Teknik Lukis Batik

Membatik dengan teknik melukis yang langsung dikerjakan pada kain putih menghasilkan Batik lukis atau batik painting. Seiring dengan perkembangan pewarnaan maupun teknik membatik. Teknik maupun pewarnaan dengan konsep batik pun diaplikasi dalam seni lukis batik (batik painting) yaitu lukisan dengan menggunakan media bahan dan pemrosesan serta pewarnaan seperti halnya pada pembuatan kain batik tulis. Meskipun proses pembuatan sama tapi tampilan batik lukis sangat berbeda dengan kain batik tulis. Hasil batik lukis lebih cerah dan variasi warnanya juga bermacam-macam.

Cara pembuatan batik lukis yaitu pertama siapkan kain katun atau sutera seluas bidang lukis yang dikehendaki. Selanjutnya membuat sket atau coretan-coretan atau apapun tergantung dari keinginan masing-masing. Terkadang untuk langsung menuangkan ekspresi seninya atau mengungkapkan isi hatinya. Membatik diatas kain dilakukan tanpa menggunakan sket atau coretan-coretan terlebih dahulu namun langsung mencoretkan malam dengan canting ataupun kuas di atas kain seperti halnya para maestro membuat mahakarya. Dalam batik lukis ini seringkali pembatikan dan pewarnaan dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang dikehendaki. Penggunaan malam ke kain ini tidak semudah menggambar dikertas menggunakan pensil yang bisa dihapus jika terjadi kesalahan.

Pada saat pewarnaan untuk menciptakan efek-efek gradasi atau efek-efek yang lainnya terkadang selain kuas digunakan juga potongan kain atau kapas. Dalam proses pembuatan batik lukis ini yang terpenting adalah perpaduan antara pengerjaan pembatikan dan pewarnaan yang tergantung dari cita serta rasa seni pembatik. Pada dasarnya pembuatan batik lukis ini sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang diinginkan. Sebab terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat tercapai atau tidak sesuai dengan yang dikehendaki. Jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan didapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah dan menarik seperti lukisan para maestro lukis terkenal. Hasil lukisan batik yang indah akan terlihat setelah proses pelorodan malam batik selesai dilakukan dan malam telah hilang semua. Seperti halnya perhiasan batik lukis juga bisa dimanfaatkan sebagai fashion dan busana. Pola atau motif yang sering dibuat untuk batik lukis yaitu motif gambar burung, pemandangan, ikan, nuansa Ubud Bali, aktivitas harian, dan masih banyak lagi.

 

INDOKABANA, Indonesia Kain Batik Mempesona, Dapatkan Pesona Batik untuk tubuh indah anda dengan harga spesial, KLIK DISINI

Bila batik lover melewati kota Yogyakarta. Singgahlah dikawasan Tamansari disana dapat ditemui atau melihat secara langsung proses pembuatan batik lukis.