Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Motif Batik menjadi Kajian Yang Menarik

Apr
23
2014
by : .... Posted in : Blog

SEBUAH KAJIAN BATIK MAJAPAHIT ERA SEKARANG DI WILAYAH MOJOKERTO DENGAN PENDEKATAN ETNOGRAFI OLEH NIKEN WIJAYA – UNS. Dalam penelitian yang menarik ini Niken mempunyai Tujuan penelitian ini adalah mengkaji Batik Majapahit era sekarang di wilayah Mojokerto menggunakan pendekatan etnografi, menarik bukan?. Sebuah Penelitian dirumuskan dalam tiga tiga pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan Batik Majapahit Era sekarang, Bagaimana latar belakang sosial-budaya yang melandasi munculnya Batik Majapahit di Mojokerto pada masa sekarang? Apa saja motif yang dikembangkan dalam Batik Majapahit era sekarang dan bagaimana makna yang ada di belakangnya? Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi imbuhnya.

Seuah Metode dan pendekatan tersebut untuk merekam gambaran etnografis dan menafsirkan fenomena Batik sekarang. penelitian di Mojokerto dengan nara sumber pengrajin batik Mojokerto yang memproduksi Batik Majapahit arkeolog Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan budayawan dan peneliti yang peduli pada pelestarian peninggalan kerajaan. penelitian hasilnya adalah sebagai berikut: Batik Majapahit adalah batik yang dikerjakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah bekas kerajaan Majapahit (Mojokerto) dan batik tersebut secara visual terinspirasi oleh peninggalan-peninggalan hasil dari kebudayaan Majapahit kerajaan. Motif Batik Majapahit ini masih dalam proses membentuk dirinya dalam arti masih dalam proses membentuk identitas mencari ciri khas banget. Pengaruh sosial-budaya munculnya Batik Majapahit di Mojokerto adalah dorongan maupun keinginan melestarikan warisan kebudayaan nenek moyang yang telah mencapai puncak peradabannya di masa kerajaan Majapahit tempo dulu. Ragam motif Batik Majapahit era sekarang mulai dari motif tumbuhan seperti Bunga Matahari Buah Mojo Parang Mojo songo.

Dari lingkungan alam seperti Lerek Kali mojokerto. Gambar binatang yaitu Alas Mojopahit Batik Wader Segaran serta Sisik Geringsing yang terkenal. yang lebih menarik motif dari peninggalan kebudayaan Majapahit seperti simbol Majapahit berupa ornamen berbentuk Surya Majapahit patung yang menginspirasi kawung serta percandian yang menhasilkan motif-motif batik candi seperti candi Brahu Candi Tikus Batik Gapura Bajang Ratu Wringin Lawang Perahu Layar yang terinspirasi oleh relief batu. juga motif Kepeng Cina Satrio Manah Mahkota Majapahit yang merupakan benda-benda peninggalan Majapahit dan motif gabungan seperti Carang Tabir Surya Teratai Surya Majapahit dan Lung Gapura Majapahit. Melalui visual motif yang diterapkan pada Batik Majapahit ingin mengkomunikasikan makna dan juga ingin mengingatkan kembali akan kebesaran peradaban yang telah dicapai Majapahit tempo dulu.

motif batik solo pekalongan sragen m14 serii

motif batik solo pekalongan sragen M14 orange

motif batik solo pekalongan sragen m14 meerah mudaa

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Motif Batik menjadi Kajian Yang Menarik

Thursday 22 June 2017 | Blog, Diklat

3 AMAL YANG PAHALANYA TIDAK┬áTERPUTUS Mei 27 Posted by H.A. ROZAK ABUHASAN – SERITANJUNG PALEMBANG KHUTBAH…

Saturday 22 July 2017 | Blog, Diklat

Mari berbicara diksi. Terkadang, kita bertanya-tanya, kenapa ada orang yang begitu hebat dalam berpidato dan orasi…

Sunday 1 October 2017 | Blog

Perusak rumah jabatan bupati Kapuas, BDW, yang masih melenggang bebas menuai pertanyaan warga. Terlebih, BDW masih…

Monday 4 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang