Cara membatik untuk pemula

motif batik m212 ijo daunBatik adalah metode Jawa menghasilkan desain pada kain dengan menggunakan lilin menolak . Setelah kain dicat dengan desain lilin  ia ditempatkan dalam bak pewarna di mana hanya daerah tanpa lilin yang dicelup . Master batik dapat menghasilkan desain yang kompleks dengan layering warna dan menggunakan celah-celah dalam lilin untuk menghasilkan garis detail halus . Bahkan jika Anda tidak master  Anda bisa mendapatkan beberapa efek yang besar dengan hanya menggunakan beberapa bahan dan semangat kreatif . Pertama : Prewash kain Anda . Gunakan air panas untuk mencuci kain dalam deterjen ( seperti Synthrapol ) untuk menghilangkan bahan kimia dan kotoran yang dapat mempengaruhi pewarna . Kedua : Siapkan kain Anda dalam warna dasar . Warna dasar Ini adalah warna yang akan menunjukkan di bawah lilin menolak. Lelehkan lilin batik Anda . Batik lilin datang dalam batu bata yang perlu dicairkan baik pot lilin listrik atau double boiler . Gunakan hati-hati dengan lilin panas . Jangan panas itu di atas 240 ° seperti itu bisa mulai memancarkan asap atau bahkan terbakar . Hal ini tidak dianjurkan bahwa Anda memanaskan lilin di atas kompor . Pot lilin dan boiler ganda panas lilin perlahan-lahan dan pada panas yang lebih rendah . Peregangan kain Anda pada hoop bordir . Lingkaran itu akan menjaga kain diajarkan dan stabil yang memungkinkan Anda untuk menerapkan lilin dengan lebih presisi .

motif batik m212 kuniingKetiga : Jika Anda menerapkan desain untuk petak besar kain  Anda dapat meletakkan kertas atau karton di permukaan pekerjaan Anda tanpa peregangan pada ring a . Lilin akan menembus kain  sehingga permukaan pelindung bawah sangat dianjurkan . Mulailah menerapkan lilin dengan alat Anda . Berbagai alat akan menghasilkan kualitas garis yang berbeda  sehingga beberapa eksperimen sebelumnya dianjurkan . Keempat: Gunakan alat tjanting tunggal menyemburkan menggambar garis tipis dan desain . Ini adalah alat standar yang sangat serbaguna dan datang dalam berbagai ukuran cerat . Sebuah alat tjanting ganda menyemburkan menciptakan garis-garis sejajar dan juga dapat digunakan dalam mengisi wilayah yang lebih luas . Sikat juga dapat digunakan untuk menutupi area yang luas . Mereka dapat digunakan secara tradisional  secara garis besar  atau sebagai alat stippling untuk pola dot . Gunakan perangko untuk aplikasi bentuk seragam . Perangko dapat dibuat dari apa pun yang dapat mengambil panas dari lilin . Cobalah ukiran kentang menjadi bentuk  atau menggunakan ujung tangkai seledri untuk membasmi setengah lingkaran . Dapatkan siap untuk bak – mewarnai kain Anda . Ketika mempertimbangkan yang mewarnai warna untuk digunakan  dianjurkan agar Anda mulai dengan warna ringan pertama ( seperti kuning ) dan kemudian bergerak ke arah warna gelap .

motif batik m212 kuningKeenam : Cuci kain di Synthrapol . Larutkan pewarna Anda dengan mengikuti petunjuk pada kemasan. Beberapa pewarna ( seperti merah ) lebih sulit untuk membubarkan daripada yang lain . Ketujuh : Tambahkan dalam jumlah yang tepat garam tidak beryodium . Untuk 1/2 pound kain kering  tambahkan 1 1/2 cangkir garam . Untuk satu pon kain  menggunakan 3 cangkir garam . Menambahkan kain basah Anda . Aduk perlahan  tapi sering selama 20 menit . Mencampur soda abu Anda . Soda abu  atau natrium karbonat  digunakan untuk obligasi pewarna ke selulosa dalam serat . Larutkan abu dalam air hangat dan tambahkan ke dalam bak perlahan ( selama 15 menit )  berhati-hati untuk tidak membuangnya langsung ke kain (yang bisa menyebabkan perubahan warna ) . Untuk setiap 1/2 pon kain kering  tambahkan 1/6 cangkir garam . Untuk satu pon kain  gunakan 1/3 cangkir garam . Aduk perlahan  tapi sering selama 30 menit . Bilas kain Anda dan mencuci keluar kelebihan dye . Jalankan air dingin di atas kain Anda sampai berjalan jelas . Kemudian cuci dengan air panas menggunakan Synthrapol . Dengan beberapa warna gelap  seperti merah atau coklat  cuci kedua mungkin diperlukan untuk menghapus semua kelebihan dye . Biarkan kain kering .

motif batik m212 latar biruUlangi aplikasi lain lilin untuk menambah lebih lapisan warna dan desain . Dengan setiap lapisan tambahan yang ingin Anda tambahkan  ikuti langkah-langkah untuk bak pencelupan . Ingatlah untuk tub mewarnai warna tergelap Anda lalu. Hapus lilin . Ketika Anda selesai dengan semua pencelupan warna  Anda dapat menghapus lilin di salah satu dari dua cara :  Kedelapan : Rebus lilin keluar . Isi panci yang cukup besar untuk menampung kain dengan air dan beberapa tetes Synthrapol . Setelah air mulai mendidih  tambahkan kain Anda dan berat ke bawah dengan batu untuk menjaga lilin ( yang akan mengambang di atas ) dari re – bonding dengan kain . Setelah beberapa menit  lilin akan menarik diri dari kain . Setelah semua lilin tampaknya keluar dari kain  memungkinkan pot untuk mendinginkan sepenuhnya dan kupas lapisan lilin dari atas panci . Besi lilin keluar . Tempatkan kain di antara dua lembar kertas penyerap dan menjalankan besi atas kain terjepit . Lilin dapat meninggalkan residu  jadi gunakan hati untuk memastikan lilin akan dihapus . Berkala mengubah keluar kertas dapat membantu dalam penghapusan lilin .  Batik adalah metode Jawa menghasilkan desain pada kain dengan menggunakan lilin menolak . Setelah kain dicat dengan desain lilin  ia ditempatkan dalam bak pewarna di mana hanya daerah tanpa lilin yang dicelup . Master batik dapat menghasilkan desain yang kompleks dengan layering warna dan menggunakan celah-celah dalam lilin untuk menghasilkan garis detail halus . Bahkan jika Anda tidak master  Anda bisa mendapatkan beberapa efek yang besar dengan hanya menggunakan beberapa bahan dan semangat kreatif .