MOTIF BATIK BANDUNG

zaman sebelum kemerdekaan Batik Bandung dibuat oleh para perajin di sekitar pinggiran Cikapundung sungai. Akan tetapi pada saat ini penginggalannya sudah tidak ampasnya. batik Bandung berkembang dan lebih mengedepankan desain kontemporer dan modern mengingat Bandung sebagai kota kreatif inovatif. Akan tetapi ada pula beberapa motif kedaerahan yang pernah dikembangkan dengan baik. beberapa daerah pengembangan Batik Bandung diantaranya berada di daerah Cigadung yakni daerah dekat Taman Makam Pahlawan Cikutra bandung. Wilayah ini ada beberapa tokoh yang berkiprah dalam pengembangan batik Jawa Barat bandung. industri kerajinan batik yang berada di daerah Sarijadi dan Bojong Koneng bandung.

batik Bandung berkaitan erat dengan kerajaan Pajajaran bandung. naskah kuno Siksa Kanda Ing Karesian telah dikenal berbagai motif batik di Rakean Darma siksa (1175-1297) bandung. batiknya antara lain motif Ragen Penganten Kampuh Jayati dan lain lain. Tetapi motif-motif ini hilang bersamaan dengan lenyapnya kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar tahun 1579. Ada beberapa motif yang berhasil direka ulang yakni motif Ragen Penganten kembang Muncang Jayanti dan Banyak Ngantrang yang kemudian dikenal sebagai motif batik Pakuan Pajajaran bandung. inilah yang diterapkan pada Batik Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

wilayah dimana batik khas Kabupaten Bandung Barat berkembang salah satunya adalah batik Lembang bandung. Lembang batik muncul di daerah kayu ambon pada tahun 2007 atas prakarsa salah seorang kolektor batik nasional. awalnya daerah ini hanya menjual batik dari berbagai daerah lambat laun daerah ini memproduksi batik dengan motif sendiri yang tersinspirasi dari kearifan tanah Lembang bandung. beberapa motif yang dikembangkan antara lain motif kenanga bintang boscha papatong pucuk teh kawung stroberi dan pinus itulah motifnya.

motif batik m248 .,.

motif batik m248 .,

motif batik m248