Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Sejarah kain ikat di indonesia lengkap dengan motifnya

Apr
17
2014
by : .... Posted in : Blog

MOTIF BATIK M35 biruIkat  atau Ikkat  adalah teknik pencelupan digunakan untuk pola tekstil yang mempekerjakan menolak proses pencelupan yang mirip dengan tie-dye baik pada warp atau pakan serat sebelum menenun “ . “ Kata ikat berasal dari mengikat kata Indonesia ‘ untuk mengikat ‘ “ . “ Bindings  yang menolak penetrasi pewarna  yang diterapkan pada benang dalam pola yang diinginkan dan benang yang dicelup “ . “ Perubahan binding dan pencelupan lebih dari satu warna menghasilkan rumit  pola warna-warni “ . “ Ketika semua pencelupan selesai binding yang dihapus dan benang siap untuk ditenun menjadi kain “ . “ Mendefinisikan karakteristik dari ikat adalah pencelupan pola  dengan cara binding  menjadi benang sebelum konstruksi kain  tenun kain  berlangsung “ . “ Di sinilah letak perbedaan antara ikat dan tie- dye “ . “ Dalam tie- dye kain tenunan pertama dan menolak binding kemudian diterapkan pada kain yang dicelup “ . “Dalam warp ikat pola yang jelas terlihat dalam benang lungsin pada alat tenun bahkan sebelum pakan berwarna polos diperkenalkan untuk menghasilkan kain “ . “ Warp ikat adalah  antara lain  diproduksi di Indonesia  lebih khusus lagi di Kalimantan  Sulawesi  Sumatra oleh masing-masing Dajaks  Torajas dan Batak “ . “ Dalam pakan ikat itu adalah tenun atau benang pakan yang mengusung pola dicelup yang hanya muncul sebagai hasil tenun “ . “ Dalam pakan ikat hasil tenun jauh lebih lambat dibandingkan di warp ikat sebagai lintasan benang pakan harus hati-hati disesuaikan untuk mempertahankan kejelasan pola “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK M26 hijauGanda Ikat adalah teknik di mana kedua lungsin dan pakan adalah menolak – dicelup sebelum merangkai pada alat tenun “ . “ Ikat ganda hanya diproduksi di tiga negara : India  Jepang dan Indonesia “ . “ The ikat ganda Jepang adalah jenis Kasuri “ . “ Hal ini tenun di kepulauan Okinawa di mana itu disebut Tate – yoko gasuri “ . “ Di Indonesia hanya dibuat di satu desa Bali Aga kecil  Tenganan di Bali timur” . “ The ikat ganda dari India terutama tenun di Gujarat dan disebut patola “ . “ Ikat adalah kata bahasa Indonesia  yang tergantung pada konteks  bisa menjadi kata benda : kabel  benang  dan kain simpul ikat selesai serta kata kerja  untuk mengikat  atau  mengikat  “ . “ Ia memiliki hubungan etimologis langsung ke bahasa Jawa dari kata yang sama “ . “ Dengan demikian  nama ikat jadi kain tenun berasal dari tali  benang  tali  menjadi ikat  terikat  terikat  diikat  sebelum mereka sedang dimasukkan ke dalam celupan  dicelup dengan cara mencelupkan   kemudian berjalin anyaman  terjalin  menghasilkan berjalin – ikat dikurangi menjadi ikat “ . “

 

