Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Inovasi Kantong Semen

Mar
10
2014
by : .... Posted in : Blog

Membatik salah satu warisan dunia dari Indonesia yang telah diakui. Banyak muncul inovasi-inovasi dari membatik, berbagai media yang digunakan untuk membatik pun kini terus berkembang dan dicoba. Tidak hanya pada media kain, kayu, kulit, dan gerabah tapi kertas semen pun mulai dimanfaatkan. Cara pembuatan barang kerajinan batik di atas kertas semen ini sudah berlangsung sekitar tahun 2007 dan terus beralngsung.

Sampah yang mengotori lingkungan banyak macamnya dan selama ini hanya berpindah tangan dari satu orang ke orang lain, tapi tidak beralih fungsi atau tidak bermanfaat. Karena itulah keberadaan limbah sampah harus dikurangi atau ditanggulangi, caranya memperpanjang waktu pemakaian bahan-bahan yang tidak terpakai. Antara lain dengan mengolahnya kembali menjadi produk permanen yang bisa memberi manfaat bagi manusia dan tidak merusak alam. Contohnya kertas atau kantong semen selama ini hanya menjadi sampah atau kertas bekas dan hanya dibuang ketika tidak terpakai. Pembungkus semen tersebut biasanya hanya dijual secara kiloan dan selanjutnya dijual lagi. Tapi saat ini, sak semen tidak lagi hanya dijadikan sebagai sampah yang laku dijual rongsokan. Sak semen ternyata dapat diolah menjadi produk batik yang bernilai tinggi dan mempunyai nilai artistik.

Seorang seniman yang mengembangkan batik kertas semen adalah Harris Riadi yang bertempat tinggal dipusat batik didaerah Tirto, Pekalongan. Ia merubah kantong semen menjadi barang seni bercorak batik. Produk batik berbahan dasar media kertas sisa pembungkus semen ditampilkan untuk memperkenalkan khasanah batik daerah yang ramah lingkungan dan bernilai seni tinggi. Walau hanya terbuat dari kertas bekas semen, Produk dari kantong semen cukup kuat untuk dijadikan sebagai bahan aksesori rumah tangga dan dekorasi rumah. Karena kertas kantong tersebut cukup tebal dan tidak mudah sobek sehingga tahan lama. Sak semen yang sudah dibatik dimanfaatkan untuk gorden, sarung, bantal, tas, sandal, dan masih banyak lagi. Walaupun demikian ia sengaja tidak memanfaatkan kertas batik dari kantong semen untuk pakaian dengan alasan estetika dan tingkat higeinis. Contoh untuk membuat satu unit gorden, sarung bantal, maupun tas, dibutuhkan sebanyak 1-2 sak semen.

Tahap pembuatan batik kertas semen tidak berbeda dengan cara pembuatan kain batik tulis. Cuma pewarna yang digunakan dalam membuat kertas batik menggunakan pewarna alami. Jika menggunakan pewarna dari bahan kimia atau bahan sejenis, sak semen akan mudah hancur atau rusak. Terakhir hasil batikan dengan menggunakan media kertas nyaris sama dengan hasil batikan dengan menggunakan kain mori. Jika hanya dilihat sekilas tampak tak ada perbedaan yang berarti. Produk kerajinan kertas batik dengan kain batik baru bisa dibedakan setelah dipegang dan diraba baru ketahuan perbedaanya.

Cara pembuatan batik kertas semen ini dimulai dengan mencuci semua kantong semen bekas yang akan dipakai. Kertas semen dimasukkan ke dalam bak yang berisi air bersih. Kemudian dicuci lalu dikeringkan dengan cara digantung atau dijemur. Kertas semen yang telah bersih kemudian dipotong sesuai ukuran barang yang akan dibuat atau direncanakan. Selanjutnya kantong semen dibatik dengan cara dicap dengan desain yang diinginkan. Tahap pengecapan ini dilakukan secara hati-hati sehingga batik cap yang diperoleh terlihat rapi dan terlihat jelas polanya. Tahap selanjutnya merebus kantong semen yang telah dibatik dengan air panas yang sudah disiapkan. Proses perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan lilin batik atau malam yang menempel. Selanjutnya memasuki proses pengeringan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Kertas semen yang telah selesai dibatik lalu diproses dengan cara dipotong sesuai pola dan dilem pada bagian yang telah ditentukan. Selanjutnya dijahit dengan menggunakan mesin jahit khusus. Tahap penjahitan ini dilakukan oleh tenaga kerja yang telah ahli dan terampil, agar dihasilkan jahitan bagus dan rapi serta teratur.

Ada dua metode pembuatan kertas batik dari kantong semen atau sak semen. Cara pertama membatik kantong semen yang sudah dibersihkan atau sudah dicuci, tidak diolah terlebih dulu. Selanjutnya kertas dibatik dan dibuat aksesori rumah tangga dan sebagainya. Cara kedua dengan memilin potongan kantong semen menjadi tali-tali dan kemudian merajutnya menjadi berbagai aksesori atau barang seni lainnya. Jika rajutan sudah terbentuk barulah dibatik di atasnya permukaanya. Tali-tali yang dipilin maupun yang tidak mempunyai kualitas yang sama. Hanya selera yang membedakan. Kerajinan rumah tangga dari kertas batik juga dapat dicuci atau dibersihkan.

Kertas semen juga diwarnai dengan teknik tie dye atau ikat celup dalam pewarna. Kertas semen dibersihkan dari semen dengan menggunakan spon dengan sedikit air hingga tidak ada semen yang menempel. Selanjutnya kertas semen dicelupkan ke dalam air sebentar lalu diangkat,dan keringkan kertas semen dengan cara diikat. Sak semen dimasukkan ke dalam air mendidih yang sudah diberi pewarna (wantek) yang dikehendaki. ketika memasukkannya ke air mendidih harus ada tekniknya biar merata jangan sampai belang. Yang sudah diwarnai diangkat lalu dicelupkan sebentar ke air dingin beberapa saat. Kemudian kertas semen dijemur atau diangin-anginkan. kertas kemudian disetrika supaya tidak kucel. Baru bisa diproses seperti dijahit atau disulam dengan benang. Selanjutnya kertas tersebut diberi formula tahan air biar tidak cepat rusak dan diberi lapisan fernis agar terlihat mengkilau.

Kerajinan kertas batik berbahan kantong semen dipasarkan di dalam negeri dan juga diekspor ke negara Eropa, Korea, dan Netherland. Kerajinan tersebut banyak disenangi pembeli manca negara karena merupakan produk daur ulang dari bahan natural yang mudah larut kembali menjadi tanah jadi tidak merusak. Produk batik kertas semen yang dibuat tidak mudah berjamur. Kerajinan berbahan kertas semen yang dibatik terlihat sangat unik dan inovatif sertra menarik.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Inovasi Kantong Semen

Saturday 16 August 2014 | Blog, Produk

Kain Batik Primitif  KODE : E007 Harga : Rp.300.000.-/2,5 meter Bahan Katun Primis  : Rp. 450.000,-…

Thursday 22 May 2014 | Blog

Memang Padang lebih terkenal dengan masakan Padangnya yang gurih. kita tak perlu ke Padang untuk menikmati…

Friday 16 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2017 tanggal 14 Juni 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari…

Monday 16 October 2017 | Blog

Razia yang dilakukan jajaran Polres Kapuas terhadap motor maupun mobil yang menggunakan rotator maupun sirine yang…