Batik Lukis Adalah merupakan proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih

Batik lukis : Proses pembuatan batik lukis yaitu pertama siapkan kain katun atau sutera seluas bidang lukis yang diademkan. dibuat sket atau coretan-coretan atau apapun tergantung dari masing-masing orang yang ingin membuatnya karena terkadang untuk langsung menuangkan ekspresi seninya pembatikan di atas kain dilakukan tanpa menggunakan sket atau coretan-coretan terlebih dahulu namun langsung mencoretkan malam dengan canting ataupun kuas di atas kain putih. batik lukis ini seringkali pembatikan dan pewarnaan dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang dipesan. Penggunaan malam ke kain ini tidak semudah menggambar dikertas menggunakan pensil tulis.

 

Sumber: http://artkimianto.blogspot.com

 

pada pewarnaan untuk menciptakan efek-efek khusus gradasi atau efek-efek yang lainnya terkadang selain kuas digunakan juga kapas atau potongan kain putih. terpenting dalam proses pembuatan batik lukis ini adalah perpaduan antara pengerjaan pembatikan dan pewarnaan yang tergantung dari cita rasa seni pembuatnya itu sendiri. pembuatan batik lukis ini sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang diinginkan karena terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat terwujud. jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan mendapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah. kelebihan dari lukisan batik dibanding lukisan. Jika Lukisan yang indah akan terlihat pada kain setelah proses pelorodan malam batik dilakukan dengan baik.

Sumber: http://rncraft.files.wordpress.com

sebagai hiasan batik lukis juga bisa dimanfaatkan sebagai fashion dan busana siap. Gambar yang sering dibuat untuk batik lukis yaitu motif gambar burung ikan pemandangan nuansa Ubud Bali kegiatan sehari-hari dan lain lain.