Makna Dan Arti Hidup

Membatik

Ntjanting

Ada yang berpendapat bahwa proses membuat batik tidak bisa dilakukan oleh sembarangan. Memang membatik bisa diajarkan tapi bukanlah proses yang mudah atau sederhana.

Keahlian membatik pada awalnya adalah sebuah tradisi yang turun temurun dari generasi ke generasi. Jadi tidak heran jika motif pada batik tidak selalu sama bahkan sama sekali berbeda dari tiap kotanya. Ada beberapa motif batik yang dipercaya bisa menunjukkan status sosialnya. Tidak heran jika diteliti dengan cermat, pola yang digunakan oleh keluarga bangsawan atau keraton tentu berbeda dengan apa yang dikenakan oleh masyarakat pada umumnya.

Bila dilihat pada proses pembuatannya, bisa dibilang sebagai sebuah proses yang pelik dan kompleks. Seorang pembatik harus mengetahui motif apa yang akan ia gambarkan diatas selembar kain dari bahan mori atau sutra. Kemudian harus melenggok-lenggokan tangannya dan menggambar garis yang harus hampir sama bahkan sama persis dengan sketsa yang telah digambar dengan pensil. Sangat mudah untuk membayangkannya namun sulit untuk melakukannya diatas kain.

Pembuatan sketsa dengan pensil terlebih dulu, juga bukan hal yang mudah. Apalagi melukiskan malam yang dicairkan dan digoreskan melalui canting ibarat menulis dengan tinta panas. Karena proses yang sulit dan kompleks, jadi tak heran jika harga batik tulis juga sangat mahal. Semua demi kualitas yang dijaga dengan baik oleh pembatik sebagai mahakarya ekspresi diri.

Ternyata membatik juga berguna untuk melatih kesabaran, ketekunan, dan keuletan. Membatik juga membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang ekstra banyak. Sedikit saja lengah, bisa jadi motif yang digoreskan melenceng dari apa yang sebenarnya direncanakan atau tidak sesuai dengan pola awal.

Seperti mengingatkan pada arti dan makna kehidupan manusia pada umumnya. Di hidup ini biasa membuat sketsa yang berupa rencana sebagai dasar kita melakukan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan. Diumpamakan dengan garis demi garis yang dilukis di atas kain mori, itulah garis hidup yang akan dilewati di kehidupan nanti. Seperti lurus, namun penuh dengan belokan. Tidak selalu sama dengan sketsa awal tapi kadang menjadi arah yang baru.

Ternyata tidak disangka dari sebuah proses sederhana yaitu membatik atau membuat kain batik, terdapat sebuah pelajaran dan kesamaan dengan kehidupan nyata. Bila sudah membuat sketsa atas hidup di atas kain putih nasib, apakah sudah siap Anda dengan kesabaran dan usaha untuk fokus membuatnya sempurna dan terwujud?