Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Kulitpun Ikut Tren Membatik

Mar
11
2014
by : .... Posted in : Blog

Saat ini batik masih menjadi pilihan berbusana dan juga semakin dikenal berbagai negara. Berbagai kreasi warna, motif, dan bahan yang berkualitas. Busana batik disukai dan dipuja oleh banyak negara. Batik buatan Indonesia bermutu tinggi dan nilai seninya luar biasa, bukan hanya indah dilihat, tapi nyaman saat digunakan. Waktu sekarang trend batik tidak hanya untuk pakaian atau baju. Dompet, sepatu, dan tas juga dikreasikan sedemikian rupa dengan penambahan kain batik hingga digambar batik, jadi barang tersebut terlihat lebih menarik dan unik. Eksplorasi bentuk dan desain batik pada fashion dan aksesoris, sekarang bahan dan media untuk membatik juga dikembangkan pada kulit. Contohnya sepatu batik kulit atau sandal batik kulit.

Pembuatan batik bisa dibedakan menjadi empat, yaitu batik tulis, batik cap, batik print, dan batik lukis. Keempat cara pembuatan tersebut bisa diaplikasikan pada media kulit. Jenis kulit yang dipakai, pengrajin biasanya menggunakan kulit sapi dan domba.

Tahap pembuatannya diawali dengan menyiapkan bahan kulit domba atau sapi. Kulit yang digunakan yaitu kulit split dan kulit mentah. Bahan kulit mentah adalah kulit yang langsung digunakan untuk proses pembuatan kerajinan kulit tanpa proses kimiawi atau alami. Kalau kulit split merupakan kulit yang sudah melalui proses kimiawi ataupun lainnya.

Tahap selanjutnya yaitu pengolahan kulit tersebut, kulit sapi atau domba direndam dengan menggunakan air selama satu hari hingga kulit jadi lunak. Selanjutnya direntangkan dengan menggunakan tali dan pigura kayu yang kuat untuk menjemur dibawah terik matahari sampai kering. Kalau sudah kering segera ditipiskan dengan cara dikerok kedua permukaan kulit yang ada bagian rambut dan sisa-sisa daging yang masih menempel. Pengerokan kulit menggunakan pisau. Permukaan kulit bagian dalam dikerok terlebih dahulu dan lebih banyak dikurangi agar diperoleh kulit yang berkualitas baik. Selanjutnya baru pengerokan kulit bagian luar sedikit karena bila dilakukan pengurangan terlalu banyak maka kulit yang dihasilkan akan menjadi mudah patah. Pada bagian ini hanya dihilangkan rambut-rambutnya saja kemudian dibersihkan cukup menggunakan air. Beberapa metode yang digunakan untuk mempermudah proses ini,seperti merendam kulit dengan air mendidih dan dengan menggunakan air kapur sebelum direntangkan atau dijemur. Pengerokan dengan pisau hanya dilakukan satu arah dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jika kulit sudah dikerok, kotoran sisa-sisa kerokan dibersihkan dengan air dan bagian yang dikerok dihaluskan dengan menggunakan amplas. Kemudian dijemur diterik matahari hingga benar-benar kering.

Jika sudah kering, baru proses membentuk desain batik yang akan dibuat pada permukaan kulit. Motif desain bisa dipilih sesuai selera, mungkin bisa motif tradisional, modern ( kontemporer atau abstrak). Pembatikannya sama persis dengan proses membatik pada batik tulis. Bahan pewarnanya pun juga sama dengan pewarna tekstil. Jika proses pembatikan selesai kemudian bahan kulit tersebut baru dibuat produk fashion seperti sepatu, tas, sandal, ikat pinggang, gelang, dan aksesoris fashion lainnya. Kerajinan ini memiliki kisaran harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Bagi batik lover yang berkantong tebal, kelihatannya harga bukanlah masalah asalkan merasa puas dengan produk yang sudah dibeli atau dipilih. Kerajinan ini juga bisa tampil gaya sekaligus melestarikan warisan budaya bangsa.

Untuk mengecek kualitas kulit yang dipakai, batik lover bisa mencium baunya yang agak amis. Jadi untuk perawatan fashion atau kerajinan berbahan batik kulit sebaiknya simpan di tempat yang tidak lembab atau berair, tempatkan di lemari dalam kadar oksigen cukup atau terkena angin agar tidak mudah jamuran. Batik lover bisa menyimpannya dalam kantong kain dan simpan dengan cara digantung. Serta jangan dilipat agar bentuknya tidak berubah atau tertekuk. Saat tas atau sepatu berbahan batik kulit terkena noda kotoran, cukup basahi bagian yang terkena noda dengan menggunakan kain kasar yang sudah dicelup dengan sabun pencuci khusus. Usap dengan perlahan. Kalau menjemur jangan langsung di bawah sinar matahari. Kalau basah cukup diangin-anginkan saja. Supaya warna batik dan kualitas kulit terjaga. Jika harus disimpan dalam waktu yang cukup lama, dua minggu sekali dikeluarkan dari kantong penyimpanan untuk diangin-anginkan sekaligus dilihat kulit berjamur atau tidak. Jika iya cukup menghilangkannya dengan lap lembut. Gunakan silica gel agar kulit tidak mudah berjamur.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kulitpun Ikut Tren Membatik

Thursday 8 May 2014 | Blog

Beberapa pulau di Indonesia yang terkenal dengan kain batik  tenun ikat dan songket mereka “ .…

Tuesday 6 June 2017 | Blog

Selamat Datang. Bisa sampai ke tulisan ini berarti ada anak desperate yang bingung mau negasih kesan…

Tuesday 20 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan – Kebijakan K3LL K3LL (Keselamatan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan)…

Tuesday 27 December 2016 | Blog

Pernyataan itu harus dianggap lampu hijau (untuk kasus Aulia). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa…