MOTIF BATIK ACEH

Aceh Batik bukan sekedar batik dengan segala keindahan. terdapat makna falsafah kehidupan yang menjadi kearifan lokal dan pedoman hidup masyarakat. Batik Aceh antara lain motif pintu Aceh motif tolak angin bunga jeumpa rencong awan meucanek awan berarak gayo pucok reubong dan lain.

Pintu Aceh menunjukkan ukuran tinggi pintu yang rendah menggambarkan kepribadian. Radat Aceh memang berpintu rendah namun di dalamnya memiliki ruangan. melambangkan kepribadian rakyat Aceh yaitu rakyat Aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka dengan orang asing namun dapat menjadi sangat baik bahkan bagaikan saudara kandung bila sudah saling mengenal satu sama lainnya. Tolak Angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi pada rumah adat. Melambangkan bahwa masyarakat Aceh cenderung mudah untuk menerima perbedaan.

Bungong Jeumpa atau bunga jeumpa (bunga kantil) diambil karena banyak terdapat di Aceh dan bentuknya. bisa dikatakan bahwa motif yang satu ini bernuansakan alam dan mengandung unsur natural. Rencong diambil dari salah satu nama senjata khas. merupakan senjata tradisional Aceh rencong salah satu senjata tajam yang menyerupai belati namun berbeda dengan pisau atau pedang jika di Pulau Sumatra bentuknya. Aceh mempercayai bahwa bentuk rencong dapat mewakili simbol. populernya senjata khas Aceh yang satu ini sehinga Aceh juga dikenal dengan sebutan yang khas.

Aceh sering menggunakan motif-motif tersebut sebagai busana formal. tradisi masyarakat Aceh busana batik Aceh pun disesuaikan dengan hukum syariat. batik perempuan biasanya diwarnai dengan model panjang. tidak hanya dijadikan busana melainkan juga dibuat produk lainnya seperti mukena topi tas dompet. dua sampai tiga bulan lamanya untuk membuat satu lembar kain. sejak ada teknik membatik yang lain (cap printing painting bahkan sablon) pembuatan batik bisa dua sampai tiga. Batik Aceh diproduksi bukan melalui tangan-tangan trampil membatik orang Aceh tetapi dari mesin-mesin pencetak batik.

Aceh terkena musibah tsunami Batik Aceh mulai gencar mendapat pembinaan dari pemerintah terutamanya melalui Dewan Kerajinan Nasional. beberapa tempat di Aceh seperti Banda Aceh dan Lhokseumawe terdapat sentra. melatih para pengrajin batik lokal sengaja didatangkan pelatih dari Jawa solo. Aceh dapat kita temukan di sentra batik di Desa Meunasah Manyang Kabupaten Aceh.

motif batik m237.,

motif batik m237 gradasi 2

motif batik m237 gradasi