Festival Fashion Bertema Batik di Museum Tekstil Jakarta

Sekarang banyak perhelatan fashion yang digelar di tanah air ini. Maraknya pagelaran mode yang identik dengan rancangan busana modern atau sedang tren bahkan akan mengadi tren. Sebuah Museum Tekstil Jakarta mencoba mengangkat tema yang lebih tradisional yaitu batik lewat acara berkonsep festival fashion.

Festival dengan tema ‘The Hidden of Indonesian Ethnic Fashion’ ini digelar di Museum Tekstil, JakPus, pada tanggal 21-25 November 2012 silam. Di event ini akan menampilkan desainer Tanah Air dengan berbagai rancangan busana batik yang dimilikinya. Bersamaan itu, diadakan kegiatan lain seperti talkshow, launching buku, workshop, lomba rancang busana, bazaar, dan lomba fotografi fashion untuk mahasiswa dan pelajar.

Tema utama adalah Batik Bantul Jogja. Sebab batik ini disebut-sebut unik dan sangat khas Indonesia karena merupakan jenis batik eksklusif yang dipakai di Keraton Yogya.

Dan pakaian batik yang kini banyak dikenakan pekerja kantoran maupun pejabat ternyata memiliki banyak teknik dalam pembuatan batik. Terdiri dari batik cap, tulis, dan kombinasi cap dan tulis. Itulah yang dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Bantul Drs Bambang Legowo dalam konferensi pers di Museum Tekstil Jakarta, JakPus, Rabu 21 November 2012 silam.

Melalui festival tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal warisan tradisional Tanai Air. Dikemas secara edukatif, elegan, dan eksklusif, event ini diharapkan dapat semakin menciptakan kecintaan masyarakat terhadap batik.