Macam – Macam Model Batik dan Motif yang Perlu Diketahui

Busana batik ini memang bagus sekali dan kalau ngomongin batik memang ga ada selesainya. Sebuah warisan kebudayaan yang sudah mendunia ini memang sudah kuno, tapi masih bisa tampil modern dan menjadi tren.

Sekarang akan mengulas tentang macam – macam Model Batik dan Motif yang perlu diketahui. Baju batik harus dipakai dengan tepat atau sesuai. Atau mungkin teman2 pernah mengalami beberapa kasus saltum alias salah kostum gara-gara memakai batik malah di acara yang salah atau dengan cara yang salah. Sekarang akan dishare macam – macam Model Batik dan Motif.

1.  Batik Untuk Kerja

Untuk pemilihan bahan batik, pilih bahan katun adalah pilihan yang paling pas. Karena nyaman, kain katun memberikan kesan rapi dan tegas. Kalau untuk desain busana, pola desain yang sederhana akan memberi kesan professional dan menarik. Penggunaan aksesori seperti tali pinggang atau aksesori lainnya bisa dicoba untuk memperindah penampilan.

2.  Batik Untuk Ke Pesta

Kalau yang satu ini batik paling sering digunakan untuk pergi ke pesta perkawinan atau acara formal. Kalau pergi ke acara pesta, bisa memakai batik dengan motif yang agak ‘heboh’ atau berani, contohnya batik dengan kombinasi gelap dan warna pastel. Tetapi pastinya pemilihan motifnya harus disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Motif baju batik yang cocok dipilih untuk acara formal biasanya adalah batik bermotif flora atau fauna dengan paduan warna terang dan cerah. Jenis bahan yang digunakan bisa terbuat dari katun, tenun, crepe silk, atau sutra satin. Pola desain baju juga bisa agan buat secantik-cantiknya.

Sekian tips asik tentang macam – macam Model Batik dan Motif yang perlu diketahui, diharapkan semoga bisa menambah pengetahuan tentang batik sebagai warisan budaya yang sangat tinggi nilai seninya.