Fashion desain umumnya dianggap telah dimulai pada abad ke-19 dengan Charles Frederick Worth

motif batik m218 kunyit n pinkSeorang Fashion desainer bekerja dengan cara yang unik . Sebagian  sketsa ide-ide mereka di atas kertas  sementara yang lain menggantungkan kain pada gaun . Sewaktu seorang desainer benar-benar puas dengan fit dari toile ( atau muslin )  ia akan berkonsultasi dengan pembuat pola profesional yang kemudian membuat selesai  versi kerja dari pola dari kartu atau melalui sistem komputerisasi . Pekerjaan Pola pembuat adalah sangat tepat dan telaten . Fit dari pakaian jadi tergantung pada akurasi mereka . Finally  pakaian sampel terdiri dan diuji pada model untuk memastikan itu adalah pakaian operasional .

motif batik m218 biru muda- biru tuaFashion desain umumnya dianggap telah dimulai pada abad ke-19 dengan Charles Frederick Worth ini yang merupakan desainer pertama yang memiliki label dijahit ke pakaian yang ia ciptakan. Sebelum mantan draper mengatur couture maison nya ( rumah mode ) di Paris  desain pakaian dan penciptaan ditangani oleh penjahit sebagian besar anonim  dan fashion tinggi turun dari yang dipakai di pengadilan kerajaan. Keberhasilan Worth adalah sedemikian rupa sehingga ia mampu mendikte pelanggan apa yang harus mereka kenakan  bukannya mengikuti memimpin mereka sebagai penjahit sebelumnya telah dilakukan . The modiste Istilah sebenarnya pertama kali diciptakan dalam rangka untuk menggambarkan dirinya . Sementara semua artikel pakaian dari periode waktu yang dipelajari oleh para akademisi sebagai desain kostum  hanya pakaian dibuat setelah 1858 dianggap sebagai desain fashion .

motif batik M218Ia selama periode ini bahwa banyak desain rumah mulai menyewa seniman untuk membuat sketsa atau melukis desain untuk pakaian . Gambar-gambar yang ditampilkan untuk klien  yang jauh lebih murah daripada memproduksi baju sampel yang sebenarnya di ruang kerjanya . Jika klien menyukai desain mereka  mereka memerintahkan dan garmen yang dihasilkan membuat uang untuk rumah . Dengan demikian  tradisi desainer membuat sketsa desain garmen bukannya menampilkan pakaian diselesaikan pada model untuk pelanggan mulai sebagai suatu perekonomian.