MOTIF BATIK m23 soga kuningPendahuluan dengan ikat istilah ke dalam bahasa Eropa disebabkan Rouffaer “ . “ Ikat sekarang menjadi bahasa Inggris loan – kata generik untuk menggambarkan salah satu atau kedua proses dan kain sendiri – dimanapun dan bagaimanapun kain dapat tenunan atau bergaya etnik atau melalui motif tenun” . “ Bahasa tegasnya : jamak dari tenun ikat di Indonesia tetap ikat “ . “ Namun dalam bahasa Inggris sufiks jamak Saxon  ‘ s ‘  umumnya ditempelkan  seperti di ikat dan juga dalam bahasa lain “ . “ Semua benar  meskipun untuk ortografi  artikel ini nikmat asli Indonesia “ . “ Ikat adalah gaya tenun hampir universal umum untuk banyak budaya dunia “ . “ Kemungkinan  itu adalah salah satu bentuk tertua dari dekorasi tekstil “ . “ Di Amerika Tengah dan Selatan  apa yang dicap sebagai ikat masih umum di Argentina  Bolivia  Ekuador  Guatemala dan Meksiko “ . “ Pada abad ke-19  oasis gurun Silk Road of Bukhara  Samarkand  Kashgar dan Hotan  di tempat yang sekarang Uzbekistan dan Xinjiang Uyghur Otonomi di Asia Tengah  yang terkenal dengan sutra halus mereka Uzbek / Uyghur ikat “ . “ Pola bunga ikat secara tradisional digunakan di Eropa pada Mallorca  Spanyol “ . “ India  Jepang dan banyak negara Asia Tenggara seperti Kamboja  Myanmar  Filipina dan Thailand memiliki tenun budaya dengan sejarah panjang produksi Ikat “ . “artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK m23 biruIkat ganda masih endemik Guatemala  India  Jepang dan Indonesia : khusus : Bali  Jawa  Kalimantan  Borneo  dan Sumatera “ . “ Gaya tenun ikat sangat bervariasi “ . “ Banyak motif desain mungkin memiliki makna etnis  ritual atau simbolik atau telah dikembangkan untuk perdagangan ekspor “ . “ Secara tradisional  ikat adalah simbol status  kekayaan  kekuasaan dan prestise “ . “ Karena waktu dan keahlian yang terlibat dalam tenun ikat  beberapa budaya percaya kain dijiwai dengan kekuatan magis “ . “

 

MOTIF BATIK M14 stabiloSeperti kain tenun jarang bertahan selama lebih dari beberapa abad adalah sangat sulit  jika bukan tidak mungkin  untuk menentukan di mana teknik ikat berasal “ . “ Mungkin dikembangkan di beberapa lokasi yang berbeda secara mandiri “ . “ Ikat dikenal untuk diproduksi dalam beberapa pra-Columbus Tengah dan Amerika Selatan budaya “ . “ Uyghur menyebutnya atlas dan hanya digunakan untuk pakaian wanita “ . “ Hal ini tercatat ada 27 jenis etles selama Qing pendudukan “ . “ Sekarang hanya ada 4 jenis Uyghur atlas yang tersisa  yaitu Qara – atlas  Darayi  yang warna hitam  digunakan untuk wanita yang lebih tua pakaian   Khoja’e – atlas  termasuk kuning  biru  warna ungu  digunakan untuk wanita yang sudah menikah   Qizil – atlas  warna merah  digunakan untuk anak perempuan  dan Yarkant – atlas  Khan – atlas  “ . “ Yarkant – atlas memiliki lebih gaya  Selama Yarkant Khanate  abad ke-16   itu sepuluh gaya yang berbeda “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK M14 orangeIkat dibuat oleh pencelupan warp adalah lebih sederhana untuk membuat dari baik ikat pakan atau ikat ganda “ . “ Pertama materi baik itu katun sutra  wol atau lainnya  terikat ke dalam bundel “ . “ Bundel dapat ditutupi dengan malam  sesuai batik   dibungkus erat dengan benang atau pewarna tahan materi lain – untuk mencegah yang tidak diinginkan dye permeasi “ . “ Menolak prosedur dye diulang tergantung pada pewarnaan yang diinginkan bundel warp “ . “ Beberapa pewarnaan umum membutuhkan beberapa ikatan dan retying “ .

 

