Bingata adalah tradisional menahan kain dicelup Okinawa dibuat dengan menggunakan stensil dan metode lainnya

MOTIF BATIK IMG_2312Bingata adalah tradisional menahan kain dicelup Okinawa  dibuat dengan menggunakan stensil dan metode lainnya “ . “ Hal ini umumnya berwarna cerah dan fitur berbagai pola  biasanya menggambarkan subyek alam seperti ikan  air  dan bunga “ . “ Bingata dipakai selama pertunjukan kesenian tradisional dan Ryukyu reenactments sejarah “ . “ Bingata tanggal dari Ryukyu Raya periode ( abad ke -14 c” . “ )  ketika pulau Okinawa mengalami masuknya barang asing dan teknik manufaktur “ . “ Hal ini diyakini telah dikembangkan sebagai sintesis dari India Cina  dan proses sekarat Jawa “ .

MOTIF BATIK IMG_2311Teknik yang digunakan diperkirakan berasal di Asia Tenggara (mungkin Java  atau mungkin China atau India ) dan tiba di Okinawa melalui perdagangan selama abad ke-14 “ . “ The Ryukyu Kingdom  mendominasi perdagangan antara Korea  Jepang  Cina  dan negara-negara Asia Tenggara pada abad kelima belas dan keenam belas abad  “ . “ The Okinawa meminjam teknik dan menciptakan alam – terinspirasi desain mereka sendiri ditemukan di seluruh pulau “ . “ flora dan fauna yang melimpah telah disediakan Okinawa dengan pasokan tak berujung gambar untuk mereproduksi ke dalam karya seni disebut bingata “ .

MOTIF BATIK IMG_2310Pada 1609 Jepang menyerbu Ryukyu Kingdom dan perdagangan dengan negara-negara asing dilarang “ . “ Jepang menuntut upeti dari Okinawa dalam bentuk kerajinan  dan orang-orang dipaksa untuk menghasilkan berbagai kain  termasuk kain yang disebut serat pisang jofu dan Kafu “ . “ Dalam rangka meningkatkan teknik mereka Okinawa mengundang pengrajin asing ke pulau dan memiliki Okinawa perjalanan ke luar negeri untuk  menguasai berbagai teknik kerajinan  “ . “ para pengrajin juga  dipaksa untuk lulus standar menuntut ditetapkan oleh otoritas kerajaan   dan karena itu barang-barang mereka mencapai tingkat tinggi keahlian dan sangat dicari “ . “ Dalam sebuah laporan dari utusan Cina tanggal 1802 penulis berbicara tentang bingata indah dari Okinawa dan bagaimana bunga dicat begitu bersemangat bahwa mereka harus menggunakan  rahasia produksi bahwa mereka tidak mengungkapkan kepada orang lain  “ .

MOTIF BATIK IMG_2309Pigmen yang digunakan dalam lukisan yang diimpor dari Fukien dan digunakan dalam pencelupan tekstil “ . “ Untuk mencapai warna putih  kapur tanah atau kerang bubuk yang digunakan “ . “ Warna lain yang dicapai dengan menggunakan cochineal  vermilion  arsenik  dan sulfur “ . “ Beberapa pola dapat menggunakan hingga 18 aplikasi warna yang berbeda “ . “ Setelah kerajaan berada di bawah kekuasaan Jepang Okinawa tidak bisa lagi perdagangan untuk pigmen ini dan mencari cara-cara baru untuk melanjutkan dengan lukisan mereka “ . “ Produksi halus dan cerah bingata telah datang untuk berhenti dan para pekerja berbalik untuk bekerja dengan bahan-bahan yang tersedia “ . “ Indigo adalah semua yang tersisa  sehingga produksi untuk masyarakat umum menjadi populer “ .

MOTIF BATIK IMG_2308Izin khusus diberikan hanya tiga keluarga untuk menghasilkan bingata “ . “ Setiap keluarga memiliki desain mereka sendiri yang mereka melewati ke generasi mendatang “ . “ Ada total 45 pencelup  yang bertempat tinggal terbaik di ibukota Shuri “ . “ Untuk membuat stensil  lembaran tipis kertas murbei yang direkatkan dengan kesemek tanin  membuat mereka tebal dan tahan lama “ . “ Kemudian mereka merokok dan berusia  dan akhirnya desain digambar di atas kertas dan dipotong “ . “ membuat kimono bingata hanya royalti padat karya  dan atau kaya mampu mereka “ . “ Desain diadakan di bawah pengawasan ketat  dan perbedaan antara kelas dengan mudah diakui oleh kimono yang dikenakan “ . “ Pola untuk rumah tangga kerajaan yang sangat berani dan berwarna-warni  sementara masyarakat umum memakai pola sederhana dan gelap indigo atau hitam “ . “ Hanya keluarga kerajaan mengenakan kuning  sementara bangsawan mengenakan biru pucat “ . “ Pada acara-acara khusus  rakyat jelata diberi izin untuk memakai warna-warna khusus tertentu “ . “ Para wanita di keluarga kerajaan yang sangat khusus tentang kimono mereka dan melarang siapa pun untuk menyalin sama kimono pola gaya “ . “ Pola dicat di kimono biasanya burung bunga  sungai  dan awan pada sutra  linen  dan bashofu ( kain tenun dari serat musa basjoo ) “ .
Selama Pertempuran Okinawa  banyak yang hilang  dan produksi dihentikan karena perusakan toko-toko “ . “ Setelah perang  mantan artis bingata  Eiki Shiroma  pergi ke daratan Jepang mencari stensil bingata asli yang telah diambil oleh kolektor dan tentara Jepang “ . “ Ia menemukan beberapa dan membawa seni kembali ke kehidupan “ . “ AS pendudukan Jepang melihat jenis baru pelanggan dan bisnis bingata berkembang sementara pasukan membeli kartu pos bingata sebagai oleh-oleh “ . “ anak Eiki Shiroma itu  Eijun Shiroma  adalah melanjutkan tradisi keluarga dan merupakan  generasi kelima belas dari keluarganya untuk berlatih teknik diturunkan sejak zaman bingata diproduksi di bawah perlindungan kerajaan Ryukyu  “ . “ karya Eijun ini masih bisa dilihat hari ini di nya Shimroma Studio “ .

MOTIF BATIK IMG_2308Bagian bingata tertua ditemukan di pulau Kumejima dan dari akhir abad ke-15 “ . “ Pewarna untuk bingata terbuat dari tumbuhan dan termasuk  Ryukyu Ai ( indigo )  Fukugi ( pohon tinggi Hypericum keluarga erectum )  Suo ( Caesalpinia sappan ) dan Yamamomo ( Myrica rubra )  dan sebagai pigmen  Shoenji ( cochineal )  Shu ( cinnabar )  Sekio ( orpiment )  Sumi ( tinta India ) dan Gofun ( aleuron )  “ . “ Dalam beberapa tahun terakhir  variasi pigmen telah diciptakan  dan kembang sepatu  bunga Deigo dan daun tebu ( Bingata  Ryukyu Indigo dan Uji Pewarna ) telah digunakan dalam desain “ .