Pakai Batik Tanpa Kelihatan Tua

Batik_Casual

Batik_Casual

Saat ini masih banyak wanita muda yang malas atau enggan mengenakan batik karena tidak mau terlihat tua atau mirip orang tua. Sebenarnya batik adalah salah satu warisan nenek moyang dan biasanya identik dengan ibu atau nenek-nenek. Sering batik digunakan untuk acara tertentu.

Salah satu alasan yang menambah mengapa wanita semakin enggan mengenakan baju batik. Karena nanti tidak cocok dengan gaya atau tren yang casual. Maybe ada beberapa yang berpikiran seperti diatas. Itu tidak sepenuhnya benar atau betul. Jika dipadu padankan dengan yang sesuai, maka bisa memakai batik bahkan untuk gaya yang paling casual sekalipun atau mengikuti trend.

Hari ini akan dibagi bagaimana cara sederhana memakai batik tanpa harus kelihatan tua atau oldstyle.

  • Kimono/ Batwing

Type batwing atau kimono kini banyak mendapatkan perhatian dari pecinta fashionista. Pakaian Batik juga tidak luput dari terpaan tren model batwing. Bila punya satu atau beberapa item batwing dengan motif dan masih bingung untuk memadukannya, ini tips yang mungkin bisa membantu. Pada umunya, kimono atau batwing akan membentuk V pada area leher atau krah, bisa disiasati dengan kalung dengan warna yang hampir sewarna. Selanjutnya agar terlihat seimbang atau macth, gunakan kimono atau batwing dengan skinny jeans warna netral seperti putih atau hitam. Dan sebagai tambahannya, gunakan saja wedges atau heels dengan tinggi yang tapi tidak begitu menyiksa batik lover.

  • Rok Batik

Memakai rok batik tidak perlu suasana resmi. Bila memiliki short skirt atau rok mini dengan gaya lipit atau pleated, bisa dipadukan dengan atasan warna lembut karena biasanya warna batik akan cenderung gelap atau dark. Pakai yang tidak penuh dengan motif agar penampilan batik lover tidak memusingkan mata yang melihat. Bila rok yang dikenakan adalah model maxi skirt, bisa dipadukan dengan atasan tanpa lengan dengan warna netral yang bisa dilengkapi dengan blazer. Dan sebagai pemanis pakai kalung dengan warna tembaga.

  • Dress Batik

Pada umunya dress batik hanya akan dipakai ketika akan menghadiri acara formal seperti pernikahan atau acara tertentu yang mengharuskan mengenakan pakaian batik. Bila memiliki dress batik dan masih bingung mau diapakan, coba menyontek gaya Reese Witherspoon atau rachel Bilson.  pointnya adalah pada outer bila menyontek pada kedua seleb itu. Pilih outer dengan warna yang hampir sepadan untuk lebih safe, pakai saja warna netral seperti hitam.

  • Atasan Batik

Atasan dengan lengan normal atau lengan pendek akan memiliki banyak gaya yang bisa terapkan. Dari gaya casual dengan memadukannya dengan jeans hingga memasang cardigan sebagai pelengkap penampilan supaya terkesan trendi. Bila mengenakan atasan batik seperti kemeja batik, coba padukan dengan long necklace dengan warna kontras atau mencolok. Bisa juga memadukannya dengan gelang bold dengan motif etnik, ini juga membuat terlihat lebih stylish.