MOTIF BATIK M14 kunoBundel baru dicelup dan dicuci terikat sebagai melengkung  string memanjang  ke alat tenun “ . “ Pola biasanya diputuskan oleh penenun sebagai benang lungsin terikat “ . “ Benang lungsin disesuaikan untuk penyelarasan yang diinginkan untuk motif yang tepat “ . “ Beberapa gaya ikat mendukung penampilan kabur “ . “ Amerika Selatan dan ikat Indonesia dikenal untuk tingkat tinggi seperti warp keselarasan bahwa mungkin menyerupai dicetak  bukan kain tenun “ . “ Penenun akan menyesuaikan warp berulang kali sebagai tenun berlangsung untuk mempertahankan pola keselarasan “ . “ Keterampilan terletak pada penenun bertindak dasarnya sebagai heddle selektif yang selektif secara manual mengambil benang lungsin sebelum melewati shuttle melalui resultan mini – gudang  “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK M14 biru lasem ungu mudaPola hasil dari kombinasi dari zat warna lungsin dan benang pakan warna “ . “ Umumnya vertikal – sumbu refleksi atau  gambar cermin  simetri digunakan untuk menyediakan simetri pada pola – lebih sederhana : pola apapun atau desain yang dijalin di sebelah kanan  digandakan di sebelah kiri dalam urutan terbalik  atau secara berkala  tentang kelompok benang lungsin pusat” . “ Pola dapat dibuat di vertikal  horizontal atau diagonal “ . “ Menggunakan ikat pakan menolak – dye untuk pakan saja “ . “ Varians dalam warna benang pakan berarti pola justru digambarkan lebih sulit untuk menenun “ .

 

MOTIF BATIK M14 biruSebagai pakan ini umumnya penyimpangan untai terus menerus atau variasi dalam pewarnaan bersifat kumulatif “ . “ Ikat pakan yang biasa digunakan di mana pola presisi menjadi perhatian estetika kurang dari kain yang dihasilkan secara keseluruhan “ . “ Beberapa pola menjadi diubah oleh proses tenun ke dalam desain yang tidak teratur dan tidak menentu “ . “ Ikat Guatemala adalah baik terkenal karena indah  mengaburkan  dalam pewarnaan “ . “ Gambar-gambar yang tepat dari Jepang Kasuri ikat adalah contoh yang baik dari ikat pakan “ . “ Ikat ganda dibuat dengan mengikat kedua lungsin dan pakan sebelum tenun “ . “ atau lebih khusus  menggunakan berbagai tie- dye menolak teknik “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK M11 Orange HijauBentuk tenun yang paling memerlukan keterampilan untuk pola yang tepat untuk tenun dan dianggap bentuk premier ikat “ . “ Jumlah tenaga kerja dan keterampilan yang diperlukan juga membuatnya yang paling mahal  dan banyak imitasi berkualitas buruk membanjiri pasar wisata” . “ Contoh India dan Indonesia melambangkan sangat tepat ikat ganda “ . “ Terutama berharga adalah ikat ganda tenun sutra terkenal di India dan Indonesia sebagai patola tunggal : patolu  “ . “ Ini adalah biasanya dari Gujarat  Cambay  dan digunakan sebagai kain perdagangan bergengsi selama puncak perdagangan rempah-rempah “ . “  Di Indonesia ikat ganda hanya tenunan di desa Bali Aga Tenganan “ . “ Kain ini memiliki makna spiritual yang tinggi “ . “ Di Tenganan mereka masih dipakai untuk upacara tertentu “ . “ Di luar Tenganan  geringsing yang berharga karena mereka konon memiliki kekuatan magis “ . “ The ikat ganda Jepang tenun di kepulauan Okinawa dan disebut Tate – yoko gasuri “ . “ Pochampally Sari  berbagai dari sebuah desa kecil di distrik Nalgonda  Andhra Pradesh  India dikenal untuk sarees sutra indah yang tenun di ganda Ikat  dasi dan pewarna  gaya “ . “ Sebelum tenun dilakukan  proses manual berkelok-kelok dari benang yang disebut Asu perlu dilakukan “ . “ Proses ini memakan waktu sampai 5 jam per saree dan biasanya dilakukan oleh kaum hawa  yang menderita tekanan fisik yang luar biasa karena terus bergerak tangan mereka bolak-balik lebih dari 9000 kali untuk setiap saree “ . “ Pada tahun 1999  seorang penenun muda C Mallesham mengembangkan sebuah mesin yang otomatis proses Asu  sehingga mengembangkan solusi teknologi untuk masalah yang belum terpecahkan selama puluhan tahun “ . “ The ikat Kamboja adalah ikat pakan tenun sutra di tenun multi- poros dengan menenun twill merata yang menghasilkan benang pakan menunjukkan lebih menonjol di bagian depan kain dari belakang “ . “ Pada abad ke-19  ikat Kamboja dianggap di antara tekstil terbaik di dunia” . “ Ketika Raja Thailand datang ke AS pada tahun 1856 ia membawa sebagai hadiah untuk Presiden Franklin Pierce kain ikat Kamboja halus “ . “ Yang paling rumit bermotif kain Kamboja adalah sampot hol – rok yang dikenakan oleh perempuan – dan hiasan pidans – dinding yang digunakan untuk menghias pagoda atau rumah untuk upacara khusus “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK m08 biruSayangnya  budaya Kamboja mengalami gangguan besar-besaran dan kehancuran selama pertengahan abad ke-20 Indochina perang tetapi terutama selama rezim Khmer Merah “ . “ Sebagian besar penenun tewas dan seluruh seni tenun ikat Kamboja berada dalam bahaya menghilang “ . “ Kikuo Morimoto adalah pelopor terkemuka di re – memperkenalkan tenun ikat ke Kamboja “ . “ Pada tahun 1995  ia pindah dari Jepang dan terletak satu atau dua penenun wanita tua dan korban Khmer Merah yang tahu seni dan telah mengajarkannya kepada generasi baru “ . “  Thailand  jenis ikat lokal kain tenun dikenal sebagai matmi  juga dieja ‘ Mudmee ‘ atau ‘ Mudmi ‘  “ . “ kain Mudmi Tradisional ditenun untuk penggunaan sehari-hari di kalangan bangsawan “ . “ Kegunaan lain termasuk kostum seremonial “ . “ Warp ikat kapas juga diproduksi oleh suku-suku Karen dan Lawa di Thailand utara” . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

