Survei: Orang Pakai Batik karena Bangga & Cinta Indonesia

Batik merupakan salah satu ciri khas Indonesia diluar negeri. Tidak heran bila banyak orang suka memakai pakaian batik. Banyak alasan pun mereka lontarkan saat ditanya tentang mengapa mereka suka pakai batik dalam berbagai aktifitas. Menurut survei yang dilakukan wolipop, sebanyak 64 persen orang bangga memakai batik karena cinta Indonesia. Memakai batik itu menunjukkan citra bangsa dan waktu pakai rasanya bangga akan produk asli Indonesia, kata Febri melalui akun Twitternya.

Beberapa juga yang mengungkapkan alasan memakai batik agar batik tidak dilupakan oleh generasi muda serta tidak diakui oleh bangsa lain. Masalahnya kalo pakai batik itu Indonesia banget dan biar batik nggak dilupain sama generasi muda ujar Chika dan tambah Soraya. Para responden wanita dari 134 orang yang menjawab survei wolipop secara online.

Disamping bangga dengan negeri Indonesia, beberapa responden gemar menggunakan karya budaya nenek moyang Indonesia karena motifnya yang cantik serta nyaman dikenakan. Dan sebagian dari mereka juga menganggap corak batik sangat unik dan memiliki khas. Seorang responden bernama Ristra menambahkan bahwa saat ini potongan serta corak batik telah dikembangkan sehingga membuat anak muda tidak merasa tampak tua ketika memakai baju batik. Pakaian batik sekarang model dan motifnya sudah dimodernisasi dan mengikuti tren, so sebagai anak muda pun tidak merasa tua kalau pakai pakaian batik.

Bukan hanya itu saja tapi sekitar 17 persen responden mengaku senang mengenakan batik karena dapat dipakai ke berbagai acara atau event. Sopan dan simpel. Jadi tidak saltum (salah kostum) kalau pakai baju batik, pergi ke meeting kantor atau event resmi, satu dress batik cukup, hanya saja beda sepatu dan akseseoris. Salah satu twit Triana diaccountnya.

Apa sudah terbiasa memakai pakaian batik? Coba, pertahankan warisan budaya negeri ini dengan ikut menggunakannya saat aktivitas sehari-hari. Janagn lupa membiasakan diri mengetahui sejarah serta proses pembuatan batik agar semakin cinta dengan karya budaya bangsa sendiri.