Kerajinan Batik Bambu

Batik tidak hanya diterapkan pada kain saja, tapi juga bisa diterapkan pada media lain misalnya pada bambu. Pembuatannya kurang lebih hampir sama dengan pembuatan batik tulis pada kain dan secara keseluruhan hampir sama dalam pembuatan batik pada media kayu.

Di Indonesia bambu mudah dicari dimana-mana ada. Kerajinan bambu memang punya desain dan teknik yang banyak. Sehingga beberapa produknya bisa dibuat dan dipadupadankan dengan seni batik. Hal ini menjadi inovasi tersendiri dari suatu kebudayaan yang harus dijaga dan dilestarikan dalam setiap kehidupan didalam atau diluar.

Batik bambu ini menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan kreasi dan seni budayanya. Tak hanya itu, bambu sebagai bahan baku yang dapat tumbuh di mana saja dan kapan saja, tidak akan habis selama mengerti makna melestarikan alam dengan segala isinya.

Proses membuat batik bambu yaitu
1. Pilih bambu dengan kualitas yang baik. Lalu bambu tersebut direbus dengan air mendidih, untuk mengantisipasi adanya kerusakan saat bambu setelah difinishing.
2. Setelah bambu direbus lalu dijemur dengan sampai kondisi benar-benar kering untuk mempermudah dalam proses pengamplasan.
3. Setelah proses pengamplasan kemudian bambu diberi pola sesuai motif yang diinginkan, supaya mudah dalam proses pembatikan.
4. Setelah pola selesai digambar kemudian bambu dibatik.
5. Bambu yang sudah dibatik kemudian diwarna sesuai dengan warna yang dikehendaki.
6. Dilanjutkan dengan penutupan motif yang sudah diwarnai dengan malam.
7. Bambu yang sudah ditutup malam, akan dilanjutkan dengan pewarnaan dasar.
8. Setelah pewarnaan dasar selesai selanjutnya tahap perebusan yang supaya malam terlepas dari bambu, sehingga terlihat motifnya.
9. Dilanjutkan penjemuran bambu sampai kering. Kemudian batik bambu tersebut baru difinishing. Batik bambu ini difinising dengan cara dibatik dan dicoating dengan sistem NC, yang memungkinkan produk ini mudah dibersihkan tanpa merusak warna.

Produk ini dipergunakan untuk alas makan dan makanan, terutama makanan yang masih panas, dengan maksud tidak merusak perabot yang lain. Jadi selain bersifat dekoratif produk ini juga fungsional.

Proses membatik pada bambu membutuhkan keterampilan tersendiri, karena polanya dibuat secara manual bukan dicetak, oleh sebab itu membatik dengan media bambu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan kesabaran.

Produk-produk kerajinan batik bambu berupa vas bunga, tempat pensil, placemate, nampan, figura, rantang, box tisu, tirai jendela, hiasan dinding, keranjang, celengan, dan lain-lain. Kesemuanya diproduksi dengan ukuran yang cukup bervariasi.

Batik lover bisa ke sentra kerajinan batik bambu yaitu desa wisata Krebet (Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta), Desa Lopati (Trimurti, Srandakan, Bantul), Dieng, dan Salatiga. Selain berbelanja kerajinan batik bambu, batik lover juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.