Adire ( Yoruba – tie dye dan ) tekstil adalah indigo kain dicelup dibuat di selatan barat Nigeria oleh wanita Yoruba

MOTIF BATIK IMG_2321Adire ( Yoruba – tie dye dan ) tekstil adalah indigo kain dicelup dibuat di selatan barat Nigeria oleh wanita Yoruba  dengan menggunakan berbagai teknik menolak pewarna “ . “  Sebagai terjemahan dari namanya  awal lembar jenis ini yang mungkin sederhana desain terikat pada kapas handspun kain dan anyaman lokal (bukan seperti mereka yang masih diproduksi di Mali )  tetapi pada dekade awal abad ke-20 akses baru untuk jumlah besar bahan kaus impor melalui penyebaran pedagang tekstil di Eropa Abeokuta dan kota-kota lain Yoruba menyebabkan ledakan dalam upaya kewirausahaan dan artistik perempuan ini  membuat adire kerajinan lokal besar di Abeokuta dan Ibadan  menarik pembeli dari seluruh Afrika Barat “ . “  Bentuk dasar kain itu menjadi bahwa dari dua potong bahan kain kaus dijahit bersama-sama untuk membuat kain pembungkus perempuan “ .

MOTIF BATIK IMG_2315Teknik-teknik baru dari resist dyeing dikembangkan seperti  adire eleko  ( desain tangan-lukisan ke kain dengan pasta pati ubi kayu sebelum pencelupan )  bersama dengan gaya baru yang lebih cocok untuk produksi massal cepat ( menggunakan stensil logam dipotong dari lembaran timah yang berjajar dada teh  menggunakan rafia dijahit dan / atau bagian diikat  atau melipat kain berulang kali sebelum mengikat atau jahitan mereka di tempat ) “ . “  Sebagian besar desain diberi nama  dengan orang yang populer termasuk pola Yobel  ( pertama kali diproduksi untuk pesta perak George V dan Ratu Mary pada tahun 1935 )  Olokun (  dewi laut  )  dan Ibadadun (  Ibadan manis  ) “ .
Namun pada akhir tahun 1930-an penyebaran indigo sintetis dan soda kaustik dan masuknya pendatang baru yang kurang terampil menyebabkan masalah kualitas dan runtuhnya masih hadir dalam permintaan “ . “  Meskipun pati lebih kompleks dan indah menolak desain terus diproduksi hingga awal 1970-an  tetapi meskipun kebangkitan diminta terutama oleh kepentingan pekerja AS Peace Corps pada tahun 1960  tidak pernah kembali popularitas mereka sebelumnya “ . “  Pada hari ini disederhanakan desain stensilan dan beberapa kualitas dasi yang lebih baik & die dan menjahit – menolak desain masih diproduksi  tetapi rasa lokal nikmat  kampala  ( lilin multi-warna menahan kain  kadang-kadang juga dikenal sebagai adire oleh beberapa orang ) “ .