduan motif pesisiran dan pertanian serta terdapat perpaduan corak Majapahit. Kembali berbagai macam corak atau motif khas Demak. corak yang digambarkan pada Batik Demak terinspirasi dari sejarah Kerajaan Demak. ornamen yang terdapat di Masjid Agung Demak diantaranya gambar bledeg (petir) burung phoenix dan bulus selain itu ada juga motif buah seperti belimbin jambu. Dengan perpaduan motif pesisiran dan pertanian ciri khas batik tulis Demak semakin berbeda. Motif batik ini tidak hanya bicara soal sejarah dan kekayaan alam tetapi juga memadukan motif klasik dengan motif batik.

Batik Demak Motif Semangka Tegalan
Sumber: http://batik-khasdemak.blogspot.com

pembatikan masih dilakukan dengan teknik batik. Batik Demak sebagian besar masih menggunakan bahan pewarna alami seperti dedaunan meski ada juga yang menggunakan pewarna sintetis. Masing-masing motif memiliki makna. bledeg misalnya membawa pesan cukup. meredam perangai. mengenakan batik bledeg ini perangai pemakainya diharapkan menjadi lembut. Masjid Agung yang dipadu dengan motif bunga. masjid itu dibuat dalam pola. menonjolkan bentuk masjid yang dipadu kekayaan.

Batik Demak Motif Masjid Agung Demak
Sumber: http://hariansemarangbanget.blogspot.com

burung Phoenix atau motif burung Hong yang di dalamnya memiliki nilai keindahan sekaligus kegagahan juga menjunjung tinggi sebuah prestasi kebajikan. Phoenix cukup dikenal di negeri Tiongkok. Burung ini memiliki keindahan warna dan corak pada bulunya. Keindahan juga tampak dibagian bentuk tubuhnya yang gagah. Motif batik berlambang burung phoenix ini juga dikenal sebagai motif Lok Can. Kalau menginginkan aura kebajikan maka sering-seringlah mengenakan batik.

Batik Demak Motif Burung Phoenix
Sumber: http://education-shofianahapsari.blogspot.com

belimbing dan jambu merupakan buah yang menjadi ciri khas dari kota Demak bahkan sebagi ikon Demak. Keberadaan buah belimbing yang populer sejak zaman Sunan Kalijaga dengan tembang Ilir-ilirnya. Batik pesisir Kabupaten Demak mengangkat kombinasi ceplok bunga dan sulur-sulur. Ideal untuk dikenakan sehari-hari karena hanya dengan membalik lembaran kain dapat diperoleh dua gaya satu untuk pagi satunya lagi. bermotif pagi-sore disiasati untuk memiliki motif latar motif tepi warna dan isi yang bernuansa ganda agar dalam satu hari dapat dua kali diapakai.

motif batik m243 saur pink

motif batik m243 saluur pink

motif batik m243 salur kunyit