Seni kontemporer Penduduk Asli Australia ( juga dikenal sebagai seni Aborigin Australia kontemporer ) adalah karya seni modern yang diproduksi oleh Penduduk Asli Australia

MOTIF BATIK serat kayu naptolSeni kontemporer Penduduk Asli Australia ( juga dikenal sebagai seni Aborigin Australia kontemporer ) adalah karya seni modern yang diproduksi oleh Penduduk Asli Australia “ . “ Hal ini umumnya dianggap sebagai mulai tahun 1971 dengan gerakan lukisan yang dimulai di Papunya  sebelah barat laut dari Alice Springs  Northern Territory  yang melibatkan artis seperti Clifford Possum Tjapaltjarri dan Kaapa Tjampitjinpa  dan difasilitasi oleh guru Australia putih dan seni pekerja Geoffrey Bardon “ . “ Gerakan ini melahirkan minat yang luas di pedesaan dan terpencil Aborigin Australia dalam menciptakan seni  sedangkan seni adat kontemporer dari sifat yang berbeda juga muncul di pusat-pusat perkotaan ; bersama-sama mereka telah menjadi pusat seni Australia “ . “ Pusat seni adat telah memicu munculnya gerakan seni kontemporer  dan pada 2010 diperkirakan mewakili lebih dari 5000 seniman  terutama di utara dan barat Australia “ .

 

MOTIF BATIK bangkok naptol 03,.Seniman adat kontemporer telah memenangkan banyak hadiah seni yang paling menonjol Australia “ . “ The Wynne Prize telah dimenangkan oleh seniman adat pada setidaknya tiga kesempatan agama bertema Blake Prize pada tahun 2007 dimenangkan oleh Shirley Purdie dengan Linda Syddick Napaltjarri finalis pada tiga kesempatan terpisah  sedangkan Clemenger Contemporary Art Award dimenangkan oleh John Mawurndjul pada tahun 2003 dan Judy Watson pada tahun 2006 “ . “ Ada hadiah seni bagi para seniman nasional pribumi Aborigin Nasional & Torres Strait Islander Art Award yang pada tahun 2013 dimenangkan oleh Jenni Kemarre Martiniello dari Canberra “ . Seniman adat termasuk Rover Thomas  telah mewakili Australia di Venice Biennale tahun 1990 dan 1997 “ . “ Pada tahun 2007  sebuah lukisan karya Emily Kngwarreye  Penciptaan Bumi  adalah yang pertama karya seni adat untuk menjual lebih dari $ 1 juta “ . “ Memimpin seniman adat telah memiliki pameran tunggal di galeri Australia dan internasional  sementara pekerjaan mereka telah dimasukkan dalam kolaborasi besar seperti desain Musée du quai Branly “ . “ Karya-karya seniman kontemporer adat dipegang oleh semua galeri publik utama Australia  termasuk National Gallery of Australia  yang pada tahun 2010 membuka sayap baru yang didedikasikan untuk koleksi pribumi “ .