MOTIF BATIK m02 pinkJenis kain sutra adalah item favorit ditenun oleh orang etnis Khmer yang tinggal di Isaan selatan  terutama di Surin  Sisaket dan Buriram “ . “ Pola ikat adalah umum di antara orang-orang Andes  dan orang-orang asli Argentina  Bolivia  Brazil  Chili  Kolombia  Ekuador  Guatemala  Meksiko  Peru  dan Venezuela “ . “ Selendang Mapuche terkenal atau poncho dari  huaso  koboi dari Chile adalah salah satu yang paling terkenal untuk orang Barat “ . “ Wol dan serat Cabuya yang paling sering digunakan “ . “ The Rebozos Meksiko yang terbuat dari bahan katun impor yang warp ikat dicelup dengan indigo menggunakan pembungkus benang lusi untuk menolak” . “ Amerika Selatan ikat  Jaspe  seperti yang diketahui penenun Maya  tekstil biasanya ditenun pada back- tali alat tenun “ . “ Benang lungsin pra – dicelup adalah barang umum di pasar tradisional hemat penenun banyak kekacauan  biaya  waktu dan tenaga kerja “ . “ Sebuah Amerika Selatan inovasi yang juga dapat digunakan di tempat lain adalah dengan menggunakan putaran tongkat sekitar yang benang lungsin yang “ . “ dibungkus dalam kelompok  sehingga memungkinkan kontrol yang lebih tepat dari desain yang diinginkan The  corte  – adalah rok bungkus khas digunakan dikenakan oleh wanita Guatemala “ . artikel ini di persembahkan oleh ” indokabana.com spesialis kain abtik warna warni cerah ”

 

Sumber  : en.wikipedia.org

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Sejarah kain ikat di indonesia lengkap dengan motifnya

Monday 4 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kepada Yth: Kepala SMP Negeri se-kota Surabaya di – SURABAYA Dalam rangka Pembinaan Tenaga Kependidikan Tahun…

Tuesday 27 December 2016 | Blog

“We can’t solve problems by using the same kind of thinking we used when we created…

Thursday 8 June 2017 | Blog

Lima perwira di Polres Kapuas bergeser. Serah terima jabatan dilaksanakan di halaman Mapolres Kapuas, Selasa (6/6/2017).…

Monday 21 April 2014 | Blog

Motif batik mewarnai lagu dunia, Batik Tribe adalah Hop Band Hip yang dimulai pada awal tahun…