Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

MOTIF BATIK BANTEN

May
25
2014
by : .... Posted in : Blog

terakhir batik Banten menjadi pembicaraan karena baru diketahui bahwa ternyata masyarakat Banten sudah mempunyai tradisi membatik sejak abad 17 dimana kala itu dikenal yang namanya selimut batik atau Simbut. Sejak masa kejayaan Banten. Banten mulai dikembangkan lagi pada tahun 2002 ketika seorang arkeolog menemukan peninggalan Kerajaan Banten. Arkeolog tersebut ingin memperkenalkan ragam hias yang di dapat selama penelitian arkeologi di situs Banten Lama. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan lebih kurang 75. memperkenalkan ragam hias tersebut dipilihlah media batik sebagai sarana yang paling mudah untuk memasyarakat. Sampai sekarang ini sudah lebih dari 50 ragam hias yang dituangkan dalam bentuk kain batik bahkan 12.

Banten memiliki tampilan warna yang sangat meriah gabungan dari warna warna pastel yang berkesan ceria. cocok dalam menggambarkan karakter orang Banten yang memiliki semangat tinggi cita-cita tinggi karakter yang ekspresif. dipengaruhi oleh air tanah yang dalam proses pencelupan mereduksi warna-warna terang menjadi warna pastel.

Banten pun muncul sebagai salah satu batik yang mempunyai ciri khas dan keunikan yang berbeda dari batik lain. Banten merupakan rekonstruksi dari pola hias gerabah dan keramik lokal peninggalan Keraton Kesultanan Banten. Pola hias ini sudah ditetapkan dan merupakan pola khas. Batik Banten banyak mengandung filosofi yang berasal dari toponim yang diambil dari nama tempat bangunan maupun ruang dari situs Banten Lama dan juga dari nama gelar di masa Kesultanan. mengambil nama tempat diantaranya adalah Pamaranggen Pancaniti Pasepen Pajantren Singayaksa Pasulaman Datulaya Srimanganti.

Datulaya yaitu tempat tinggal atau tata ruang keluarga di Kesultanan Banten. Motif ini memiliki dasar belah ketupat berbentuk bunga dan lingkaran dalam figura sulur-sulur daun. Warna yang digunakan motif dasar berwarna biru variasi motif pada figura sulur-sulur daun berwarna abu-abu. Nama datulaya ini diambil dari tempat tinggal Sultan Maulana Hasanuddin. Datu itu artinya pangeran laya artinya tempat tinggal. Batik Banten juga ada yang berwarna dasar abu-abu agak lembut menunjukkan simbol watak orang Banten yang keras tapi sederhana memiliki cita-cita.

Motif yang mengambil nama gelar diantaranya Sabakingking (gelar dari Sultan Maulana Hasanudin) Kawangsan (nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Wangsa dalam penyebaran agama Islam) Kapurban (nama gelar yang diberikan kepada pangeran Purba dalam penyebaran agama Islam) Mandalikan).

batik banten sekarang ini sudah mulai memasyarakat. sekolah sekarang ini sudah menggunakan batik banten untuk seragam. hias bangunan artefak Banten Lama yang dijadikan motif batik tersebut kini juga kembali digunakan dalam ragam hias bangunan Masjid Agung di Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi.

motif batik m243

motif batik m242.,.,.

motif batik m242 sip

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya MOTIF BATIK BANTEN

Friday 23 June 2017 | Blog, Diklat

Download Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-51/PB/2017 tanggal 16 Juni 2017, tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor…

Monday 12 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Kasus dugaan korupsi tunjangan profesi tenaga medis di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas sudah bergulir di Pengadilan…

Wednesday 16 April 2014 | Blog

Perlengkapan Proses Batik Cap & Tahap-Tahap Batik Cap a begitu. Kasur (Bantalan) Bantalan Kasur ini terbuat…

Friday 6 October 2017 | Blog

Download Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-78/PB/2017 tanggal 05 Oktober 2017, tentang Batas Maksimum Pencairan…