Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Cara Memilih Batik Yang Benar

May
01
2014
by : .... Posted in : Blog

Beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan teman-teman dalam cara memilih batik yang benar-benar berkualitas bagus, ada 5 hal yang penting itu akan dibahas, sedang untuk batik sendiri adalah salah satu warisan budaya INDONESIA yang sudah mendunia.

Kain batik yang merupakan salah satu identitas negara ini mulai populer lagi serta dilestarikan. Setiap daerah pun di Indonesia mempunyai khasnya sendiri dalam batik, teman-teman mungkin juga sering bingung dalam memilih batik apa yang digunakan. Jika ingin memilih busana batik, cara memilih batik yang benar dan perlu diperhatikan berikut ini.

1. Bahan

Dan yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat kain batik, terdiri dari cara membatik dan bahan kain. Jenis bahan kain untuk batik beragam dari katun biasa sampai kain sutra. Kain sutra menjadi pilihan bahan yang berkualitas untuk membuat batik kelas atas. Kain sutra memang lebih nyaman untuk dipakai tetapi harganya biasaya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan yang lain.

Setelah bahan kain, teknik membatik-pun bisa menjadikan harga batik yang lebih mahal, contohnya batik tulis mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknik lukis. Ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget. Tidak semua batik tulis berkain sutra dapat membuat tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

2. Fitting/Ukuran

Size ukuran ini sangat sensitif sekali karena memang sangat penting dalam memilih baju, busana batik banyak yang siap pakai mempunyai ukuran yang kurang pas, lengan yang lebar, terlalu panjang atau lebar, dan sebagainya. Juga perlu diketahui sytle batik kebanyakan diperuntukan memakai baju batik yang dikeluarkan bukan yang dimasukkan kedalam celana atau bawahan, jadi karena itu perlu diperhatikan apakah terlalu pendek atau panjang.

3. Warna

Sebagian besar dalam batik itu terdiri dari warna “tanah” dan warna corak/motif batik. Yang diperhatikan dalam memilih warna batik adalah warna dominan dasar batik atau biasa disebut background. Background warna dasar inilah yang bisa digunakan patokan ketika memilih batik untuk dapat dipadu padankan dengan pakaian yang lain. Warna terang atau gelap tergantung pilihan untuk acara yang akan dikunjungi. Saat acara kasual bisa menggunakan warna-warna yang cerah atau terang, misal merah, ungu, atau kuning. Kalau untuk acara formal bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom.

4. Casual atau Formal

Saat membeli batik tentunya anda sudah memutuskan untuk memperhatikan nantinya batik ini mau dipakai dalam acara semi formal atau malah casual atau formal? Sebenarnya tidak ada patokan untuk membedakan mana yang formal mana yang casual tapi perlu diketahui jika bisa saja salah motif baju batik. Harus bisa membedakan mana yang formal dan mana yang casual. Tidak sulit untuk membedakan casual atau formal. Perhatikan adalah element penting dalam batik yaitu warna dasar dan motif. Batik motif casual biasanya memiliki motif flora atau fauna ataupun yang lainya dan mempunyai warna dasar dominan yang cerah. Ada kemeja lengan pendek atau batik kasual bisa saja dalam bentuk polo shirt dan mempunyai model-model yang bervariasi mulai dari jahitan yang berwarna atau dari mengkombinasikan corak batik yang satu dengan yang lainnya. Kalau batik formal lebih ke bentuk kemeja yang tidak terlalu banyak variasi model hanya sekedar simpel dan minimalis serta mempunyai satu corak motif batik dengan warna-warna yang lebih elegan dan soft.

5. Motif

Ditanah air Indonesia sangat kayak akan agama, budaya, ras, dan suku. Karena itu tiap daerah punya khas masing-masing dalam baju batiknya, itu juga yang menjadikan unik. Tidak salah eksplor motif-motif batik yg khas dan unik, seperti motif “mega mendung” menjadi motif khas pada batik Trusmi Cirebon atau motif batik Kalimantan yang khas berbeda dengan motif batik daerah lainnya. Bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik serasi dan sesuai.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Cara Memilih Batik Yang Benar

Saturday 12 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kapuas, baru 20%. Pada tahun ini, Dinas Kependudukan dan…

Monday 4 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang

Friday 25 April 2014 | Blog

Fashion desain adalah seni penerapan desain dan estetika atau keindahan alam untuk pakaian dan aksesoris .…

Saturday 30 September 2017 | Blog

Puluhan motor dinas yang digunakan jajaran anggota Kodim 1011/KLK, diperiksa jajaran Subdenpom Kapuas XII/2-4 KPS, dan…