Balutan Batik Buatan Siswa SMA Sokaraja

Memperingati hari batik nasional di kota Banyumas, Vokalis grup band Kotak Tantri Syalindri Ichlasari, memakai baju batik yang dibuat anak SMA Negeri Sokaraja dengan rasa senang. Tantri bersama vokalis grup band Naff, tampil memakai baju batik banyumasan bermotif plumbon.

“Sebenarnya ini acaranya mendadak. Saya merasa kaget diajak kesini, saat diminta memakai batik saya tidak menolak. Saya sangat bangga memakai batik, sebab ini juga batik hasil buatan anak-anak SMA sini. Jadi untuk apa malu menggunakan busana batik”, katanya disela-sela kegiatan yang digelar SMA Negeri Sokaraja.

Kehadiran Tantri di SMA Negeri Sokaraja menjadi pusat perhatian guru dan siswa. Ia juga mengenakan ikat kepala bermotif batik yang semula dipergunakan sebagai ikat pinggang pakaiannya. “Ooh kalau ini sebenarnya buat ikat pinggang, tapi karena penyanyi rocker, ya bisa dipakai untuk ikat kepala,” ujarnya.

Saat acara, Tantri juga menyempatkan membatik dengan menggunakan cap dan canting. Selasai membatik Tantri mengakui pekerjaan membatik lebih sulit ketimbang menyanyi. “Saya duga membatik itu sangat mudah, tapi ternyata sulit, lebih mudah menyanyi daripada membatik,” ujarnya

Dalam event kegiatan hari batik nasional dikota Banyumas yang digelar di SMAN Sokaraja, Tantri sempat mengikuti acara workshop membatik dan juga sempat mengampanyekan kepada para siswa yang datang agar tidak malu mengenakan busana batik. “Jangan merasa malu untuk mengenakan busana batik, bule saja mau menggunakan batik masa kita sendiri tak mau memakainya”, katanyanya di hadapan siswa.

Tantri mengatakan bahwa dirinya baru memiliki satu koleksi batik banyumasan dan ingin menjadi duta batik Indonesia. “Ooh ya mau banget kalau jadi duta batik,” ujarnya. Jika si cantik Tantri saja sudah bangga menggunakan batik karya anak Indonesia, selanjutnya bagaimana dengan Batiklover?