Pola Paisley atau Paisley adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk desain menggunakan boteh atau buta motif sayuran tetesan berbentuk asal Persia

motif batik MIX 061Pola Paisley atau Paisley adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk desain menggunakan boteh atau buta  motif sayuran tetesan berbentuk asal Persia “ . “ Desain seperti menjadi sangat populer di Barat pada abad ke-18 dan ke-19  menyusul impor versi pasca – Mughal desain dari British India  terutama dalam bentuk selendang Kashmir  dan kemudian ditiru lokal “ . “ Pola ini kadang-kadang disebut  acar Persia  oleh tradisionalis Amerika  terutama selimut pembuat  atau  pir Welsh  dalam industri tekstil Welsh sejauh 1888” . “ Menyerupai tetesan air mata memutar  yang paisley berbentuk ginjal adalah asal Iran dan India  tetapi nama barat yang berasal dari kota Paisley  Scotland di pusat kota  pusat tekstil di mana desain paisley diproduksi “ . “ Di Iran desain  yang dikenal sebagai Boteh Jegheh  telah digunakan di Iran sejak Dinasti Sassanid ( AD 224 AD 651 ) “ .

motif batik MIX 059Beberapa ahli desain percaya itu adalah konvergensi semprot bunga bergaya dan pohon cemara : simbol Zoroaster kehidupan dan keabadian “ . “ Sebuah motif floral yang disebut Buteh  yang berasal dari Dinasti Sassanid ( 200-650 AD ) dan kemudian di Dinasti Safawi Persia ( 1501-1736 )  adalah pola tekstil utama di Iran selama Dinasti Qajar dan Pahlevi Dinasti “ . “ Dalam periode ini  pola yang digunakan untuk menghias regalia kerajaan  mahkota  dan pakaian pengadilan  serta tekstil yang digunakan oleh masyarakat umum “ . “ Menurut sejarawan Azerbaijan  desain berasal dari zaman kuno Zoroastrianisme dan merupakan ekspresi dari esensi agama itu “ . “ Ini kemudian menjadi elemen dekoratif banyak digunakan dalam budaya Azerbaijan dan arsitektur “ . “ Pola ini masih populer di Iran dan Selatan dan negara-negara Asia Tengah” . “ Hal ini ditenun menggunakan benang emas atau perak pada sutra atau tekstil berkualitas tinggi lainnya untuk hadiah  untuk pernikahan dan acara-acara khusus “ . “ Di Iran dan Uzbekistan penggunaannya melampaui pakaian – lukisan  perhiasan  lukisan dinding  tirai  taplak meja  selimut  karpet  taman lansekap  dan tembikar juga olahraga desain buta “ . “ Di Uzbekistan item yang paling sering ditemukan menampilkan desain adalah hiasan kepala doppi tradisional “ .

motif batik MIX 055Kata-kata Perancis modern untuk paisley yang boteh dan palme  yang terakhir menjadi referensi ke pohon palem  yang bersama dengan pohon pinus dan pohon cemara  adalah salah satu motif botani tradisional diperkirakan telah mempengaruhi bentuk dari elemen paisley seperti yang sekarang dikenal “ . “ Dalam berbagai bahasa dari India dan Pakistan  nama desain yang berhubungan dengan kata untuk mangga : Dalam Bengali : Kalka Di Tamil : mankolam  pola mangga “ . “ Dalam Marathi : koyari  biji mangga “ . “ Dalam Urdu : carrey  biji mangga  Di Punjabi : “ . “ Ambi  dari amb   Mangga Dalam bahasa Cina dikenal sebagai  pola ham “ .

motif batik MIX 054Impor dari East India Company pada paruh pertama abad ke-17 membuat paisley dan pola India populer lainnya  dan Perusahaan tidak dapat mengimpor cukup untuk memenuhi permintaan” . “ Itu populer di negara-negara Baltik antara 1700 dan 1800 dan diduga digunakan sebagai pesona pelindung untuk menangkal setan jahat” . “ Namun dalam budaya modern  pemuda Barat telah menggunakannya sebagai simbol pemberontakan “ .

motif batik MIX 053Produsen lokal di Marseilles mulai memproduksi massal pola melalui proses pencetakan tekstil awal di 1640 “ . “ Inggris  sekitar tahun 1670 dan Belanda  pada 1678  segera menyusul” . “ Hal ini  pada gilirannya  disediakan penenun Eropa dengan persaingan lebih dari yang mereka tahan  dan produksi dan impor paisley dicetak dilarang di Prancis oleh dekrit kerajaan 1686-1759 “ . “ Namun  penegakan dekat akhir periode yang lemah  dan Perancis memiliki industri manufaktur tekstil dicetak sendiri di tempat sebagai awal di 1746 dalam beberapa locales “ . “ Paisley bukan satu-satunya desain yang dihasilkan oleh printer tekstil Perancis ; permintaan untuk paisley yang menciptakan industri ada juga dimungkinkan produksi pola asli seperti toile de Jouy “ .

motif batik MIX 052Pada abad ke-19 produksi Eropa paisley meningkat  terutama di kota Skotlandia dari mana pola mengambil nama modern “ . “ Tentara yang kembali dari koloni dibawa pulang kasmir syal wol dari India  dan East India Company mengimpor lebih “ . “ Desain ini disalin dari sutra dan wol mahal Kashmir selendang dan disesuaikan terlebih dahulu untuk digunakan pada alat yang digerakkan tangan  dan  setelah 1820 pada Jacquard tenun “ .

motif batik MIX 051Dari sekitar 1800-1850  penenun dari kota Paisley di Renfrewshire  Skotlandia  menjadi produsen terkemuka selendang tersebut “ . “ Yang unik untuk mereka tangan – alat tenun dan alat tenun Jacquard mengizinkan mereka untuk bekerja dalam lima warna ketika sebagian besar penenun yang memproduksi paisley hanya menggunakan dua “ . “ Desain dikenal sebagai pola Paisley “ . “ Pada 1860 Paisley bisa menghasilkan syal dengan lima belas warna  yang masih hanya seperempat dari warna dalam paisleys multicolor kemudian masih diimpor dari Kashmir “ .

motif batik MIX 049Selain tenun – tenun kain  Paisley menjadi tempat utama untuk pembuatan kapas dicetak dan wol di abad ke-19  menurut Museum Paisley Skotlandia dan Galeri Seni “ . “ Pola paisley sedang dicetak  bukan tenunan  ke tekstil lainnya  termasuk kotak kapas yang merupakan prekursor dari bandana modern” . “ Mampu membeli paisley dicetak bukan tenunan paisley membawa harga mahal pola turun dan ditambahkan ke popularitasnya “ . “ Tempat-tempat utama pembuatan untuk paisley dicetak adalah Inggris dan wilayah Alsace di Perancis “ .