Menu

Membatik di Atas Mesin Kopi

Apr
05
2014
by : .... Posted in : Blog

Pada umumnya orang membatik selalu dilakukan di atas selembar kain dan sekarang, bagi Iwet Ramadhan tidak harus. Desainer batik sejak tahun 2010 itu melakukan terobosan, yaitu membatik di atas mesin Genio Nescafe Dolce Gusto merupakan alat pembuat kopi.

Percobaan yang dilakukan Iwet ini nantinya akan dipertandingkan di tingkat Asia pertandingan dibulan Oktober. Sebagai pemilik label busana batik TikiShirt itu akan mewakili Indonesia di acara Asian Design Contest tingkat asia. Pertandingan yang akan digelar pada pertengahan Oktober 2013 silam di Tokyo, Jepang ini merupakan kompetisi mendesain di atas mesin Genio Nescafe Dolce Gusto dengan tema ‘coffe can be art’ untuk membuat kesan yang prestige.

Bagaimana Iwet Ramadhan menghiasi mesin kopi dengan batik dapat ditemui di sebuah rumah di Jl. Prambanan, Pegangsaan, Menteng, Jakpus, Iwet bernama asli Wethandrie Ramadhan itu menunjukkan cara ia membatik di atas mesin Genio Nescafe Dolce Gusto (mesin kopi). Ketika membatik Iwet tetap menggunakan canting (alat yang digunakan untuk membuat batik tulis) dan cairan malam (wax) untuk membatik di atas mesin kopi. Kemudian bahan lainnya yang ia gunakan yaitu cat keramik, daun jati, sedikit cat akrilik.

Lilinnya berbeda dari biasanya yang digunakan membatik. Wax ini yang memang bisa digunakan di atas mesin kopi. Biar wax-nya nggak akan luntur karena mesin ini juga tidak panas.

Iwet memilih berkreasi dengan membatik di atas mesin kopi itu karena baginya kopi dan batik memiliki korelasi atau hubungan. Ini ia lakukan untuk menginspirasi anak muda jaman sekarang. Minuman kopi itu punya karakter dan sudah dinikmati dari jaman dulu. Sama juga dengan batik ada karakter dan sudah dikenal dari dulu. Motif batik sebenarnya bisa dibuat lebih fun dan diterima oleh anak muda kata Iwet yang juga berprofesi sebagai penyiar radio.

Sedang motif batiknyanya terinsiprasi ‘Sampek Engtay’ atau legenda kisah cinta abadi hasil akulturasi budaya Indonesia dan China. Sebab pria berkacamata itu memilih Sampek Engtay karena cerita ini sudah dikenal orang banyak dan di hampir semua negara diberbagai belahan bumi. Pola Sampek Engtay yang berupa kupu-kupu itu warnanya juga cerah, seperti kuning, hijau, merah, hitam, dan ungu. Hewan kupu-kupu juga dianggap sebagai simbol kebahagian dan cinta abadi.

Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan batik di atas mesin Genio Nescafe Dolce Gusto itu sekitar 10 hari. Membatik di atas permukaan mesin kopi membutuhkan ketekunan dan ketelitian karena sangat berbeda dengan membatik kain. Bagian permukaannya yang licin dan keras menjadi sebuah tantangan.

artikel lainnya Membatik di Atas Mesin Kopi

Thursday 5 October 2017 | Blog

Download Update Aplikasi GPP Satker 26-09-2017  Update Aplikasi GPP/BPP/DPP Satker versi tanggal 26 September 2017 ini…

Saturday 3 February 2018 | Blog

Download Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-2/PB/2018 tanggal 26 Januari 2018, tentang Batas Maksimum Pencairan Dana…

Tuesday 13 December 2016 | Blog

Contoh Laporan Penbelitian Tindakan Kelas Laporan penelitian tindakan kelas saya susun sebagi bukti telah Melaksanakan Publikasi…

Wednesday 18 October 2017 | Blog

1 – 100 of 125 Descriptive Analysis on Flouting and Hedging of Conversational Maxims in the…