Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Mengenal 5 Motif Batik Yogya

May
03
2014
by : .... Posted in : Blog

Batik dari Jawa Tengah yang terkenal adalah batik Yogya. Pada dasarnya memiliki corak batik dengan dasar putih. Ini dia:

1. Motif Kawung

Kawung

Motif Kawung

Motif batik tulis dengan zat pewarna Napthol dan digunakan sebagai kain panjang atau jarik. Filosofi dalam batik ini adalah sebagai lambang keadilan dan keperkasaan. Motif ini berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara simetris. Motif ini kadang diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang mekar. Teratai adalah bunga yang melambangkan kesucian dan umur panjang. Umumnya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif digambar. Contohnya : Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil-kecil. Sedangkan Bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar dari pada kawung jenis Picis. Ini sesuai dengan nama Bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis. kalau kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Bribil disebut Sen.

2. Motif Parang Kusumo

Motif Parang Kusumo

Motif Parang Kusumo

Motif Batik Tulis dengan zat pewarna Napthol dan digunakan sebagai kain saat tukar cincin atau tunangan. Motif ini mengandung suatu makna bahwa suatu kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan dan usaha dalam mencapai keharuman batin dan lahir. Ini bisa disamakan dengan harumnya suatu bunga. Kehidupan dalam masyarakat yang paling utama harus kita dapatkan adalah keharuman pribadi tanpa harus meninggalkan norma-norma dan nilai yangada. Mungkin sulit untuk diwujudkan. Tapi pada umumnya orang Jawa berharap bisa menempuh suatu kehidupan yang boleh dikatakan sempurna lahir batin yang diperoleh atas jerih payah dari tingkah laku dan pribadi yang benar. Bagi orang Jawa yang paling utama agar dapat terhindar dari bencana lahir dan batin.

3. Motif Truntum

Batik Truntum

Motif Truntum

Motif batik tulis dengan zat pewarna Soga. Dipakai saat pernikahan/wedding. Diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) bermakna cinta yang terus tumbuh. Ia menciptakan motif ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat dan abadi serta semakin lama terasa semakin subur berkembang (tumaruntum). Motif ini biasanya dipakai oleh orang tua pengantin pada hari pernikahan dengan harapan agar cinta kasih yang tumaruntum ini akan menghinggapi kedua mempelai sekalian. Dimaknai pula bahwa orang tua berkewajiban untuk “menuntun” kedua mempelai untuk memasuki kehidupan berkeluarga.

4. Motif Tambal

batik tambal

Motif Tambal

Motif batik tulis dengan zat pewarna soga alam sama seperti truntum. Unsurnya adalah parang, ceplok, meru, dll dengan ciri khas kerokan atau bergaris-garis. Biasa digunakan sebagai kain panjang/jarik. Filosofi dalam motif ini adalah ada kepercayaan bila orang sakit menggunakan kain ini sebagai selimut tidur, maka sakitnya cepat sembuh karena tambal artinya menambah semangat baru.

5. Motif Pamiluto

Batik Pamiluto

Motif Pamiluto

Motif ini menggunakan zat pewarna Soga Alam yang digunakan sebagai kain panjang saat pertunangan kedua mempelai. Unsur di dalamnya adalah Ceplok, Parang, Truntum, dan lsebagainya. Filosofi yaitu Pamiluto berasal dari kata “pulut” berarti perekat. agar bisa kepilut (tertarik).

5 motif diatas, batik Jogja juga mempunyai banyak motif lainnya yang menjadi ide lahirnya batik-batik kontemporer.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Mengenal 5 Motif Batik Yogya

Wednesday 21 June 2017 | Blog, Diklat

Proses pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) di Kabupaten Kapuas sudah berjalan sekitar 92,5 persen atau sebanyak…

Sunday 23 July 2017 | Blog, Diklat

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.01/2017 tanggal 5 Juli 2017, tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Investasi…

Thursday 6 July 2017 | Blog, Diklat

Ringkasan Khutbah Jum’at 26 Mei 2017 di Masjid Polsek Dusun Selatan di Buntok . إنَّ الـحَمْدَ…

Wednesday 19 July 2017 | Blog, Diklat

Jumlah kunjungan ke perpustakaan daerah Kabupaten Kapuas terus meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai 500%. Hal ini tentu…