Menu

Motif Batik Jawa Baru

Mar
06
2014
by : .... Posted in : Blog

Perkembangan batik di Jawa baru mulai muncul setelah Perang Dunia II selesai, dengan menyerahnya Jepang dan pergi dari Indonesia, batik sebagai salah satu industri kerajinan mengalami masa pasang surut. Tetapi motif-motif batik terus dikembangkan, mengikuti situasi dan kondisi. Waktu itu juga muncul istilah seperti Batik Nasional dan Batik Jawa Baru.

Batik Jawa Baru biasa disebut sebagai evolusi dari Batik Hokokai. Pada tahun 1950-an batik yang dibuat masih menunjukkan pengaruh Batik Hokokai yaitu dalam pemilihan motif, tapi isen-isennya tidak serapat Batik Hokokai. Memiliki motif dan warna yang sama pada era Batik Jawa Hokokai tapi lebih disederhanakan dan masih berciri khas pagi sore tanpa tumpal.

Kebanyakan masih menggunakan motif rangkaian bunga dan lung-lungan. Terdapat satu motif Batik Jawa Baru dengan latar yang diisi Parang Seling dan Tanahan, dihiasi oleh buketan. Corak motif agak besar dan mengecil di bagian atasnya, motif dibuat penuh dalam satu kain dengan sangat rapi dan cecekan terbilang halus atau kecil. Pada batik tersebut juga terdapat beberapa kupu-kupu kecil dan burung sebagai pelengkap biar tampak indah.

Daerah pengembangan Batik Jawa Hokokai hanya dibuat oleh pengusaha Batik Pekalongan sampai akhir tahun 1945. Batik ini digemari sampai tahun 1950 dengan nama Batik Jawa Baru. Perkembangan selanjutnya pada batik ini menerapkan pola Jlamprang, Tirtareja, dan parang. Sebagai isen latar yang dipadu dengan warna sesuai selera orang Indonesia.

Seniman batik yang kembali mengangkat motif Hokokai adalah Iwan Tirta. Pada tahun 1980an Iwan Tirta menginterpretasi ulang motif batik Jawa Hokokai dalam bentuk desain yang baru. Ia memperbesar motif bunga seperti krisan dan mawar serta menambahkan serbuk emas 22 karat sebagai cara untuk mempermewah penampilan batik tersebut. Pada sebuah pergelarannya, Iwan Tirta juga membuat motif kupu-kupu dalam ukuran besar.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Motif Batik Jawa Baru

Saturday 17 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Jelang arus mudik lebaran tahun ini, Kapolres Kapuas Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar berencana akan membuat…

Thursday 14 December 2017 | Blog

Download Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-100/PB/2017 tanggal 08 Desember 2017, tentang Batas Maksimum Pencairan Dana…

Thursday 21 December 2017 | Blog

DUA BELAS rabiul awal lahir seorang pengubah dunia, sang tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Tuhan dan…

Tuesday 27 December 2016 | Blog

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mempraperadilankan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan korupsi bantuan likuiditas Bank…