Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Membatik Diatas Kain Sutra (I)

Mar
15
2014
by : .... Posted in : Blog

Memakai pakaian dengan bahan yang nyaman agar menunjang aktivitas dan penampilan Batik Lover merupakan suatu keharusan. Sedang bahan untuk pembuatan batik bermacam-macam, misalnya kain sutra. Pembuatan Batik kain sutra diperlukan teknik yang sedikit berbeda agar kain batik sutra menjadi luar biasa.

Membatik kain sutra sebenarnya tidak berbeda dengan batik-batik tulis lainnya, Yang membuat beda hanya pada proses pelorodan dan penggunaan bahan dasar kainnya saja. Kain batik sutra menjadi pilihan para pecinta batik karena bahannya sangat berkualitas, kelembutan kainnya, tidak licin dan enak dipakai. Pemakaian kain sutra dalam pembuatan batik membuat kain tersebut lebih memancarkan warna dari corak batik itu dan pemakainya pun tampak lebih elok dan menarik.

Pembuatan batik sutra bisa menggunakan teknik batik tulis seperti biasanya, batik sablon, dan batik cap, ataupun batik printing. Tapi saat ini dibahas mengenai teknik batik tulis pada kain sutra atau membuat batik tulis dengan bahan kain sutra. Pada dasarnya prosesnya kurang lebih sama dengan proses pembuatan batik pada kain mori. Yang p[erlu disiapkan adalah bahan dan alat untuk membatik, yaitu kain sutra, canting (alat pembentuk motif), malam, gawangan (tempat untuk menyampirkan kain), wajan, bahan, dan pewarna kompor.

Step pertama membuat desain batik yang biasa disebut molani atau membuat pola dasar. Untuk penentuan motif batik, tiap orang memiliki selera berbeda-beda dengan alasan masing-masing. Beberapa ada yang lebih suka membuat motif sendiri atau berimprovisasi, tapi beberapa yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada atau sudah dikenal. Pembuatan desain atau motif ini dapat menggunakan pensil. Jika molani sudah selesai, step kedua adalah melukis dengan (lilin) malam menggunakan canting dengan mengikuti pola yang telah digambar. Step berikut, pola tertentu ditutupi dengan malam dan bagian lain akan tetap berwarna putih (tidak berwarna) seperti aslinya. Pemakaian canting untuk bagian halus atau lebih kecil, atau pemakaian kuas untuk pola bagian yang berukuran lebar. Supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna bagian yang diberi lapisan malam tidak terkena warna yang didinginkan. Selanjutnya proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu yang dikehendaki. Sehabis dicelupkan kemudian kain tersebut dikeringkan dan dijemur. Jika kering kemudian dilakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama atau sebelumnya. Dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua berbeda dengan warna sebelumnya. Tahap berikutnya menghilangkan malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut didalam air. Jika kain sudah bersih dari malam dan sudah kering, maka dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan malam (menggunakan alat canting) untuk menahan warna pertama dan kedua atau disebut ngeblok. Tahap membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang dibuat. Proses selanjutnya adalah penglorodan, yaitu kain yang telah berubah warna direbus air panas dalam suatu wadah. Supaya lapisan malam hilang, dan motif yang telah digambar sebelumnya sudah jelas terlihat. Pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah anda gambar terkena warna. sebab bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (malam tidak seluruhnya hilang). Jika semua sudah selesai kemudian batik tersebut telah siap. Terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Membatik Diatas Kain Sutra (I)

Wednesday 30 April 2014 | Blog

Metode 1 dari 2 : Front dan Side View Jika Anda ingin menggambar tubuh perempuan tetapi…

Thursday 17 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Siapa yang tidak ingin melihat Danau Toba, danau yang terluas di Indonesia dan di Asia Tenggara…

Sunday 5 June 2016 | Blog

    jual batik pekalongan grosir jual kain batik pekalongan jual batik pekalongan murah batik pekalongan…

Wednesday 30 April 2014 | Blog

Terlepas dari kebaya tradisional  perancang busana yang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian…