Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Motif Batik Tradisional

Feb
19
2014
by : .... Posted in : Blog

Motif Batik

Motif Truntum
Motif ini dibuat oleh permasuri Paku Buwono III yang mempunyai arti cinta yang bersemi kembali supaya cinta itu abadi dan tulus serta semakin mendalam. Biasanya dipakai oleh orang tua mempelai pada saat pernikahan dengan harapan agar cinta kasih yang tumaruntum yang akan menghinggapi kedua mempelai.

Motif Ratu Ratih
Motif ini berasal dari kata ratu patih ada juga yang memaknai tanjung putih. Dalam motif ini dikaitkan dengan suatu kemuliaan atau keagungan pribadi yang dapat menyesuaikan dengan alam atau lingkungan sekitar. Motif ini mempunyai unsur daratan, laut, udara, dan unsur triloka atau tribawono (dunia manusia, dunia dewa, dan dunia yang dipenuhi angkara murka). Batik motif ini terkenal pada zaman PB VI sekitar tahun 1824. Dimana pada saat dia naik tahta beliau masih muda sehingga perlu didampingi oleh Patihnya dalam menjalankan pemerintahan.

Motif Semen Rama
Menggambarkan kehidupan yang bersemi (kehidupan yang berkembang dan makmur). Motif ini mempunyai unsur inti yaitu unsur daratan tempat tumbuhan dan binatang untuk hidup. Unsur udara yang digambarkan dengan burung garuda dan megamendung (awan). Sedang unsur air dilambangkan dengan ikan, ular air, dan katak. Semua unsur tersebut berhubungan dengan paham Triloka atau Tribawono.

Motif Wahyu Tumurun
Motif ini merupakan salah satu motif yang banyak disukai karena keindahan pola dan filosofinya. Unsur utama dalama motif ini yaitu pola yang berbentuk mahkota yang melayang ditambah dengan pola yang menyerupai ayam atau burung yang saling berhadapan. Motif Wahyu Tumurun mempunyai arti dan harapan bagi para pemakainya supaya memperoleh anugerah dan kebahagian dari Sang Maha Pencipta dikemudian hari. Batik motif ini dipakai oleh para pengantin saat upacara pernikahan yang masih kental dengan tradisi Jawa.

Ratu

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Motif Batik Tradisional

Thursday 1 May 2014 | Blog

Anda dapat menggunakan kembali atau mengubah unsur-unsur seperti motif dan jahitan juga. Jika Anda telah kaitan…

Sunday 18 May 2014 | Blog

zaman sebelum kemerdekaan Batik Bandung dibuat oleh para perajin di sekitar pinggiran Cikapundung sungai. Akan tetapi…

Tuesday 9 September 2014 | Blog

Chiawei Lin was born in Kaohsiung, Taiwan 1988. He learned guitar from his father when he…

Saturday 9 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Pecatur asal Kabupaten Kapuas, MN Zaitul Ichlas Zainal memperoleh rating 2082 dalam 8th IGB International Seniors…